Home » » Langkah Sukses Membuka Usaha Toko Alat Alat Listrik

Langkah Sukses Membuka Usaha Toko Alat Alat Listrik

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Monday, August 14, 2017

Salam sejahtera para pembaca dimana anda pun berada, semoga dalam keadaan sehat dan sentosa. Kali ini saya ingin membahas salah satu usaha dengan membuka toko yang menjual alat dan perlengkapan listrik. Setelah saya amati dan pikir pikir ternyata  usaha listrik ini adalah usaha menguntungkan yang resiko kecil, karena menjual barang yang awet dan tahan lama namun dibutuhkan setiap hari. Untuk itu tidak salahnya saya mencoba mengulasnya disini, siapa tahu ada yang membutuhkan analisa toko listrik, dari cara membuka sampai modal awal yang dibutuhkan untuk usaha toko listrik.

Kehidupan sehari hari kita tak jauh dari alat alat listrik untuk mempermudah kegiatan sehari layaknya lampu, saklar, kabel, terminal dll. Penggunaan listrik serta perlengkapannya adalah wujud kemajuan zaman. Dalam arti lain, usaha menjual alat alat dan perlerngakapan yang berhubungan listrik memiliki potensi menguntungkan dimasa depan, yang mana hampir peralatan menggunakan listrik.

Usaha Toko Alat Alat Listrik
Usaha Toko Listrik -indonetwork.id

Saya juga memiliki sedikit cerita mengenai pengalaman seorang tetangga yang sudah dari awal mendirikan toko listrik. Tadinya, teman saya itu dicaci oleh mertuanya, karena membuat toko listrik yang tidak bisa mendapatkan keuntungan setiap hari. Mertua menginginkan jualan sembako yang lebih prospek, namun teman saya berpikir sudah banyak toko sembako dimana mana, saingannya tinggi.

Ya memang awal awal mendirikan toko sepi, hanya satu dua pembeli. Akhirnya dijadikan usaha sampingan yang hanya buka setiap pulang kerja dan hari libur. Namun lambat laun, tokonya mulai terkenal karena memang sangat jarang toko khusus alat listrik secara grosir maupun eceran. waktu yang menjawabnya, dan teman saya itu sukses mendirikan toko listrik cukup besar di daerahnya. Sekarang sudah punya beberapa outlet dibeberapa tempat.

Mungkin cerita diatas bisa memberi inspirasi anda untuk memulai usaha toko listrik, mengingat perkmbangan jaman semakin maju, masyarakat banyak yang membutuhkan peralatan yg berhubungan dengan listrik. Berbeda dengan beberapa dekade belakangan yang mungkin listrik belum menjamah rata di nusantara.

Bagi kalian yang tertarik buka toko mungkin  bisa membaca beberapa hal penting tentnag usaha ini.

Survei Pasar 

Sebelum mendirikan usaha apapun yang berhubungan dengan dagangan, anda perlu survei pasar terlebih dahulu. Kalian cukup berkeliling dan bertanya tanya mengenai toko toko yang menjual alat listrik sejenis yang akan kalian buka. Kalau sudah ada, kemungkinan agak sulit memasukinya, karena alat listrik bukan sembako yang dibutuhkan sehari hari. Jadi biasanya masyarakat sudah berlangganan ditoko tersebut.

Memilih Lokasi strategis

Ketika sudah paham situasi pasar didaerah anda, anda tinggal memilih lokasi yang stategis untuk membuka toko. Lokasi strategis yang dimaksud adalah minim pesaing, mudah diakses oleh konsume, misal dipinggir jalan dan tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk. Lokasi yang strategis ini akan mempengaruhi tingkat penjualan kedepannya.

Memilih Distributor Alat listrik yang lengkap dan murah

Langkah penting dalam mendirikan sebuah toko listrik adalah mencari sumber barang yang murah dan lengkap. Sumber barang atau stok bisa didapatkan ditokogrosir atau langsung dari distributor resmi perusahaan yang memproduksi aneka peralatan listrik. Tujuan dari pemeilihan distributor yang lengkap dan murah adalah kita sebagai pemilik toko bisa menjual kembali dengan harga yang lebih murah dibanding toko sebelah, namun tidak mengurangi keuntungan. Artinya marginnya masih cukup besar.

Selain murah, peralatannya sebisa mungkin lengkap, karena konsumen lebih memilih toko yang lebih lengkap, karena umumnya konsumen bisa memilih barang yang lebih variatif. Contohnya adalah distributor listrikmart . Listrik mart menyediakan aneka eralatan listrik lengkap serta membuka progam paket usaha untuk mendirikan toko listrik atau waralaba.

Strategi pelayanan dan pemasaran

Sebelum melakukan promosi dan pemasaran, hendaknya sudah memiliki strategi pelayanan didalam toko yang sudah di desain dan dikonsep dengan baik. Lalu pelayanan apa agar menarik konsumen.

  • Desain toko seperti ritel modern, dimana konsumen bisa memilih barang sendiri
  • Adanya pengecekan pemakaian sebelum dibeli, pada barang barang yyang rentan rusak seperti lampu
  • Pengelompakan kategori, jenis dan ukuran agar mempermudah konnsumen dan kemudahan anda dalam pendataan ulang
  • Selalu bersikap ramah, karena konsumen adalah raja
Setelah managemen layanan terbentuk barulah membuat promosi, seperti dibawah ini msalnya
  • Membuat papan nama toko yang bagus dan mudah dikenal
  • Membuat selebaran ke warga sekitar
  • Promosi disosial media seperti fb dan kawan kawannya
  • Membuat paket pembelian yang lebih murah dengan barang barang berkaitan. Misal, beli lampu 3 dapat pitigan/tempat satu.
Demikian kiranya yang bisa saya sampaikan tentang peluang bisnis toko listrik. Apapun bentuk usahanya, pasti punya keuntungan dan kerugian tak terkecuali toko listrik ini, semua tergantung anda sebagai pelaku usaha  yang menjalankan. Sekian, semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget