Home » , , » 10 Contoh Usaha Kecil Kecilan Di Rumah Yang Terbukti Menghasilkan JUTAAN Rupiah

10 Contoh Usaha Kecil Kecilan Di Rumah Yang Terbukti Menghasilkan JUTAAN Rupiah

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Monday, July 31, 2017

Membuka usaha kecil kecilan dirumah adalah solusi alternatif memperoleh pekerjaan sampingan sambil menjadi karyawan dikantor, kuliah atau sekolah dan utamanya bagi para ibu rumah tangga untuk membantu suaminya dalam mencari nafkah. Seperti yang kita rasakan saat ini, apa apa serba mahal, garam saja mahal. Kalau tidak mencari usaha sampingan yang cukup menghasilkan bakal kesusahan memenuhi kebutuhan, apalagi gengsi.

Bagi yang berlatar pendidikan tinggi saja tidak menjamin mendapatkan pekerjaan yang berpendapatan tinggi, apalagi yang hanya lulusanya Es De, atau Es Em Pe, tentu jalan satu satunya mencoba usaha kecil2n dirumah. Siapa tahu dari usaha sampingan bisa menjadi usaha menjanjikan, dan anda sukses dari usaha rumahan tersebut.

Hanya saja sebagian besar orang termasuk saya kadang takut dengan mengeluarkan modal cukup besar diawal untuk usaha. Apalagi jika duit itu mung mungan (Sedikit, red) tentu lebih berpikir untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga saja daripada untuk bisnis yang belum tentu mendapatkan hasil hari itu juga.

Mungkin anggapan diatas perlu kita singkirkan, karena namanya usaha pasti perlu modal, ga ada modal usaha ga jalan, kecuali usaha anda menggunakan segi ketrampilan, mungkin bisa saja gratis tanpa modal. Jadi, sebagai pemula baiknya mencoba buka usaha rumahan modal kecil yang kiranya memiliki resiko kecil namun masih bisa menghasikan jutaan per bulannya.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya juga merekomendasikan beberapa contoh usaha kecil kecilan yang pernah saya jalani dan beberapa pengalaman teman yang mungkin cocok untuk anda yang masih bekerja jadi kayawan atau mahasiswa untuk usaha sampingan.

Pokoknya jangan jadi pengangguran, jangan menjadi bagian dari jumlah pengangguran terbuka di Indonesia yang mencapai 7,01 juta orang atau sekitar 5,33 persen dari seluruh penduduk Indonesia (BPS, 2017) . Dan asal anda tahu jumlah pencari kerja lebih banyak dari lowongan kerja, artinya masih banyak kesempatan menjadi pengangguran. Maka dari itu daripada nganggur mending cari ide untuk usaha, betul tidak?

Berikut contoh macam macam usaha kecil menguntungkan.

Usaha Toko Kelontong Rumahan

Saya rasa usaha kecil yang paling cocok dirumah dengan keuntungan besar adalah warung kelontong, karena berdasarkan pengamatan saya, para pemilik warung kelontong dalam beberapa tahun bisa kaya, karena Toko kelontong atau warung yang menjual beragam kebutuhan sehari-hari yang pasti dibeli oleh konsumen, rtinya ada keuntungan yang didapat setiap harinya.

Toko kelontong biasanya memiliki pasar yang relatif selalu ramai, karena menjual barang kebutuhan sehari, sembako dkk, apalagi jika terletak di area pemukiman padat penduduk. Tentunya mayoritas warga sekitar masih memilih untuk berbelanja di warung dibandingkan minimarket maupun supermarket modern.

Bagi anda yang tinggal dipedesaan, warung kelontong pilihan tepat untuk anda, karena ada peraturan bahwa toko modern seperti minimarket indomart dan toko ritel belum masuk desa, artinya belum ada saingan kuat didesa.

Usaha Ternak Lele di Kolam Terpal

Lele banyak dibutuhkan untuk menyuplai banyak warung pecel lele yang saat ini sudah kita mudah temui disetiap sudut kota dan pinggir jalan raya, sebagai usaha malam hari yang paling laku, jika dibandingkan usaha dipinggir jalan lainnya. Disamping kebutuhan warung pecel lele, kebutuhan lele juga tinggi, artinya ada peluang untuk usaha budidaya pembesaran lele.
Contoh Usaha Kecil Kecilan Di Rumah Yang Terbukti Menghasilkan JUTAAN Rupiah

Usaha budidaya lele tidak memerlukan lahan luas untuk kolam, karena dilahan sempit menggunakan kolam terpal, budidaya lele sudah bisa dijalankan. Bahkan saat ini, lele bisa diternak di dalam drum plastik bekas yang lebih praktis dan murah.

Blogger, menulis di blog

Blogger, adalah pekerjaan sampiingan yang saat ini saya kerjakan selain sebagai tenaga pengajar sisalah satu bimbel dikota saya. Untungnya lumayan, pekerjaan ringan. Fleksibel dan yang pasti tidak memerlukan modal. Hanya menggunakan seperangkat pc dirumah dengan akses internet dan tentunya ide ide menulis yang unik agar enak dibaca oleh pembaca.

Bagaimana cara mendapatkan uang di blog? Begini singkatnya, jika suatu blog mendapatkan visitor banyak artinya sama saja ada kesempatan untuk memasang iklan dan jualan. Namun untuk saat ini, saya hanya memasang sebuah iklan dari google.

Anda bisa membuat blog gratis di blogspot.com. Selain gratis, blog dari blogspot sangat sederhana dan mudah dipahami walau oleh orang awan dengan dunia web layaknya ibu rumah tangga.

Usaha Laundry Kiloan skala rumah tangga

Prospek usaha laundry memang sangat menggiurkan kawan, terutama untuk kita targetkan ke konsumen yang umumnya ke mahasiswa dan perantauan yang malas mencuci sendiri pakaian kotornya dan bagi mereka yang belum mempunyai mesin cuci. Usaha ini tidak terlalu sulit memulainya, apalagi pekerjaannya mencuci yang hampir semua orang bisa menjalaninya, terutama ibu ibu rumah tangga artinya anda bisa dikerjakan sendiri, tanpa butuh pelatihan orang lain.

Selain mudah, reskonya kecil. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal kecil, misal saya asumsikan begini  Mesin cuci+pengering: Rp 3 juta. Seterika 2: masing-masing Rp 200 ribu, Timbangan: Rp 200 ribu, Deterjen dan pewangi: Rp 200 ribu, Lain-lain, misalnya nota, ember, dan jepitan plus penggantung jemuran: Rp 200 ribu. Jadi totalnya tidak lebih dari 5 juta.

Usaha Ternak Cacing Tanah

Ternak cacing buat apa? Jangan salah paham, cacing tanah banyak manfaatnya di beberapa bidang kehidupan, diantaranya cacing dijadikan bahan pakan ternak unggas dan ikan, cacing dijadikan bahan obat obatan serta kosmetik. Pasarnya cukup luas kan? Harganya saja mahal, per kilonya mencapai 50 ribu.

Harga yang mahal 5 kali lipat dari beras ini dipengaruhi faktor ketersediaan cacing secara kontinyu, artinya para pengepul atau penjual masih mengandalkan ketersediaan di alam dan beberapa peternak. Karena jumlah peternak cacing tanah, khususnya lumbicrus masih sedikit, tak sebanding dengan kebutuhan cacing yang tinggi.

Saya sendiri juuga mencoba bisnis, dan sudah beberapa bulan berjalan. Untungya lumayan, resikonya kecil dan pembeliharaannya mudah. Cacing dipelihara dimedia kotoran hewan, gergaji kayu, sisa baglog, limbah sabut kelapa. Kemudian pakannya juga limbah seperti gedebog, sisa sayuran dan limbah pertanian seperti ampas tahu. Pokoknya murah meriah.

Usaha Telur Asin

Selanjutnya, usaha kecil kecilan yang bisa untung besar adalah membuat telur asin. Telur asin berupa telur bebek yang diasini dengan teknik perendaman dalam waku tertentu. Telur asin merupakan jenis kuliner tradisional yang populer di Indonesia, dengan daerah terkenal sebagai sentra telur asin adalah kabupaten brebes dan sebagian daerah banyumas, seperti sumpiuh.

Harga telur asin di Indonesia umumnya adalah Rp. 3.000, sedangkan harga telur bebek mentah hanya Rp 1.500- 2000 tergantung ukuran besar kecilnya telur. Dengan biaya produksi cukup rendah, karena menggunakan media pasir, serbuk batu bata, garam, margin yang didapatkan dari penjuaan telur lumayan.

Usaha Katering Rumahan

Budaya di Indonesia, memungkinkan banyak acara acara yang membutuhkan jasa katering rumahanlayaknya seperti ulang tahun, tahlilan, mitoni, hajatan, pernikahan, rapat, pengajian dll. Apalgi semakin kesini, masyarakat semakin ingin praktis, tentu usaha katering rumahan untuk melayani acara acara tertentu semakin lebar.

Bisnis katering ini cocok sekali untuk ibu rumah tangga sebagai bisnis sampingandirumah. Apalagi seorang ibu ibu yang hobi dengan memasak, tentu bisnis ini adalah perkara mudah yang bisa dijalankan. Peluang besar sangat menanti anda untuk menjalankan bisni katering. Ansa bisa menyalurkan hobi anda untuk menjalankan bisnis dirumah. Karena kunci utama dalam bisns katering ini adalah, 1 menu makanan yang enak, kedua harga bersahabat.
Usaha kios Pakan Ternak Burung

Saat ini masyarakat masih gemar dengan hewan peliharaan, terutama burung kicauan. Hampir semua orang menyukai burung, apalagi pecinta burung. Burung yang di ternak juga beraneka ragam dengan berbagai tujuan seperti lovebird, kenari, murai dan jalak. Ada yang beternak burung dengan tujuan bisnis, hiburan bahkan untuk kontes.
Banyaknya masyarakat pelihara burung, tentu mereka membutuhkan pakan untuk burung. dan pakan burung tidak asal asalan dan tidak mudah dicari dialam, melainkan dibeli layak voer, kroto, jangkrik dan ulat hongkong.

Bagi daerah anda yang banyak melihara burung, anda bisa mencoba keberuntungan anda mebuka kios pakan burung, ayam dan ikan.

Usaha Ternak Jangkrik

Ketika sebelumnyaadalah usaha pakan burung, selanjutnya adalah jenis pakan burung yang mudah dijalankan, yaikni ternak jangkrik. Jangkrik adalah salah satu makana favorit burung seperti halnya kroto dan ulat. Hanya saja jangkriklah yang termasuk jenis ternak paling mudah dipelihara serta cepat panen.

10 Contoh Usaha Kecil Kecilan Di Rumah Yang Terbukti Menghasilkan JUTAAN Rupiah
Budidaya jangkrik sangat sederhana, karena hana menggunakan wadah kayu, bahkan kardus anda sudah bisa memulai budidaya jangkrik, kemudian anda tinggal menyediakan pakan berupa konsentrat ayam, sisa makan serta sayuran dan buah buah sisa, namun belum busuk.

Terakhir, adalah Usaha Sesuai Hobi

Apapun usahanya, kalau diawali dari hobis, akan terasa ringan dijalankan. Kalian yang punya hobi bisa anda kembangkan menjadi bisnis seperti halnya hobi menulis, lalu membuat blog, suka memasak makan usaha catering, dan suka hobi memancing buat kolam pemancingan serta suka potret anda bisa jadi fotografer.

Semua itu tergantung passion anda, anda suka mengerjakan suatu pekerjaan adalah modal paling dasar dalam menjalankan bisnis. Karena dengan ketrampilan dalam hobis anda, anda tidak memerlukan modal besar untuk usaha kecil kecilan dirumah. Iyakan?

Jadi, be your self, you will be succes!

Ya begitu kura kuranya mengenai  Contoh Usaha Kecil Kecilan Di Rumah Yang Terbukti Menghasilkan JUTAAN Rupiah, anda bisa pilih satu untuk menajdi bahan pertimbangan yang akan dijalankan nantinya. Tentunya yang sesuai passion anda ya, pokoknya jangan jadi pengangguran, biarlah usahasampingan dengan penghasilan kecil, yang penting bukan pengangguran.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget