Home » , » Cara Membuka Usaha Kecil Kecilan Di Desa Agar Cepat Berkembang

Cara Membuka Usaha Kecil Kecilan Di Desa Agar Cepat Berkembang

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Friday, November 10, 2017

Bicara lagi soal desa, bukan saya kampungan atau katrok. Wajarlah saya hidup desa. Kau mau apa? Yang tidak wajarlah adalah ketika saya bicara soal ibukota dan kemacetannya. Sebelumnya saya juga menulis tentang peluang usaha di desa terpencil dan desa berkembang. Kedua artikel baru menjelaskan bagaimana menggali ide dan contoh usaha yan potensil dikembangkan di desa. Kali ini saya mungkin lebih fokus pada pengembangan salah satu contoh usaha yang sudah saya sebutkan dalam artikel sebelumnya. Lebih tepatnya fokus pada arahan bagaimana cara membuka usaha kecil kecilan di desa supaya laris.

Mungkin kalian yang menetap di desa sudah kenal dengan kondisi masyarakatnya, termasuk pada kondisi aktivitas pekerjaan dan peluang usaha. Semua kegiatan usaha yang ada tidak jauh jauh dari bidang usaha pertanian, peternakan dan perkebunan. Misal keluarga saya, dari ayah sampai udeg udeg siwur adalah petani. Selain bertani, juga memelihara atau angon ternak sebagai usaha sampingan. Tapi kebanyakan warga desa, termasuk keluarga saya memelihara ternak seperti sapi, kambiiing dan kerbau adalah tabungan. Tabungan yang bisa diambil kapan saja sewaktu butuh.


Mengenal Konsep Usaha Rakyat di Pedesaan yang berbasis kekeluargaan. Jangan terapkan lagi!


Umumnya usaha kecil kecilan di desa adalah usaha rakyat. Apa itu usaha rakyat? Usaha rakyat merupakan usaha skala kecil yang dilakukan oleh sendiri atau bersama keluarga dirumah. Hasil kegiatan usaha rakyat biasanya hanya cukup memenuhi kebutuhan sehari hari keluarga tersebut. Dari sisi perhitungan keuntungan, usaha rakyat menggunakan perhiutngan cash flow. Secara singkat cash flow berupa perhitungan ekonomi tanpa melibatkan tenaga kerja sendiri atau keluarga. Contoh usaha rakyat yang masih berjalan di desa adalah usaha pembuatan tempe, tahu, beternak dan aneka budidaya tanaman pangan seperti padi dan jagung.

Bagi yang benar benar ingin punya usaha paling laris di kampung atau desa, jangan ikuti konsep seperti di alinea sebelumnya. Ikutilah konsep modern bagaimana cara membuka usaha kecil kecilan di desa supaya sukses. Mungkin kalian bisa sejenak berpikir kenapa toko ritail modern (alfamart dan indomart) mampu menyusup ke desa dan mengalahkan toko kelontong disekitarnya. Apakah salah peraturan pemda? Apa karena kalah modal? Menurut saya itu bukan alasan utama penyebabnya. Alasannya pemilik toko kelontong tidak ikut memodernkan tokonya. Mungkin terlalu nyaman dengan keuntungan yang sudah didapat.

Jika belum puas dengan penjelasannya. Saya akan beri contoh usaha dalam skala besar. Misal Brand Ponsel Nokia dan Yahoo yang kalah oleh Google. Mereka kalah karena tidak kreatif lagi. Teknologi mereka usaha, tidak semodern waktu pada masa puncaknya. Mungkin kita akan kembali ke desa sudahkah smodern minimal seperti indomart? Sebagian sudah. Bagi yang belum usahakan segera memodernkan usahanya, minimal pada kreatifitas produk dan layanannya.

Cara Membuka Usaha Kecil Kecilan Di Desa Yang Minim Pesaing Agar Sukses

Ketika sudah memahami konsep usaha modern. Mulailah mencari inspirasi ide usaha di desa yang kiranya minim pesaing. Minim pesaing disini bukan belum ada, melainkan memodernkan yang sudah ada. Misalnya ketika sudah punya warung sembako, buatlah usaha sembako yang modern, dari penataan dan pengemasan produk. Kalian bisa mencontoh indomart. Atau mungkin ingin mempertahankan kekhasan desa boleh boleh saja.Asal Produk dan layanannya tetap modern.

Selain memodernkan usaha yang sudah ada. Kalian juga mempertimbangkan mana usaha yang bisa dimodernkan. Hal ini dikarenakan tidak semua usaha bisa dimodernkan. Sebab ada keterbatasan sarana produksi yang ada. Pilihlah jenis usaha didesa yang mudah dimodifikasi. Jika bingung akan saya berikan tiga contoh dan cara membuka usaha kecil kecilan didesa biar sukses di masa yang akan datang.

Usaha Ternak Sapi Berbasis Penggemukan

Seperti sudah saya jelaskan sebelumnya diawal artikel bahwa umumnya warga desa beternak sapi berbasis tabungan. Adapun masih usaha sampingan, belum pokok. Lho kenapa bisnis ternak sapi? Tahu kan berapa harga daging sapi saat ini? Ya, sampai seratus ribu per kilo. Tentu tidak cocok dengan ternak sapi berbasis tabungan. Lebih cocoknya adalah usaha penggemukan sapi potong. Mekanismenya sederhana, pelihara sapi kemudian buatlah gemuk dalam waktu cepat.
 Cara Membuka Usaha Kecil Kecilan Di Desa - usaha ternak sapi potong
 Cara Membuka Usaha Kecil Kecilan Di Desa - usaha ternak sapi potong

Cara membuat sapi cepat gemuk tidaklah sama dengan pelihara sapi pada umumnya. Mungkin yang kalian pahami hanya dikasih rumput. Tapi pada usaha penggemukan bukan hanya rumput, bahkan porsi rumput sangat sedikit. Pada intinya dalam usaha sapi potong adalah di pakannya. Pakan berupa konsentrat yang mengandung gizi tinggi. Peluang ini bisa menjadi solusi bagi kalian yang ingin usaha kecil kecilan didesa.

Usaha Paving dan Batako

Mungkin sebelumnya era batu bata merah sangat banyak di desa. Tapi itu dulu bro. Sekarang umumnya mebangun sebuah bangunan menggunakan batako. Keuntungan batako adalah lebih keras dan tahan lama. Harganya pun tidak jauh berbeda. Ukuran batako dan rapi lebih besar sehingga lebih hemat dan hasilnya rapi memuaskan. Sebab itu masyarakat banyak beralih menggunakan batako sebagai bahan bangunan.
 Cara Membuka Usaha Kecil Kecilan Di Desa - usaha batako
 Cara Membuka Usaha Kecil Kecilan Di Desa - usaha batako dan paving

Hanya saja untuk membuat usaha batako dan paving membutuhkan lahan yang luas untuk pengeringan. Apalagi jika pengeringannya alami. Sangat cocok tentu jika dilakukan desa yang masih menyediakan lahan lahan kosong. Lbeih murah lagi. Mengenai rincian modal usaha. Silakan baca peluang usaha batako dan keuntungannya.

Agen Gas LPG dan Petamini Digital

Sekarang bukan musim lagi minyak tanah untuk penggunaan bahan bakar, melainkan menggunakan gas LPG. Karena didesa umumnya jauh dari distributor resmi sehingga masih ada kesempatan menjadi sub agen gas Lpg untuk menyalurkan gas LPG ke toko kelontong atau ke konsumen secara langsung. Anda bisa menjadi sub agen yang menyupai banyak konsumen

Cara Membuka Usaha Kecil Kecilan Di Desa selain gas lpg adalah bbm atau bensin untuk sepeda motor. Mungkin kitamasih banyak melihat bensin eceran. Kuno itu. Sekarang sudah ada pertamini digital. Apa keuntungannya? Pelayanannya jadi mudah, laris dan hitungan per liternya lebih akurat dibanidng bensin eceran. Sudah banyak yang mencobanya, kalian kapan? Peluangnya cukup besar lho mengingat jumlahpengguna sepeda motor semakin meningkat dari waktu ke waktu.


Usaha Repacking Makanan Tradisional (Pengemasan Produk)

Alasan produk lokal kalah dengan produk dari luar adalah kemasannya yang sangat sederhana. Jika mungkin anda punya produk lokal atau melihat usaha produk makanan yang belum dikemas dengan baik silakan jadikan usaha kecil kecilan didesa. Ketika sudah dikemas berbeda ceritanya. Sebelum dikemas mungkin hanya sampai pada pasar dan toko kelontong saja. Berbeda dengan dikemas dan ada izinnya. Anda bisa memasarkan di Indomart dan alfamart seluruh Indonesia. Luar biasa kan?

Jika kekurangan modal, anda bisa bekerja sama dengan alfamart. Sebab ada progam dari alfamart kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menegah dalam pengembangan usahanya, termasuk dalam pengemasan. Tapi syaratnya label produk menjadi nama mereka. Bukan brand produk anda. Nah cara lainnya anda bisa mengajukan pinjaman KUR jaminan di bank untu mengembangkan usaha kalian. Kredit Usaha Rakyat KUR adalah progam dari pemerintah untuK UMKM.

Baca : Kredit Usaha Rakyat: Pengertian dan cara mendapatkannya

Pilih Salah satu, Fokus Pada Pengembangan Usaha

Silakan pilih salah satu saja usaha kecil di desa sesuai dengan ketrampilan kalian. Jika modal belum terkumpul mulailah dengan paling minim modal. Fokus pada pengembangan produk dan layananya agar berbeda dengan yang lain, atau unik. Mungkin segitu saja dulu pembahasan mengenai cara membuka usaha kecil kecilan didesa. Selebihnya berjuanglah sampai usaha benar benar menghasilkan untung besar.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget