Home » » Usaha Sepi Hutang Banyak? Ini solusinya!

Usaha Sepi Hutang Banyak? Ini solusinya!

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Monday, October 23, 2017

Tidak sedikit orang yang masuk dalam dunia usaha itu beruntung dan sukses, ada juga sebagian yang mengalami kegagalan. Namun semuanya saya yakin pernah yang mengalami kejadian usaha sepi hutang banyak, termasuk saya sendiri. Itu sangat wajar teman teman, sebab itu sebagian dari resiko usaha yang kita terima saat menjadi pengusaha. Tidak mungkin orang yang merintis usaha langsung untung, kecuali orang itu mewarisi usaha orang tuanya.

Kalau sedang mengalami keterpurukan yang mengancam kebangkrutan usaha, rasanya memang aduh aduh gimana, ya kalau masih muda, masih ada jaminan waktu yang cukup untuk bangkit lagi dan tidak ada tanggungan anak istri. Kalau sudah berumur 40 ke atas itu serasa tulang punggung geser  ke depan. Sebab keingat masa depan anak dan keluarga nantinya. 

Usaha Sepi Banyak Hutang

Alih alih untuk menutupi kekurangan modal produksi dan bangkit dari keterpurukan usaha kadang kita malah ceroboh mengambil pinjaman uang ke bank yang justru menambah beban. Kalau ada istilah lobang tutup lobang, itu mending cuma pindah tempat. Hutang ke bank itu beda, jadi nutup lubang kecil buat lubang yang besar.

Ada juga yang datang ke orang pintar nyari dana gaib. Walau bisa mengatasi masalah usaha sepi banyak hutang, tetapi tidak akan mengatasi musibah. Sebab cara tersebut justru akan menimbulkan musibah kedepannya yang bukan datang dari manusia dan alam, melainkan langsung dari Tuhan yang murka kepadamu. Camkan itu teman teman, kembalilah pada cahaya ridho Tuhan.

Beberapa solusi mengatasi usaha sepi hutang banyak

Saya disini bukan untuk mengajarkan bagaimana cara yang benar benar manjur, tapi setidaknya saya berbagai penalaman bagaimana saya bangkit dari keterpurukan. Bisa jadi ini kisah nyata yang sebagian terhadi saat saya sedang mengalami keterpurukan dalam dunia usaha. Dri beberapa solusi ini saya akan bagi masalah masalah tersebut dalam 3 sisi, yakni faktor internal, eksternal dan teknis.

#Faktor internal

Faktor internal ini bisa dibilang adalah sebuah wujud intropeksi diri sedalam dalamnya. Sebab apa yang kita lakukan tak selamanya baik dan mengenakan hati orang orang lain disekitar kita. Hal ini sangat mengacu pada diri kita sebagai manusia. Sudahkan taat kepada Tuhan, memuliakan orang tua, dan membahagiakan saudara dan kerabat? Kadang kita sombong dengan apa yang baru kita miliki walaupun masih kecil. Ingat, sombong seberapapun itu dihitung sebagai sifat tidak terpuji. Jauh jauhilah sifat itu.

Faktor internal juga bisa dikaitkan dengan penyebab usaha sepi  hutang banyak yang masih berada di internal usaha,misal karyawan. Jika karyawan bahagia ditempat usaha anda, maka anda sudah benar memanusiakan karyawan anda, tapi jika belum segeralah perbaiki sikap pada karyawan2  kalian. Sebab karyawan yang tidak senang, akan berucap buruk pada usaha yang kita jalani.

#Faktor teknis

Kalau sudah menyangkut teknis berarti kalian harus belajar detail mengenai kompentensi bidang usaha kalian, dari produksi sampai pemasaran. Ada kalanya sifat manusia yang berpikir pendek membuat permasalah tambah rumit, padahal hal hal penyebab usaha sepi itu bersifat teknis. Artinya butuh daya kreatifitas yang perlu daya pikir panjang dan dalam. Sebab, usaha kita bukan satu satunya, artinya kita harus kreatif, inofatip dan terdepan dalam menciptakan produk dan pemasaran agar bisa bersaing.

Misal ni, kesalahan teknis era ini yang banyak terjadi adalah banyak yang mendirikan ruko dan mini market padahal ini adalah eradigital dimana semua bisa diakses dengan internet. Artinya tidak efektif mendirikan minimarket, selain saingan banyak, masyarakat mulai beralih dengan belanja online. Nah agar mampu bersaing, minimarket juga perlu dionlinekan agar bisa bersaing. Kalau tidak ya bisa sepi.

#Faktor eksternal

Walau jaman sudah maju tapi saya yakin masih banyak pemilik usaha yang memiliki pegangan berupa jimat atau sejenisnya agar usahanya kuat dan tahan lama. Tapi parahnya, jika ada orang yang menggunakan ilmu ghoib dalam meruntuhkan usaha orang lain, bisa saja itu terjadi pada usaha kita yang sedang kita jalani jik ada orang yang iri, sedangkan kita tak punya penangkal atau semacamnya.

Penangkal sejatinga adalah taat kepada Tuhan, Tuhan akan melindung semua hak hak kalian didunia. Tapi jika anda ikut ikutan dalam lingkaran setan bila kalian tak cukup kuat, bisa saja  kalian dibuat habis habisan oleh saingan atau orang yang iri pada kalian. Tapi tidak semua keterpurukan penyebabnya adalah hal hal semacam ini. Justru sebagian besar keterpurukan timbul karena tingkat keseriusan dalam usaha sangat kecil.

Dari uraian diatas bisa diambil kesimpulan untuk jawaban atau solusi usaha sepi hutang banyak adalah memperbaiki hubungan tuhan dan sesama manusia, meningkatkan daya kreatifitas layanan dan produk isaja dan harus bekerja sama dengan perusahaan lain serta bersaing dengan sehat. Saya tidak bisa menjawab secara khusus disini, sebab keluhan setiap orang berbeda beda dengan apa yang terjadi pada usahanya. Jadi ambil nilai hikmahnya saja ya, sekian. semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget