Home » » Peluang Usaha Toko Alat Pancing dan tips memulainya

Peluang Usaha Toko Alat Pancing dan tips memulainya

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Tuesday, November 7, 2017

Siapa suka mancing disini? Sebagian kalian pasti suka, tapi bukan mainin alat kencing ya. Mancing maksudnya disini mencari atau mendapatkan ikan dengan jalan alat pancing berupa kail, benang, joran dan kumbul. Pada kailnya kita beru umpan pancing dengan tujuan si ikan tertarik memakannya. Entah dapat atau tidak itu masalah kesabaran dan keberuntungan kita saat itu. Pada intinya kegiatan memancing bisa menghibur suasana hati dan menenangkan pikiran walau harus menghabiskan waktu berjam jam, bahkan seharian penuh. Bisa dikatakan memancing bisa mengabaikan istri dan anakmu ( walau tidak semuanya). Sayangnya ditengah ramainya hobi memancing, kadang kita terkendala dengan susahnya mendapatkan alat pancing dan aksesorisnya. Ada pun itu jauh. Kondisi seperti mungkin cocok buat kalian yang ingin usaha kecil kecil dengan membuka usaha toko alat pancing maupun jadi suplier alat pancing.

Usaha Toko Alat Pancing

Sekilas memang mendirikan toko alat pancing terdengar asing. Sebab peralatan sampai umpan pancing yang membutuhkan hanya komunitas hobi memancing. Namun jika kalian tahu komunitas atau masyarakat banyak yang hobi memancing itu tidak sedikit. Wajar kalau anda tidak hobi memancing. Bagi pemancing mania seperti saya dan kalian tentu paham jual peralatan pancing menguntungkan karena ada potensi laris dari pemaning mania. Umumnya pemancing mania adalah mereka yang suka mancing disela sela waktu senggang dan rutin. Ada juga karena tuntutan profesi dengan jalan memancing ikan kemudian hasilnya dijual. Semua butuh alat pancing. Semua butuh secara berkala kala mana rusak hilang atau buat cadangan.

Diluar hobi memancing, sebagian masyarakat Indonesia tentu memiliki hobi memancing baik menggunakan alat pancing modern atau tradisional. Terlebih kondisi alam Indonesia sangat mendukung. Indonesia memiliki lautan luas yang banyak mengandung aneka jenis ikan. Selain lautan, Indonesia juga kaya sungai sungai, danau, empang dan situ yang bisa menjadi destinasi memancing. Hal ini yang menyebabkan dunai pemancingan Indonesia tumbuh dengan baik. Peluang buka usaha toko alat pancing tentu tidak ada kendala pemasaran. Terlebih dunia internet semakin merambah ke semua tingkatan masyarakat. Kita bisa menjadikan bisnis toko alat pancing online yang siap memasarkan seluruh Indonesia.

Cara membuka usaha Toko Alat Pancing

Bagi kalian berminat memulai usaha toko pancing, kalian bisa membaca beberapa tips dibawah ini agar dalam pendiriannya tidak mengalami kendala. Dan kedepannya keuntungan jualan alat pancing bisa tinggi. Berikut penjelasanya:

Mengenal Dunia Memancing dan Kebutuhannya.

Sangat tidak pas, kalau kalian ingin jualan alat pancing tapi tidak mengenal dunia pemancingan dengan segala jenis kebutuhannya. Kalian harus mengenal siapa target konsumen. Sebab pemancing mania belum tentu menampakan diri. Kalian minimal harus tahukelompok/komunitas hobi mancing didaerah anda. Kemudian selain subjeknya. Kita harus mengenai objeknya, yakni kebutuhannya. Apa itu kebutuhannya  yakni alat pancing dan umpan pancing. 

Alat pancing terdiri atas :
  1. Nikelin : Nikelin atau kawat untuk mancing ikan bergigi tajam seperti barracuda, tenggiri, dll. 
  2. Kili-kili : Ada dua macam : kili-kili peniti dan kili-kili biasa.
  3. Timah : Timah / pemberat 
  4. Sabiki/ kotrek : Sabiki adalah rangkaian beberapa mata kail (minimal 5 kail) yang dibuat  menyerupai makanan ikan sehingga ikan dengan segera menyambar rangkaian pancing ini.
  5. Kail (Hook) : Mata kail
  6. Kenur (Lines) 
  7. Penggulung (Reel) 
  8. Joran (Rod)
  9. Pelampung :terbuat dari kayu, busa, gabus, fiber glass atau plastik
  10. Umpan : bisa berupa ramuan sampai umpan alam hidup ataupun mati. contoh ikan kecil, udang atau cumi-cumi.
  11. Gunting : alat memotong/mengguntin baik itu untuk umpan, kenur yang kusut, atau rangkaian mata kail yang rusak/kusut.

Membuat izin usaha toko alat pancing

Walau bentuk usaha mikro atau kecil kecilan, tetap saja izin usaha harus dibuat agar legal dan diakui oleh pemerintah setempat. Hal ini mengantisipasi pemberhentian sewaktu waktu kedepannanya dari pihak pemerintah. Fungsi lain dari izin usaha adalah bisa digunakan syarat untuk meminjam uang di bank. Jadi bila kalian bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat di Bank atau jenis pinjaman untuk modal usaha lainnya.

Mencari suplier Alat pancing yang lengkap

Langkah penting lainya dalam jualan peralatan pancing adalah mencari suplier yang menyediakan beragam perlatan pancing yang lengkap serta murah. Kalau tidak ada suplier darimana kita mendapatkan barang dagangan kita? Nah untuk itu carilah suplier alat pancing sebelum memantapkan mendirikan toko pancing. Sebab bisa menjadi pertimbangan utama ketika sulit mendapatkannya bisa karena jauh dan stok langka. Jika didaerah kalian tidak ada, mungkin kalian bisa memilih suplier toko online berikut: langgengpancing.com

Memilih Lokasi strategis untuk jualan

Dimanakah sebaiknya kita mmembuka toko alat pancing. Yang jelas bukan ditempat yang sepi. Buka toko harus di lokasi strategis. Dimana? Ditempat yang ramai dan dekat dengan tempat tempat umum tertentu sepertipinggir jalan, pasar umum/tradisional dan pantai serta lokasi dimana banyak pemancing. Saran saya baiknya mendirikan toko alat pancing di dekat pasar umum. Sebab selain bisa menjual kalian juga bisa menjadi suplier atau kulakan bagi toko toko kecil lainnya. Tapi pertimbangkan juga modalnya. Harga sewa lahan cukup mahal jika didaerah strategis.

Promosikan barang

Ketika sudah berdiri belum saatnya kalian diam dan tinggal menerima layanan konsumen. Agar konsumen banyak tentu harus melakukan promosi barang yang kalian jual. Cara efektif bisa menggunakan media sosial facebook, Wa di grup komunitas pancing. Selain lewat online, kalian bisa membuat papan nama sebagai indetitas sekaligus promo toko pancing. 

Jalani dengan Isrtiqomah

Tidak selalu apa yang kita kerjakan langsung membuahkan hasil. Ada kalany membutuhkan waktu cukup lama untuk menikmati hasilnya. Seperti halnya membuka toko pancing. Ada kalanya sepi ada kalanya ramai. Itulah jualan. Ada resiko dan keuntungannya. Jalani saja dengan istiqomah. Percayalah rezeki mengiringi orang yang selalu berusaha. Keep Spirit!

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget