Home » , , » 5 Ide Usaha Makanan Unik dan Kreatif, Anti Mainstream Banget!

5 Ide Usaha Makanan Unik dan Kreatif, Anti Mainstream Banget!

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Sunday, November 12, 2017

Memulai usaha makanan jaman now tidaklah segampang dulu, ketika makanan diberi bumbu asin saja sudah laku. Sekarang butuh ide ekstra membuat makanan biasa biasa saja menjadi unik dan menarik agar laku dijual. Bukan kurang kerjaan apa gimana, menghasilkan makanan yang enak dan lezat adalah tugas wajib bagi pemilik usaha kuliner zaman ini. Ketika produk makanananya tidak inovativ maka kemungkinan besar produk akan ketinggalan jaman dan pasti tersaingi oleh pebisnis lainnya. Selain itu perkembangan zaman membuat trend makanan berubah ubah. Otomatis harus mengikutinya. Bagi bagi pemula yang baru memasuki di bidang kuliner, saya sarankan untuk membuka usaha makanan unik dan kreatif , kalau bisa yang anti-mainstream agar mampu bersaing.

Ada banyak ide usaha makanan yang bisa dimodifikasi atau kita kembangkan menjadi makanan makanan yang jarang ada. Kita bisa mengembangkan dari segi rasa, kemasan, bentuk dan penggunaan bahan. Dari makanan yang tadinya satu rasa menjadi aneka rasa. Dari makanan yang bentuknya kota jadi bulet atau dari makanan yang belum dikemas rapi kita kemas rapi dengan bentuk menarik. Walau secara gambaran mudah, namun kadang ide ide kreatif membuat makanan tidak selalu muncul dalam pikiran sehingga menghambat perkembangan usaha. Karena mereasa terpojok, pada akhirnya meniru yang sudah ada tanpa ada perubahan.

Bagi yang kebingunan menciptakan usaha makanan unik dan kreatif mungkin kalian bisa melihat contoh yang sebenarnya biasa biasa saja namun unik. Seperti saya utarakan sebelumnya, sebuah makanan bisa saja berubah jadi menarik ketika diubah baik dari segi kemasan, bentuk dan rasa. Lihat contohnya dibawah ini:

Contoh 5 Ide Usaha Makanan Unik dan Kreatif, Anti Mainstream Banget!

1 Sego Kepel


Mungkin kita biasa makan nasi setiap harinya. Tapi beda dengan sego kepel. Sego yang berarti nasi dan kepel adalah dipress layaknya ketupat. Kemudian didalam kepel nasi tersebut terdapat lauk enak seperti ayam bakar, ayam goreng, dll. Mungkin hampir sama dengan nasi kotak, namun sego kepel dipadatkan. Perbedaan lainnya nasi biasaya dikasih bumbu. Jadi tidak hanya berupa nasi putih saja. Keuntungan sego kepel adalah praktis. Distribusinya mudah, karena tidak bakal tumpah seperti nasi kotak. 
Usaha Makanan Unik dan Kreatif
sego kepel- Usaha Makanan Unik dan Kreatif


Sego kepel sangat cocok bagi kalian yang berpergian jauh tapi ingin bawa bekal nasi. Anda bisa bel sego kepel. Atau bagi kalian yang sibuk ga bisa masak, sego bisa menjadi pilihan untuk bekal sekolah, kuliah atau kerja. Usaha makanan unik dan kreatif ini mungkin bisa kalian coba di lingkung kalian, sebab jenis makanan ini belum banyak dijual. Kalian juga bisa mengembangkan dari segi rasa dan menu laukya.

2. Sayur Kemasan Instan

Banyak ibu ibu suka rempong nyari belanjaan, terutama sayuran yang harus dimasak. Sebab jenis masakana yang ingin dibuat memerlukan beberapa makanan dan kadang salah satunya sullit didapatkan. Akhirnya bahan tidak lengkap. Dari situsi ini, kalian bisa mengambil peluang usaha makanan unik dan kreatif dengan mengemas sayuran siap masak untuk jenis masakan tertentu. Misal paket sayur asem lengkap kemasan.

Usaha Makanan Unik dan Kreatif
Usaha Makanan Unik dan Kreatif

Mungkin sebelumnya sudah ada kemasan sayur segar dipasar, namun jangka waktu produk tidak terlalu lama. Maka solusinya sayuran segar harus dikemas dalam keadaan beku dan kering. Dengan kemasan yang tahan lama, kalian bisa memasarkanya di supermarket, dan toko ritel modern seperti alfa dan indomart sehingga pemasarannya luas.

3. Permen daging

Jenis makanan unik satu ini adalah paling anti-mainsream, yakni permen daging. Umumnya permen yang campuran susu, gulu dan rasa buah. Nah beda dengan produk ini yang mencampurkan daging sapi kedalam bahan permen. Mungkin asing bagi kalian, namun produk ini sudah ada di salah satu kampus di Purwokerto yang merupakan produk kuliner mahasiswa.

Produk permen daging masih sangat jarang dibuat dan dipasarkan. Namun kondisi sekarang ini ketika produk makanan unik bisa saja menjadi viral dan bisa menarik pelanggan secara Cuma Cuma. Mungkin kalian bisa mencobanya, namun untuk informasi cara membuatnya akan saya posting di artikel lainnya.

4. Kopi bubuk Gula Aren

Umumnya kopi kemasan bubuk menggunakan gula pasar, namun ada beberapa produk kopi bubuk menggunakan gula aren bubuk. Kelebihan menggunakan gula aren bubuk adalah kopi lebih nikamt, karena rasa gulanya adalah gula asli. Dari sisi rasa rasa kopi menjadi seperti kopi susu yang ada creaminya. Pokoknya lebih enak. Kemudian dari sisi warna terlihat coklat, tidak hitam.
kopi gula aren- usaha makanan unik dan kreatif

Kopi aren dikemas dalam bentuk kemasan siap saji, layaknya kopi good day. Sebab umumnya sekarang orang ngopi siap seduh dan ukuran sudah pas. Potensi usaha kopi gula arena kemungkina bisa go nasional. Kalian bisa kerja sama dengan alfamart untuk memasarkan produk kopinya. Atau mudahnya anda bisa menjual ditoko toko online seperti tokopedia, bukalapak dan shope.

5. Mie Baja

Ketika lagi ramai ramai mi lidie yang lagi viral mungkin kalian bisa mencoba mie baja dengan uuran besar. Bukan aneh. Tapi kita harus memulai usaha makanan unik dan kreatif agar mampun menguasai pasar. Kalau mi lidi kan mainstream. Sudah banyak variasi rasa dan kemasan. Sedangkan mie baja adalah bentuk besar dari mi lidi yang belum ada yang membuatnya. Mungkin kalian disini calonnya. Karena saya sendiri belum pernah mencobanya atau menemukannya. Tapi ini sebuah penawaaran bagi kalians sedang kebingungan mencari ide usaha kecil kecilan dibidang kuliner.

Kembangkan Lagi, Jangan Terpaku oleh contoh

Masih banyak yang bisa dikembangkan untuk menciptakan peluang usaha makanan unik dan kreatif yang menjanjikan. Ada banyak bahan, ada banyak contoh yang bisa kalian di modifikasi. Tapi saransaya jangan terpaku pada contoh. Sekalipun ingin mencoba setidaknya ada segi perubahan yang bisa memunculkan sifat khas dari produk yang kalian jual. Sekian, semoga usahanya lancari.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget