Home » » Usaha Ternak Entok Cepat Panen Pakai Pakan Alternatif

Usaha Ternak Entok Cepat Panen Pakai Pakan Alternatif

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Saturday, July 29, 2017

Usaha ternak entok menggunakan pakan pakan alternatif merupakan cara sukses budidaya entok cepat besar. Entok yang pertumbuhannya cepat tentu bisa cepat di panen atau dijual. Begitu juga harapan peternak entok pun demikian, entok yang dipelihara besar besar dan bisa menghasilkan uang. Sayangnya, kebanyakan dari peternak rakyat hanya memelihara sebagai usaha sampingan saja, yang mungkin dipelihara sederhana dibelakang rumah dengan pakan seadannya. Padahal potensi entok sebagai entok pedaging maupun petelur cukup tinggi saat ini sehingga bisa dikembangkan dengan cara budidaya ternak itik intensif atau modern.

Bicara soal ternak entok modern, ada dua hal yang berbeda dari cara ternak dimasyarakat. Pertama, ternak entok modern lebih intensif, artinya entok dipelihara dengan dikurung atau dikerem dengan tujuan pemeliharaan bisa dikontrol baik dari segi kesehatan dan pemberian pakan. Dengan sistem terkurung hal yang paling berkaitan berarti kandang yang digunakan. Lalu bagaimana dengan kandang yang sebaiknya digunakan?

Saya merekomendasikan adalah kadang postal dan ren.

Kandang postal adalah kandang tertutup tanpa halaman pengumbaran, kelebihan kandang ini adalah tidak memerlukan lahan yang luas, hanya saja kebutuhan entok harus harus benar benar terpenuhi, biasanya digunakan untuk pembesaran atau penggemukan entok seperti gambar dibawah ini

Usaha Ternak Entok Cepat Panen


Kandang ren, adalah kandang tertutup dengan halaman pengumbaran terbatas, kandang ini adalah kandang yang digunakan untuk pembibitan, jadi ada kandang kecil didalam halaman pengeumbaran terbatas tersebut untuk malam hari dan bertelur atau mengeram. seperti gambar dibawah ini :

Usaha Ternak Entok Cepat Panen
Namun yang ditekankan pada pemeliharaan intensif sebenarnya bukan sistem terkurungnya atau kandang, melainkan pemberian pakan yang seimbang, Karena dengan sistem umbaran pun kalau pemberiannya pakan seimbang, entok bisa cepat besar.

Dengan pemberian pakan seimbang, kebutuhan pertumbuhan entok terpenuhi dengan baik sehingga pertumbuhan entok lebih cepat besar.Hanya saja masalah dalam bidang peternakan adalah bahan pakan entok yang digunakan. Umumnya, masyarakat memberikan bekatul dan sisa nasi dipagi dan sore hari. Tentu dengan pakan tersebut entok performanya rendah karena kebutuhan nutrisi tidak cukup dari bekatul saja, melainkan membutuhkan beberapa bahan pakan lagi agar seimbang.

Kedua, pakan yang seimbang yang diberikan ke entok membutuhkan biaya besar, artinya kitaa membutuhkan modal lagi dalam memeperoleh pakan. Padahal salah satu kesuksesan dalam beternak adalah mampu menekan biaya pengelauran pakan harian serendah mungkin.

Jadi apa solusinya...?

Kita harus menerapkan teknologi pembuatan pakan entok yang efektif untuk efisiensi pakan seerta biayanya menggunakan bahan bahan alternatif yang murah dengan cara fermentaasi pakan. Pakan fermentasi adalah pakanyang dibuat dari bahan bahan alternatif dengan cara fermentasi menggunakan , tepat menggunakan mikroba pengurai pakan dengan tujuan meningkatkan nutrisi pada pakan dan meningkatkan palatabilitas (daya suka) ternak.

Bagaimana cara membuat pakan fermentasi buat entok?

Berikut caranya..

Bahan yang diperlukan :
  1. Tempat pembuatan bisa terpal ,plastik besar atau tong besar
  2. Gedebok pisang 30%
  3. Bekatul 20%
  4. Ampas tahu 20%
  5. Jagung giling 15%
  6. Nasi aking 10%
  7. Gula pasir 5% atau secukupnya
  8. Suplemen organik untuk fermentasi, bisa soc, em4 dll, bisa dibeli di toko pertanian

Langkah - langkah pembuatan
  1. Persiapan sebelumnya adalah perbanyakan soc dengan cara mencampur gula pasir dengan soc 
  2.  nasi aking drendam air agar mengembang
  3. Cacah gedebok pisang hingga menjadi cacahan kecil hingga bisa ditelan oleh entok
  4. Campurkan semua bahan yang telah disiapkan seperti jagung giling , ampas tahu , bekatul , dan gedebok pisang 
  5. Setelah semua tercampur , semprotkan bahan tadi dengan larutan SOC - HCS + GULA PASIR yang sudah dilarutkan semalaman , Semprot secara merata
  6. Setelah penyemprotan dilakukan , aduk semua bahan tadi hinga sampai merata . Setelah itu tutup terpal atau tempat pembuatan hingga menjadi kedap oleh udara . 
  7. Proses pembuatan pakan fermentasi untuk entok sedang berlangsung , tunggu hingga kurang lebih sampai 3 jam pakan fermentasi ini jadi dan siap diberikan kepada ternak entok anda. atau bisa dipakai hari berikutnya.
Pakan diberikan 3 kali sehari, pagi siang dan sore.

Jika kita menguasai pemeliharaan terutama, pakan. usaha entok jadi semakin mudah untuk diterapkan, karena kucni suksesnya adalah dipemberian pakan.

Lalu berapa bijaknya seorang pemula memelihara entok?

Jawabannya adalah Menyesuaikan modal, namun jika bingung anda bisa memelihara 10-20 ekor. Perlu anda ketahui entok termasuk hewan yang rakus seperti halnya bebek. jadi makannya banyak. Jadi kalau belum pernah miara entok tentu akan sedikit kaget.

Setelah menentukan jumlah yang akan dipelihara anda bisa menyiapkan modal untuk membeli bibit entok. Jikan anda konsen untuk penggemukan, anda cukup membeli entok umur sehari atau DOE sejumlah 20 ekor, harga meri entok per ekor mencapai 10.000 per ekor.

Meri dipelihara dikandang dengan penghangat dan diberi pakan konsentrat sampai umur 1 bulan, setelah itu bisa diberi pakan pakan alternatif. Pembesaran entok sampai bisa panen mencapai 4-5 bulan. Jadi cukup lama teman, namun perlu anda ketahui, harga entok mahal dibanding bebek, ayam dll. hampir 2 kali lipatnya.

Namun jika anda lebih konsen ke pembibitan atau perbanyakan, anda bisa membeli 3 ekor betina dengan 1 ekor betina sudah cukup. entok jantan bisa mengawini 3-4 betina sekaligus dalam waktu kawin. Jadi tidak perlu berpasang pasangan.

Entok betina akan bertelur sampai 8-12 butir per periode mengeram selama 28 hari dengan daya tetas 90%. Jika induk 3 berarti dalam 2 bulan anda memilik kiranya 24-30 ekor anak entok yang siap dibesarkan atau dijual.

Kalau anda memiliki modal anda bisa memelihara dalam jumlah banyak sekaligus.

Kelebihan usaha ternak entok ini adalah entok termasuk ewan dengan daya tahan tinggi, tidak seperti ayam dan bebek yang rentan terhadap virus. 

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget