Home » , , , , , , , » 7 Usaha Ternak Menguntungkan Modal Kecil di Lahan Sempit, Tapi Hasil Melimpah

7 Usaha Ternak Menguntungkan Modal Kecil di Lahan Sempit, Tapi Hasil Melimpah

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Thursday, January 25, 2018

Peluang usaha ternak masih menjadi salah satu pilihan kalangan masyarakat sebagai usaha rumahan modal kecil yang menguntungkan baik sebagai usaha sampingan skala menengah atau hanya sekedar menjadi hewan peliharaan untuk memanfaatkan lahan sempit di rumah. Terlebih lagi pakannya dengan memanfaatkan limbah organik sebagai pakan alternatif, tentu menjadikan usaha ternak menguntungkan modal kecil di lahan sempit tapi hasilnya melimpah.

Kalangan masyarakat pedesaan masih menganggap beternak sebagai usaha yang menjanjikan di masa depan atau istilah gampangnya sebagai tabungan, utamanya ternak besar seperti sapi, kerbau, kambing dan domba. Kalau ternak kecil seperti ayam dan bebek lebih ke untuk mnghabiskan sisa makanan dan dipelihara seadanya dibelakang rumah. Jumlah yang dipeliharanya pun masih sdikit, satu dua ekor, kalau sudah banyak mipil dijual.

Usaha ternak hobi atau produksi, mana yang paling menguntungkan?


Lain lagi bagi di kalangan penghobi ternak, ternak mnjadi peliharaan yang kadang lebih istimewa jika dibandingkan anak dan istri sendiri, hehe. Rupiah dalam jumlah banyak dikeluarkan untuk biaya perawatan si hewan tersebut, namun ada kalanya penghobi itu untung, karena jika peliharaan itu bagus ada yang berani membeli jutaan rupiah. Bukankah begitu ?

Entah kamu di kalangan yang mana atau posisi anda dimana ntah karyawan, ibu rumah tangga, mahasiswa dan pengangguran, usaha ternak bisa dijadikan usaha pokok dan sampingan, mengingat, goal sebagian usaha peternakan baik skala kecil atau perusahaan berbadan hukum adalah menyediakan makanan manusia berupa daging, telur dan susu. Semua produk ternak tersebut dibutuhkan oleh manusia Jadi selama ada manusia, usaha ternak masih menguntungkan. Iya kan BOS? (versi jarwo).

Kalau pilih hobi atau produksi, lebih baik pilih saja mana yang kira kira bisa menjadi usaha ternak menguntungkan modal kecil di lahan sempit tapi hasilnya melimpah. hehe. Semua ada kriteria tentunya, namun sebelum melihat contoh ternak yang cocok. Alangkah baiknya mengenal keuntungan dan kerugian usaha ternak.

Keuntungan dan kerugian usaha ternak


Apapun usahanya pasti memiliki keuntungan dan resikonya, seperti halnya beternak. Banyak sekali pilihan jenis aneka ternak yang memiliki jual tinggi, dapat dipelihara dalam waktu singkat, mudah prawatannya. Anda bisa beternak sapi, kambing, domba, bebek, ayam lele, burung dan aneka ternak lainnya yang masih jarang seperti jangkrik, cacing tanah dan bekicot.

Resiko beternak adalah menyediakan pakan setiap waktu terlebih jika anda memelihara secara intensif atau terkurung, anda harus menyediakan pakan, merawat, membersihkan kandang dan mengobati jika sakit. Dan paling besar rsikonya adalah menydiakan pakan dimana pakan belum tentu tersdia di alam , jadi terpaksa kita harus memblinya, sekalipun ada di alam belum tntu anda memiliki waktu yang cukup.

Jadi begitu pertimbangannya, jika anda ingin memulai usaha beternak. Ada keuntungan dan ada resikonya, silahkan direnungkan, karena ini menyangkut makhluk hidup yang bisa saja mati jika anda tidak konsisten dalam merawatnya. Kalau memang sudah yakin, kita akan lanjut ke jenis ternak yang bisa dipelihara mudah untuk pemula dengan modal kecil, rekomendasiini adalah sebagai pemblajaran dulu yang mana sebagai prtimbangan belum memiliki pngalaman dalam beternak.

Berikut jenis Usaha Ternak Menguntungkan Modal Kecil di Lahan Sempit


7.Beternak Ayam Kampung Super

Ayam kampung super adalah ayam kampung SUdah PERsilangan. Ayam ini juga disebut dengan joper ( jowo super). Ayam ini diciptakan guna menjawab konsumen yang mulai meninggalkan ayam broiler dan memilih ayam kampung, dengan begitu terciptalah ras kampung super sebagai ras pedaging atau ayam yang diepihara untuk diambil dagingnya. Pemeliharaannya sama seperti ayam broiler, hanya saja pmeliharaanya lebih lama, yakni 2 bulan. Namun secara harga daging, lebih mahalan ayam kampung super dan cnderung stabil dan biaya pakan lebih murah. Mungkin jika sudah bosan dengan ayam broiler bisa pilih jenis usaha ternak menguntungkan modal kecil ini.

6. Usaha ternak bebek Petelur


 Usaha Ternak Menguntungkan Modal Kecil di Lahan Sempit, Tapi Hasil Melimpah
 Usaha Ternak bebek telur Menguntungkan Modal Kecil di Lahan Sempit, Tapi Hasil Melimpah
Usaha yang simpel di bidang peternakan adalah usaha bebek petelur, anda cukup membuat kletekan (kandang bebek terbuka) kemudian anda isi bebek 1oo ekor. Anda mmeberi pakan, kmeudian keluar tlurnya. Jadi simpel kan? Pembrian pakannya lebih mudah dan murah jika dibandingkan ayam pedaging, karena bebek lebih rakus, sekalipun makannya banyak dan bisa diakali dengan pakan yang murah tanpa harus menganggu produkssi. Gol usaha ini adalah telur bebek mentah. Adapun yang dilanjutkan dengan membuat telur asin yang mana keuntungan menjadi dua kali lipat.


5. Ternak Lele

Usaha ternak lele pernah menjadi trend usaha ternak menguntungkan modal kecil di lahan sempit yang mana ternak lele dijalankan dengan media kolam terpal plastik dan drum bekas. Karena dianggap mudah, murah dan menguntungkan usaha ini menjamur masyarakat, seiring permintaan kebutuhan akan ikan lele meningkat untuk menyuplai warung makan, warung tenda kaki lima lele lamongan yang juga ikut menjamur dipenjuru kota di jawa, bahkan luar jawa.

4. Usaha ternak burung

Walaupun masih tergolong hoby, karena bukan sebagai kebutuhan pokok manusia, ternak burung menjadi pilihan menaarik sebagai usaha sampingan, apalagi jika memang anda dari penyuka burung kicau, tentu akan menjadi lebih mudah, karena didukung rasa cinta dan pengalaman dalam beternak burung. Banyak aneka jenis ternak burung yang bisa anda pelihara seperti lovebird, kenari, jalak, murai, pleci adn jenis lainnya.

3. Ternak Jangkrik

Jangkrik kok diplihara? Haha mungkin anda akan bertanya apa gunanya. Ini adalah imbas dari boominya ternak burung kicau yang mana jangkrik sebagai salah satu makanan favorite burung kicau. Jadi tidak salah jika didaerah anda banyak yang memelihara burung kicau, anda bisa mencoba ternak jangkrik untuk pakan burung. Pemeliharaany mudah dan biayanya murah, namun menguntungkan dalam waktu singkat.

2. Ternak kroto atau semut rangrang

Lagi lagi, ini imbas burung kicau. Pada mulanya kroto bisa dicari di alam dengan midah, namun karena banyaknya pencari kroto dan pemintaan kroto sebagai paka urung meningkat ignifikan, ketersdiaan di alam menipis, kroto mulai dibudidayakan. Dan menjadi peluang usaha propektif saat ini. Pemeliharaannya tidak sulit, pakan mudah dan biaya murah karena bisa mengggunakan aneka media eperti toples dan galon. Bisa nih kan buat usaha ternak menguntungkan modal kecil?

1 Usaha ternak cacing tanah

Usaha Ternak Menguntungkan Modal Kecil di Lahan Sempit, Tapi Hasil Melimpah
Usaha Ternak cacing Tanah Menguntungkan Modal Kecil di Lahan Sempit, Tapi Hasil Melimpah
Usaha ini adalah usaha peternakan yang menguntungkan yang sedang saya jalani, ternak cacing lumbricus rebullus. Usaha ternak caciang memiliki tujuan guna menyuplai bibit ternak lainnya, bahan baku kosmetik dan obat obatan serta sebagai pakan ternak yang memiliki protein tinggi. Kalau kalian ingin tahu, usaha ini sangat gampang dan mudah, bisa ditinggal dalam waktu beberpa hari, pakannya tidak beli dan cepat panen. Harga cacing tanah bisa mencapai 50 ribu per kg lho. Lebih mahal dari telur susu dan ayam, mantep kan?

Pemeliharaanya selama 2-3 bulanan dan sudah menghasilkan 3 kali lipat jumlah bibit, ketika anda memelihara awal dengan jumlah 20 kg, anda bisa panen 60 kg dan anda bisa mendaatkan 3 kali lipat modal, wow tanpa mengeluarkan biaya pakan, keuntungan bersih karena pakanna menggunakan limah organik, seperti gedebog, jerami, sisa makanan, sampah, gedebog, ampas tahu dan limbah organik lainnya, tertarik?

Jadi mana usaha ternak menguntungkan modal kecil di lahan sempit yang hasilnya melimpah?


Saya rasa cukup sekian dan paham mengenai fokus bahasan ternak menguntungan modal kecil dengan hasil melimpah yang bisa dilahan sempit. Usaha bisa dijadikan usaha sampingan pokok maupun sampingan memanfaatkan lahan sempit untuk tempat usahanya. Pastikan yang kalian pilih adalah yang sudah pernah memeliharanya. Sebab ternak juga butuh relasi dengan peternaknya agar ada romantisme, bukan hanya sekedar ternak itu sehat.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget