Home » , » Rincian Modal Usaha Sosis Bakar Rumahan dan Cara Memulainya

Rincian Modal Usaha Sosis Bakar Rumahan dan Cara Memulainya

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Friday, September 1, 2017

Keuntungan jualan sosis bakar aneka rasa memang cukup menggemukan dompet penjual, meski hanya berjualan skala kecil, katakanlah sebagai usaha rumahan, namun jaminan pasar sudah ada, tinggal menerapkan trik dan strategi jualan agar banyak pembeli. Potensi yang menggiurkan tersebut tentu banyak dilirik para pedagang makanan kecil/kaki lima maupun keliling untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Orang umum pun bisa berjualan karena modal yang dibutuhkan cukup murah dan sederhana. Nah disini bagi yang ini usaha dan butuh analisa usaha ini, saya sudah menyusun rincian modal usaha sosis bakar, dari bahan operasional sampai perlengkapannya dan tidak ketinggalan juga dengan cara memulainya sampai dengan berjualan/beroperasi.

Rincian Modal Usaha Sosis Bakar Rumahan
Usaha Sosis Bakar Rumahan


Peluang bisnis sosis bakar murah dengan keuntungan melimpah

Sosis merupakan salah satu jenis makanan olahan daging yang banyak digemari di Indonesia. Mulanya sosis adalah makanan mentah siap saji yang sempat populer dengan merk so nice. Sejak kemunculan merk so nice berangsur kemudian sosis mulai dikenal dan populer di masyarakat, sehingga banyak muncul varian sosis, terutama pada bahan dasarnya yang berupa daging, sosis daging sapi, ayam, ikan, udang dll.

Tidak berhenti divarian bahan dasarnya, sosis juga digunakan berbagai penyajian makanan. Salah satu paling sedeerhana dan laris adalah sosis bakar. Sosis bakar kini menjelma sebagai jajanan enak dan lezat semua kalangan. Penjual sosis bakar mudah kita temui dikhalayak ramai, alun alun kota, taman kota, even tertentu , depan sekolah sampai ada yang mencoba berjualan keliling.

Ramainya penjual sosis bakar bukan karena unsur keuntungan dan modal yang murah saja, kalau tidak ada pecintanya. Ya, banyak yang menyukai sosis bakar, terutama kalangan anak dan remaja, termasuk saya yang masih kekanak kanakan. Itulah yag menjadi alasan kenapa perllunya anda bisnis kuliner murah satu ini.
Rincian Modal Usaha Sosis Bakar Rumahan

Bisnis Kuliner Sederhana dan gak ribet

Bisa dikatakan, bisnis sosis bakar itu sederhana, tidak memerlukan konsep rumit untuk memulainya. Anda hanya membutuhkan peralatan dan perlengkapan berjualan yang murah, seperti gerobak dengan gas dan alat panggang serta bahan utama sosis setengah matang yang bisa anda dapatkan dengan cara membuat sendiri, membeli di distributor atau lebih simpelnya lagi anda bisa melakukan franchise sosis bakar.

Cara penyajian sosis bakar itu sederhana, tinggal dibakar matang, dikasih bumbu anaeka rasa, kemudian dihidangkan atau dibungkus menggunakan plastik atau kertas minyak. Semudah itu kawan.

Rincian Modal dan Estimasi Keuntunan usaha jualan sosis bakar

Modal usaha terbagi menjadi dua bagian, yakni modal tetap berupa peralatan dan biaya operasional yang meliputi bahan utama dan bahan habis pakai.

Modal Tetap

Gerobak kecil Rp 600.000
Alat panggang +t. gas Rp 300.000
Wadah bumbu Rp 30.000
Jumlah modal tetap : Rp 930.000

Biaya Operasional 1 bulan

Sosis Rp 1.500.000
Plastik pembungkus Rp 50.000
Gas Rp 150.000
Jumlah biaya operasional : Rp 1.700.000

Total Keseluruhan : Rp 2.630.000

Pendapatan :

Asumsi penjualan sosis kecil = 30xRp 3000 = Rp 90.000
Asumsi Penjualan sosis jumbo = 10 x Rp 10000 = Rp 90.000

Jumlah pendapatan per hari = Rp 190.000
Jumlah Pendapatan per bulan = Rp 5.700.000

Keuntungan bersih
=Jumlah pendapatan perbulan - biaya operasional
= Rp 5.700.000 - Rp 1.700.000
= Rp 4.000.000

*Belum termasuk biaya sewa atau mangkal atau bensin jika berjualan keliling
**Perhitungan ini hanya sebagai ilustrasi saja

Tips memulai usaha sosis bakar

Ada beberapa hal perlu anda perhatikan dalam memulai usaha sosis bakar ini, diantaranya :

  1. Distributor sosis bakar yang murah dan lengkap. Ini sudah menjadi alasan pokok, karena dengan mengambil dari distributor murah, peluang mencari margin keuntungan semakin besar.
  2. Varian rasa sosis. Ramainya penjual sosis bakar membuat penjual baru harus bisa bersaing dipasar. Salah satunya membuat sosismenjadi aneka rasa, sehingga konsumen tak jenuh dengan rasa rasa yang sudah ada.
  3. Memperbanyak cabang atau berpindah pindah tempat. Ada dua opsi agar penjualan sosis semakin laris,yakni dengan membuka cabang diberbagai tempat keramaian atau jika belum mampu secara modal anda bisa berpindah pindah tempat ramai. Jadi sebisa mungkin gerobak yang digunakan protable dan ringan. Hal ini mencegah ketidaklarisan pada sutu hari tertentu, karena tidakselamnya tempat berjualan itu ramai.
Saya rasa sudah cukup jelas mengenai peluang dan rincian modal yang dibutuhkan dalam memulai usaha sosis bakar. Jika belum ngeh di usaha ini, mungkin anda bisa memilih lagi beberapa contoh peluang usaha rumahan lainnya yang tak kalah menguntungan


Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget