Home » , , , » Rincian Modal Buka Usaha Toko ATK dan Fotocopy Sampai Buka

Rincian Modal Buka Usaha Toko ATK dan Fotocopy Sampai Buka

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Monday, July 31, 2017

Keberadaan alat tulis kantor sangat penting dalam dunia perkantoran dan pendidikan. Alat tulis Kantor (ATK) merupakan perlengkapan yang sangat dibutuhkan setiap hari demi berlangsungnya operasional kantor. Selain instansi pemerintah, kantor-kantor swasta dan sekolah, ATK juga sangat  dibutuhkan didunia perdagangan untuk pembukuan atau pencatatan. Maka tak heran kebutuhan ATK tinggi, tidak mengenal tempat baik didesa mauupun perkotaan. Di tengah tingginya kebutuhan itu, prospek bisnis ATK tentu sangat menjanjikan. Tak jarang  juga  kini usaha toko ATK mudah dijumpai dimanapun, terutama dekat lingkungan kampus, sekolah dan perkantoran.

Peluang membuka usaha jual alat tulis kantor masih terbuka lebar, karena umumnya yang ada sekarrang masih usaha skala toko kecil, dan kadang malah masih digabungkan dengan usaha kelontong atau lainnya. Artinya masih sangat jarang toko yang khusus menjual pernak pernik alat tulis sekolah secara lengkap.

Terlepas dari minim pesaing dan permintaan tinggi saat musin sekolah tiba, keuntungan bisnis alat tulis kantor ini, merupakan bisnis dengan menjual barang barang yang tidak terlampau mahal dan awet. Artinya resiko berjualan ATK tidak memiliki expired, tidak seperti makanan, yang harus habis hari itu juga.

Bagi anda tertarik ingin mendirikan toko ATK, ada beberapa tips agar usahanya laris manis

Memilih Lokasi yang dekat dengan konsumen

Lokasi paling strategis untuk menjual aneka macam alat tulis kantor dan sekolah adalah disekitar lingkungan kampus, sekolah dan perkantoran. Seperti kita tahu, karyawan, mahasiswa dan pelajar membutuhkan alat tulis, sehingga lebih dekat dengan konsumen, semakin dekat semakin mudah pula akses konsumen membeli dagangan toko atk anda.

Alternatif bagi tidak kebagian tempat usaha dilingkunagn tersebut, anda bisa mencoba keberuntungan memilih lokasi didepan instansi pemereintah, misal pemerintah desa atau kantor balaidesa. Karena balaidesa merupakan pusat desa yang mungkin ramai dengan lalu lalang warga. Warga desa juga sebagian adalah karyawan dan pelajar yang membutuhkan atk.

Pengadaan Barang

Dalam pengadaan barang ada dua yang sayatawarkan, yakni dengan franchise usaha atk dan mencari distributir atk sendiri.

a. Franchise usaha ATK

Kalau anda memilih franchise, anda tinggal menyediakan tempat dan modal, nanti karyawan, managemen sampai pengadaan barang ada yang memngurus, anda hanya mengontrol dan menikmati hasik keuntungan yang diperolah. Salah satu perusahaan yang menyediakan progam waralaba adalah PT Mitra Mega Sempurna.

PT Mitra Mega Sempurna mengusung konsep minimarket. Progam ini ada dua paket kemitraan yang ditawarkan. Yakni, paket investasi Rp 300 juta untuk toko seluas 60 meter persegi, dan Rp 350 juta seluas 80 meter persegi.

Penghasilan yang diperoleh adalah hasil dari profit sharing. Di mana, mitra hanya sebagai investor yang menanamkan uang. Sementara pengelolaan minimarket diserahkan kepada pusat. Dalam sistem ini, mitra mendapat 60% dari laba bersih setiap bulan. Sementara itu, sisanya diambil pusat yang menjalankan usaha tersebut.

Lebih lengkap mengenai progam waralaba atk, silakan hubungi alamat dibawah ini :
Jl. Pondok Kelapa Raya Blok FI No. 5A,
Pondok Kelapa, Jakarta Timur
Telp: 021-44621485
b. Mencari distributir atk atau toko grosir atk

Kalau biaya franchise terlalu besar, anda bisa memilih membuka pengadaan sendiri dengan cara membeli barang secara grosir di distributor. Kelemahan dalam bisnis ini adalah rumit diawal dalam menjalankan kerja sama dengan distributor dan pemasaran, namun keuntungannya anda bisa mengambil keuntungan lebih banyak  karean tidak ada biaya royalti. Selain itu anda bisa memulainya dengan modal kecil.
Usaha Toko ATK dan Fotocopy
Usaha Toko ATK dan Fotocopy

Prinsipnya anda harus benar benar memilih barang apa saja yang harus ada dan djual di toko atk anda sendiri, karena ada jenis jensi barang yang perlu dipilih karena kelarisannya dan tidak perlu kkarena jarang laku.

Anda bisa memilih beberapa distributor yang bisa anda jadikan suplai atk toko anda, berikut:

www.tokobinamandiri.com
www.stationary.co.id
www.atkmegah.com
atkjaya.com

Hanya saja perlu anda pahami, bahwa menjual atk menurut saya kurang menguntungkan, kalau tidak ada namanya usaha fotokopi, jilid dan print serta laminating. Karena menurut saya, jasa jasa tersebut yang bisa memberikan keuntungan besar, disamping menjual aneka alat tulis kantor. Aapalagi yang namanya ngeprint, sebagai mantan mahasiswa, tentu dalam satu semster saja menghabiskan ratusan ribu hanya untuk ngeprint tugas dll.

Artinya anda perlu menggabungkan semua itu dalam 1 usaha dalam 1 toko agar tidak sia sia menyewa kios yang mungkin mahal.

Merinci modal dan mengestimasi keuntungan

Modal tetap:

Mesin Fotocopy sekitar Rp 21.000.000
Komputer rakitan 5 unit @Rp 1.500.000 Rp 6.000.000
Printer 5 unit @Rp600.000 Rp 3.000.0000
Etalase Rp 1.500.000
Pemotong kertas Rp 200 ribu
Perlengkapan Jilid (gunting, cutter, lakban, dll) Rp 100 ribu
Pengadaan atk 2.000.000

Total = Rp 33.800.000

Biaya Operasional


60 Rim Kertas (HVS, Quarto, buram dan A4) Rp 2.000.000
Listrik Rp 500.000
Tinta Rp 300.000
Perawatan printer dan mesin fc Rp 200.000

Total : 3.000.000
Total seluruh modal = Rp 36.100.000

Estimasi keuntungan

Harga print biasa @200
Harga FC @100
Jilid @3000

Asumsi penjualan atk  per hari misal 5% dari barang yang ada per harinya, artinya dapat 
5%xRp 2.000.000 = 100.000
jasa print 200 lembar, Rp 200 x200 lembar= 40.000
Jasa fotokopi 200 @Rp 100 x 200 =Rp 20.000
Jasa jilid @3000 x 10 = 30.000

Total Pendapatan = Rp 190.000
Total pendapatan per bulan =Rp 5.700.000 - Rp 3.000.000 = 

Keuntungan bersih = Rp 5.700.000 - Rp 3.000.000 = 2.700.000

*Perhitungan keuntungan ini adalah hanya sebatas asumsi
*belum termasuk sewa kios

Jika dalam merinci kalian masih kekurangan modal, kalian bisa mendapatkan pinjaman modal usaha pemerintah seperti KUR dan Kredit ultra mikro serta pinjaman uang dari perbankan. Silakaan baca selengkapnya : Info pinjaman modal usaha tanpa  jaminan


Desain Toko ATK yang ramah dengan konsumen

Kemudahan memilih barang adalah kesukaan konsumen, artinya anda harus mengikuti zaman dengan mendesain toko atk anda dengan desain minimarket modern, seperti halnya alfamart dan indomart. Namun jika anda menggabungkan dengan usaha fotocopy, jilid dan print mungkin anda bisa menyediakan ruangan lagi agar lebih mudah dalam kegiatan usaha.

Lebih jelasnya mengenai gambaran usaha mungkin anda perlu melihat dan survei tipe usaha dilingkungan anda sebagai bahan pertimbangan mengenai tipe usaha anda jalankan apakah usaha toko sendiri atau dengan franchise toko atk yang mirip dengan minimarket. Sekiranya begitu, semoga bermanfaat.


Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget