Home » , » 5 Peluang Usaha Rumahan Di Desa, Bisa Cepat Kaya Raya

5 Peluang Usaha Rumahan Di Desa, Bisa Cepat Kaya Raya

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Wednesday, October 25, 2017

Potensi alam di desa memang menjadi ulasan menarik setiap menyangkut bidang ekonomi. Desa memiliki peran kontruktif dalam penyediaan hasil sumber daya alam, terutama hasil pertanian, peternakan dan perikanan yang tidak dihasilkan oleh daerah pemukiman padat penduduk seperti kota kota besar. Kemewahan yang ada dengan berbagai potensi menguntungkan untuk dijadikan sumber peluang usaha malah tidak begitu diperhatikan oleh generasi muda yang cenderung lebih memilih merantau ke ibukota demi mendapati penghasilan yang layak.

Mereka lebih menyukai pekerjaan yang notabene menjadi karyawan atau karyawati pabrik yang bergerak skala besar dengan gaji tetap, dengan harapan aman secara finansial walau pas pasan. Padahal umpamanya potensi alam bisa dimanfaatkan oleh masyarakat desa sendiri atau orang lokal bisa menciptakan peluang usaha di desa yang sangat menguntungkan. Tidak hanya bisa membuat kalian cepat kaya, tetapi juga berperan menciptakan lapangan kerja dan menurunkan angka kemiskinan.

Kepekaan Masyarakat dan Regulasi Yang Buruk


Stigma masyarakat akan potensi desa untuk memanfaatkan sumber alam sekitar memang masih rendah. Peran pendidikan disini sangat penting dalam membawa stigma tersebut ke arah lebih baik, lebih peduli dengan kondisi lingkungan. Pendidikan tidak hanya lewat pendidikan formal di sekolah, melainkan lebih kearah pendidikan non formal yang langsung menyentuh akar rumput permasalahannya. Seperi pengenalan teknologi pengemasan produk lokal (makanan) yang selama ini belum layak masuk edaran ritel modern.

Pengenalan pengemasan produk  modern akan mendongkrak pemasaran, sehingga produksi akan meningkat dan bisa menumbuhkan pergerakan ekonomi, terutama industri rumahan didesa. Selain pengenalan teknologi, regulasi pemerintah sangat berperan dalam perkembangan ekonomi di desa. Salah satu contohnya regulasi mengenai toko ritel modern alfamart dan modern yang tidak dibatasi, sehingga mempersempit peluang usaha rumahan di desa seperti toko kelontong dan industri skala rumah tangga.

Kelebihan Usaha Di desa, Kalian harus Tahu


Secara teknis usaha didesa memang tidak semudah di kota besar, dimana semua peralatan produksi bisa didapat dengan mudah, serta pemasarannya lebih luas. Namun pertimbangan lain juga perlu kalian perhatikan seperti ketatnya persaingan, operasional lebih mahal, dan lahan sangat sempit, mahal pula. Berbeda dengan kemudahan yang ada didesa, bahan bahan produksi lebih dekat, terutama pengolahan hasil pertanian. Lahan masih luas, sehingga masih cukup bebas menentukan desain usaha. Persaingan rendah, tidak seketat di perkotaan. Kemudian masalah pemasaran bisa memanfaaatkan teknologi internet dengan terjun dalam perdagangan online dan memasuki pasar ritel modern asal pengemasan produk baik.
Peluang Usaha Rumahan Di Desa yang menguntukan
Usaha tahu adalah salah satu Peluang Usaha Rumahan Di Desa yang menjanjikan baik di desa terpencil maupun berkembang


Kelebihan mendirikan sebuah usaha di desa tentu bisa memberikan kemudahan. Apalagi jika usaha yang kalian jalankan memanfaatkan potensi alam desa seperti halnya menyerap hasil hasl pertanian kemudian dijadikan olahan produk makanan yang menarik. Kalian tidak bingung stok bahan produksi
karena petani sangat senang jika ada yang menampung hasil panennya. Dan para petani kedepannya bisa lebih bergairah melakukan kegiatan usahanya.

Mengenal Peluang Usaha Rumahan Di Desa

Dari banyaknya peluang yang bisa kalian jalankan, ada beberapa usaha potensial. Potensial yang dimaksud dilihat dari sisi pemasaran karena produk paling laris, kemudahan produksi serta rendahnya persaingan. Cara usaha kecil kecilan didesa ini mungkin bisa membuat kalian cepat kaya, berikut contohnya.

Pengepul Hasil Pertanian, Misal: Jadi Juragan Beras atau Gabah Kering

Bertindak menjadi perantara antara produsen dan konsumen akhir bisa juga dilakukan di pedesaan. Istilah lain yang mudah dikenal adalah tengkulak atau pengepul. Sebagai tengkulak kalian hanya bekerja menampung seluruh hasil pertanian seperti gabah, jagung, kacang, ayam potong, kambing dan hasil pekerbunan. Kemudian dijual kembali ke perusahaan besar yang membutuhkan atau dialihkan ke tempat yang berbeda.

Sebagian besar usaha usaha yang bergerak didesa terbatas akses pemasaran ke konsumen akhir, terutama keperkotaan. Mereka hanya fokus bagaimana cara memproduksi maksimal, masalah pemasaran kadang belum di managemen dengan baik. Sebab karakter usaha didesa adalah usaha yang hanya untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Peluang usaha didesa dengan menjadi tengkulak boleh boleh saja dilakukan karena membantu para petani, peternak dalam memasarkan produknya. Asal tidak memainkan harga seenak saja, terutama jika menjelang hari hari besar nasional atau saat belum panen. Jadilah tengkulak yang baik, tidak perlu nakal, karena dengan margin yang antara harga petani dan harga pasar sudah sangat menguntungkan.

Warung Sembako, Pusat Segala Kebutuhan Di Desa

Bisnis rumahan warung sembako merupakan salah satu jenis bisnis yang laku sepanjang zaman, dari dulu hingga sekarang tetap diminati. Pasalnya, sembako adalah kebutuhan pokok manusia, jadi tentu saja tidak ada kata weekend untuk memenuhi kebutuhan pokok. Artinya dengan mendirikan usaha warung sembako, kemungkinan usaha bisa laris dan bisa mendapatkan keuntungan setiap hari.

Bisaka dikatakan, pusat segala kebutuhan di lingkungan desa adalah warung sembako. Segala jenis sembako tersedia dalam satu tempat.  Apalagi jika pasar tradisional agak jauh dari lokasi tentu bisa menjadi potensi usaha warung kaliang paling laris di desa atau kampung.

Budidaya Cabe Rawit, Harga Selangit


Pernahkan mendengar harga cabe rawit sampai seratus ribu? Pasti sudah pernah mendengar, karena banyak media yang mempublikasinya. Harga cabe rawit akan melambung tinggi seketika menjelang hari hari besar seperti hari lebaran. Terlepas dari harga tinggi ada pihak yang dirugikan, dan pihak yang diuntungkan. Salah satu pihak yang berbahagia adalah petani cabe, karena hasil panenya dihargai tinggi.

Jika kalian ingin berbagai,  jadilah petani cabe. Kalian bisa merasakan panen melimpah dengan hasil jutaan rupiah sekali panen. Budidaya cabe membutuhkan ladang yang luas dan area yang sejuk, jadi cocok dijalankan menjadi usaha di desa terpencil, terutama daerah pegunungan yang memiliki iklim yang cocok buat pertumbuhan cabe.

Usaha Feedlote, Penggemukan Sapi Waktu Singkat

Penggumakan sapi salah satu peluang usaha rumahan didesa yang perlu kalian coba. Sebab lingkungan didesa sangat mendukung usaha peternakan sapi ini. Pakan sapi yang utamanya adalah rumput masih banyak tersedia di sawah sawah dan gratis. Kemudian limbah pertanian seperti dedak dan ampas tahu sebagai pakan konsentrat juga banyak. Jadi engga bingung masalah pakan ternak.

Usaha penggemukan sapi bisa dimulai dengan skala rumahan yang terdiri dari beberapa ekor saja. Proses penggemukan dilakukan selama 3-4 bulan atau sampai sapi sudah gemuk. Sapi yang sudah gemuk kemudian dijual kembali ke Rumah potong hewan. Dirumah potong hewan sapi dipotong dan dijadikan daging segar. Daging segar bisa langsung didistribusikan langsung kemasyarkat, karena umumnya masyarakat langsung datang ke lokasi.

Keuntungan penggemukan sapi ini adalah bisa dijadikan usaha sampingan dirumah, kalau lagi malas ngarit atau cari rumput. kita bisa membeli rumput atau mengganti dengan pakan konsentrat seperti ampas tahu, dedak serta pakan alternatif menggunakan bahan bahan limbah pertanian yang sebelumnya diolah melalui teknologi fermentasi pakan.

Peluang Usaha Rumahan Di desa : Usaha Pembuatan Tahu

Satu lagi ide usaha di desa yang tidak kalah menarik adalah usaha pembuatan tahu. Tahu mentah atau matang banyak sekali dibutuhkan untuk berbagai olahan makanan baik skala industri rumahan atau di konsumsi masyarakat langsung. Tahu dibuat dari bahan kedelai yang notabene adalah hasil pertanian yang dilakukan didesa. Artinya ada kesinambungan antara stok bahan kedelai dengan pemasaran yang besar.

Menjalankan usaha pembuatan tahu di Indoneisa memang tak pernah mati. Selain masyarakat yang doyan tahu. Tahu adalah makanan yang murah, namun cukup mengandung protein yang tinggi. Jadi tahu masih menjadi primadona masyarakat kelas bawah yang belum bisa menikmati makanan begrizi lainnya seperti daging ayam, telur dan susu.

Ternak Ayam Potong, Pasar sangat tinggi

Ayam pedaging  atau juga dikenal ayam potong adalah jenis ayam yang dipelihara dengan tujuan diambil dagingnya. Daging ayam yang sangat banyak dibutuhkan masayarakat pada saat ini karena memiliki memiliki kekenyalan daging yang lebih alot dibandingkan dengan ayam jenis Kampung. Dari segi harga, ayam ptong lebih murah. kemudian Usaha ini sanga potensial memberikan cukup menguntungkan, sebab ayam potong cepat panen dalam waktu singkat, hanya 5-6 minggu.

Peluang usaha rumahan ayam potong sangat cocok dijalanakn didesa, sebab salah satu syarat mendirikan usaha peternakan adalah jauh dari pemukimam. Hal ini karena peternakan ayam membuat polusi udara dari bau amoniak kotoran ayam sehingga kalau dijalan dikota yang padat penduduk sangat menganggu. Berbeda dengan kondisi didesa yang masih banyak tersedia lahan kosong untuk kandang ayam.

Pilih Salah satu, Kemudian Tekuni


Dari beberapa contoh penawaran peluang usaha rumahan didesa yang telah saya uraikan diatas mungkin ada salah satu yang menarik hati untuk segera terjun memulai usahanya.Walau tidak langsung menghasilkan banyak uang, tetapi usaha tersebut bisa menjanjikan di masa depan. Sebab tidak ada usaha yang instan, semua butuh perjuangan keras untuk mendapatkan pelanggan.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget