Home » » Rincian Modal Awal Usaha Toko Plastik Sampai Beroperasi

Rincian Modal Awal Usaha Toko Plastik Sampai Beroperasi

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Sunday, July 30, 2017

Bagi para pebisnis pemula yang sedang mencari usaha kecil kecilan yang memiliki resiko kecil tapi menguntungkan mungkin pilihan terbaiknya adalah usaha toko plastik. Plastik, termasuk jenis benda yang tidak mudah didaur ulang oleh bakteri, artinya barangnya awet, tidak mudah busuk seperti makanan serta tidak memiliki batas penggunaan. Selain awet, keuntungan usaha plastik kemasan banyak digunakan oleh hampir seluruh manusia, khususnya pedagang eceran dan makanan yang membutuhkan plastik kemasan kresek untuk dagangannya.

Penggunaan plastik dalam kehidupan sehari hari sangat bermanfaat, tidak hanya untuk membungkus berbagai jenis barang dan bahan makanan. Plastik juga banyak digunakan untuk kegiatan pertanian dan peternakan seperti penggunaan mulsa plastik pada tanaman palawija dan sayuran , polybag  untuk bercocok tanam semai dan terpal plastik pelihara ikan. Dengan begitu, target konsumen plastik sangat luas, tidak hanya plastik kresek saja.

Usaha Toko Plastik

Pada intinya, anda hanya menyediakan berbagai jenis dan ukuran plastik yang dibutuhkan konsumen disekitar anda. Jadi tidak harus mendirikan toko, andapun bisa menjadi distributor plastik dan menyuplai toko toko kelontong didaerah anda yangkadang juga menjual plastik kemasan, karena mendirikan toko termasuk mahal. Namun dengan toko, anda bisa tenang dalam menjalani usaha.

Bagi anda yang tertarik ingin membuka bisnis plastik dengan membuka kios atau toko, anda perlu memperhatikan beberapa tips dalam memulainya :

Mengenal komunitas pedagang di wilayah anda

Sebelum mendirikan toko plastik, sebaiknya anda mengenal komunitas pedagang atau konsumen didaerah anda. Kenapa? Hal ini berkaitan dengan jenis plastik yang dibutuhkan oleh target konsumen anda. Karena setiap daerah tentu memiliki karakteristik yang berbeda beda, misal daerah anda banyak pedagang makanan mungkin lebih fokus pada penjualan plastik kemasan. Jika dekat dengan daerah  pertanian anda juga perlu menyediakan berbagai plastik untuk pertanian. Persiapan ini sering sering disebut riset pasar sesuai lokasi, begitu.

Memilih Lokasi yang strategis

Lokasi mana yang tepat menjual plastik? yaitu lokasi yang dekat atau ramai dengan konsumen. Bisa didekat pasar tradisional, pinggir jalan atau dekat permukiman penduduk yang umumnya pedagang. Tapi tidak memungkin diruumah sendiri, jika memang lokasi anda sudah dipinggir jalan Dengan begitu tidak usaha menyewa kios untuk jualan.

Menemukan Distributor Plastik yang lengkap

Selanjutnya dan paling penting, adalah mencari distributor plastik untuk pengadaan plastik secara berkala. Pilihlah distributor yang terpercaya, yang tidak terlalu jauh sehingga irit biaya transportasi, lengkap, menyediakan berbagai jenis dan ukuran plastik menyesuaikan dengan target konsumen didaerah anda. grosiran, artinya anda dapat membeli dalam volume banyak serta murah, sehiingga margin yang kita dapatkan lebih tinggi.

Jenis jenis plastik yang mungkin anda jual berupa kantong kresek, plastik kemasan perempatan sampai kiloan, plastik trashback, terpal, botol kemasan, gelas plastik, polybag, plastik meteran, plastik pembungkus snak ringan, serta tak luput juga menjual kardus kemasan, karena masih berkaitan.

Klik [ Daftar DISTRIBUTOR ] untuk mendapatkan pengadaan plastik sesuai daerah anda.

Menjual barang lain yang berkaitan

Walau keuntungan menjual plastik sudah cukup banyak, tapi dengan menjual yang berkaitan akan lebih menguntungkan kawan. Ada banyak yang mendirikan usaha plastik dengan berbagai bisnis ikutan lainnya seperti menyediakan bahan kue, barang pecah belah dari plastik serta sekaligus toko sembako. Dengan begitu, keuntungan yang kita dapatkan dari toko lebih banyak dan bisa menutup sewa kiosnya,

Merinci Modal dan Mengestimasi Keuntungan

Berapa modal yang dibutuhkan, sebenarnya kalau anda sudah memiliki toko kelontong, atau toko sembako sangat murah kawan, namun jikabaru buka, anda bisa memulainya dengan menyewa kios atau ruko dipinggir jalan. Berikut rincian modal usaha toko plastik :

Modal tetap:

Etalase Kaca untuk depan Rp 1.500.000
Rak kayu untuk belakang Rp 2.000.000
Alat hitung dan tulis untuk pembukuan Rp 50.000

Total  Rp 3.550.000

Biaya produksi

Biaya untuk aneka plastik Rp 3.000.000

Total 3.300.000
Total keseluruhan : Rp 6.850.000

*Belum termasuk sewa kios

Estitmasi keuntungan

Biasanya margin yang kita dapatkan dari penjualan plastik antara 5-10% untuk plastik ukuran kecil dan untuk besar bisa mencapai 10-20% per bungkus/ikat. Asumsi terjualan plastik per hari adalah 30 ikat plastik kemasan, dan untuk jenis lainnya seperti plastik snak, bungkus roti ,trash back polybag dll 20 an, serta untuk plastik besar seperti , terpal, mulsa dll 5.

Jadi bisa kita perkirakan keuntungannya. Jika 5-10% adalah 500-1000

30 x 700 = 21.000
20 x 1000 = 20.000
5 x 5000 = 25.000

Total keuntungan : 66.000 per hari, 1.980.000 per bulan

Perhitungan diatas adalah perkiraan, bisa saja lebih kecilm bisa saja lebih besar kawan, karena kelarisan suatu usaha tergantung dari siapa yang mengelolanya. Tapi jika anda mengambil dengan usaha lain yang berkaitan mungkin keuntungan yang didapatkan lebih banyak. Begitulah kiranya, sekian semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget