Home » , , , » Rincian Modal Usaha Roti Bakar dan Tips Memulainya

Rincian Modal Usaha Roti Bakar dan Tips Memulainya

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Wednesday, November 1, 2017

Aktivitas pulang sekolah berangkat pagi pulang sore setiap hari membuat saya hafal sebagian usaha kaki lima di sepanjang jalan. Setiap sore sampai malam di jalan perkotaan, area kampus atau keramaian lainnya yang saya lalui, tentu ada hal yang menarik dan unik. Hal hal yang menyangkut soal usaha kaki lima yang berjejer rapi dipinggir jalan menawarkan berbagai kuliner siap saji. Dari sekian banyak usaha kecil di pinggir jalan. Saya heran betapa banyaknya para pelaku usaha roti bakar, apakah karena roti bakar enak? Atau usaha makanan ini menguntungkan?

Akhirnya saya membeli satu porsi roti bakar aneka rasa untuk menjawab rasa penasaran saya yang saban sore lewat. Kesan pertama saya menikmati roti bakar adalah enak. Selanjutnya adalah ketagihan. Saya akui memang enak. Bukan perkara saya masih muda, tetapi makanan ini juga cocok untuk dewasa. Terlebih makanan ini bisa menjadi pengganti makanan utama seperti nasi. Jadi cocok nih buat perantauan, mahasiswa atau anak sekolah yang ngirit.

Rincian Modal Usaha Roti Bakar
Rincian Modal Usaha Roti Bakar


Peluang Usaha Roti Bakar, bisa untuk bisnis sampingan

Bicara soal bisnis memang banyak faktor faktor non teknis di dalamnya. Apalagi soal usaha di bidang makanan yang menyangkut selera. Lidahlah yang punya kuasa. Namun seperti yang saya sudah uraikan diatas bahwa roti bakar rasa enak. Masalah elo gak suka itu seleramu yang beda. Nyatanya banyak pedagang yang jualan roti bakar untuk mendapatkan keuntungan. Artinya makanan ini adalah termasuk dalam kategori makanan laris, khususnya di Indonesia.

Usaha roti bakar memiliki potensi bisnis yang laku setiap hari baik dijadikan usaha pokok maupun sampingan. Jualan roti bakar bisa menjadi sumber penghasilan utama jika mendapatkan tempat strategis untuk berjualan. Kalian bisa mangkal dari habis ashar sampai malam di tempat keramaian. Tidak perlu keliling menjemput pelanggan. Sebab makanan ini juga banyak dicari konsumen.

Bisa juga dijadikan usaha sampingan. Bagi kalian mahasiswa, karyawan dan ibu ruah tangga bisa menjalnkan bisnis ini. Bisnis sangat mudah dan tidak ribet. Serta tidak memakan waktu berjualan terlalu lama. Seperti yang sudah utarakan sebelumnya. Jualan roti bakar bisa mulai dari sore sampai malam jam 9an. Paginya bisa untuk melakukan aktivitas kerja biasa.

Resep dan cara membuat Roti Bakar Rasa


Alat:
  • Treflon
  • Kompor
  • Cobek
  • Plastik kemasan
  • Alat pres
  • Label 
Bahan:
  • Roti Tawar
  • Margarin
  • Selai : Coklat, Stoberi, Nanas, Bluberi, Kacang, keju dll

Cara Pembuatan
  • Panaskan treflon (atau sejenisnya)
  • Oleskan margarine secukupnya ke dalam treflon secara merata
  • Potong roti jadi menjadi dua bagian
  • Oleskan selai pada salah satu bagian roti tawar sesuai dengan takaran. Kemudian tumpuk atau jadika saut lagi dengan bagian roti yang lain.
  • Oleskan margarine pada kedua sisi roti tawar sampai merata agar tidak gosong
  • Panggang roti pada treflon sampai kedua sisi bewarna kecoklatan (Jangan kelamaan).
  • Setelah roti bakar rasa matang, tiriskan kemudian masukkan dalam kemasan
  • Pres menggunakan alat pres agar lebih gurih

Rincian Biaya Modal Usaha Roti Bakar


1. Biaya Modal Produksi (variable)

a. Pembelian bahan baku :

1. Roti Tawar : Rp. 1000.000

2. Margarin : Rp. 300.000

3. Selai :

-Coklat : Rp. 200.000

-Stoberi : Rp. 200.000

-Nanas : Rp. 200.000

-Bluberi : Rp. 200.000

-Kacang : Rp. 200.000


b. Pembelian Alat :

1. Treflon : Rp. 200.000

2. Kompor : Rp. 400.000

3. Cobek : Rp. 50.000


c. Biaya Operasional (tetap)

1. Gaji karyawan : Rp. 1000.000

2. Biaya Listrik dan Gas : Rp. 300.000

d. Rekapitulasi Biaya

1. Biaya Promosi : Rp. 200.000

2. Biaya Modal Awal : Rp. 2.950.000

3. Biaya Operasional : Rp. 1.300.000

Total Pengeluaran : Rp. 4.450.000

Pendapatan

Pendapatan roti sangat tepengaruh dari lokasi, rasa dan promosi. Jadi kita asumsikan saja pendapatan per hari 50 roti x Rp. 5000,- = Rp. 250.000,-

Keuntungan 1 roti adalah Rp. 2000

Pendapatan Keseluruhan selama 30 hari : 30 x 50 x 2.000 = Rp. 3.000.000

Tips Memulai usaha Roti Bakar


  1. Tahap awal yang membangun usaha roti bakar adalah dengan melakukan promosi melalui media sosial seperti fb, bbm, instagram dan lain lain. 
  2. Kerja sama stok bahan roti bakar agar selama proses usaha tidak kesulitan mendapatkannya. Usahakan si suplier bisa langsung mengantarkan bahan bahan operasional tersebut.
  3. Menambahkan pilihan rasa lebiih lengkap dibandingkan pesaing sesama penjual roti bakar. Ada kalanya konsnumen bosan denganr rasa rasa itu saja. Jadi kalian bisa riset sendiri mengenai rasa baru apa yang pas untuk roti bakar. Misal rasa buah buahan
  4. Jika untuk usaha pokok. Sebaikya mendirikan usaha cabang di beda tempat agar penghasilan semakin maksimal. 
  5. Mencari lokasi lokasi yang strategis untuk berjualan. Tidak hanya satu tempat melainkan beberapa tempat sebagai pengganti alternatif jika suatu tempat lagi sepi. Misal tempat utama didepan kampus, namun karena musim libur penjualan menurun. Untuk itu bisa langsung pindah, tanpa harus bingung mencari tempat dadakan.
  6. Melayani antar pesanan ke tempat tempat yang dekat dan pesanan dalam jumlah banyak.
  7. Kemasan yang menarik. Rasa boleh enak, tapi kalau kemasan asal asalan membuat
  8. Konsisten terhadap usahanya baik pada rasa dan kegiatan yang menyangkut usaha roti bakar

Kendala usaha yang perlu diperhatikan

Selama musim hujan saya rasa semua bisnis kaki lima dibidang makanan akan mengalami penjualan yang menurun. Sebab usaha roti bakar umumnya hanya dengan gerobak, tidak ada tempat berteduh untuk konsumen. Solusinya adalah carilah tempat yang nyaman untuk berjualan saat musim hujan.

Banyaknya pesaing menjadi kendala lain dalam usaha roti bakar ini. Sebab bukan hanya karena rasa saja pengaruhnya, tapi masalah kepercayaan dan lokasi yang kalah startegis. Pikirkan ini dalam dalam sebelum terjun jualan roti bakar atau kamu kalah bersaing.

Jalani saja, tetap istiqomah


Kalau sudah jalannya menjadi pedagang roti bakar dan mendapatkan rezeki dari roti. Sebaiknya jalani saja dengan istiqomah. Masalah berapa rezeki yang datang itu urusannya pemberi rezeki. Intinya selama kita usaha, rezeki akan datang mengirinya.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget