Home » , » Cara Menjodohkan Lovebird Beda Umur Secara Paksa

Cara Menjodohkan Lovebird Beda Umur Secara Paksa

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Saturday, February 17, 2018

cara menjodohkan lovebird
cara menjodohkan lovebird
Adakalanya wanita pilihan kita ditolak mentah mentah orang tua, karena orang tua sudah menjodohkan kita dengan anak temannya. Bisa dikatakan mereka menjodohkan kita secara paksa, apalagi beda umur, beda pandangan dll. Tapi apa daya kita sebagai anak, hanya bisa patuh dan berbakti kepada orang tua. Suatu saat nanti jika jodoh pasti akan dipertahankan. Begitu juga burung lovebird. Ketika mau menjodohkan  atau memasangkan lovebird satu dengan lain, kadang tidak cocok. Bisa karena beda warna, beda umur atau karena galak/liar. Sehingga tidak bertelur telur atau tidak kawin kawin. Iya kalau punya modal bisa beli lagi. Jika hanya sepasang? Tentu kita harus berlaku seperti orang tua yang menjodohkan secara paksa. Hanya saja cara menjodohkan lovebird beda umur secara paksa beda dengan mengawinkan lovebird secara alami. Butuh tips kusus supaya cepat jodoh.

Menjodohkan burung lovebird kesayangan kita memang tidak hanya memandang bibit, bebet dan bobot (kualitas) masing masing lovebird yang akan dijodohkan. Kita perlu juga memastikan antara kedua lovebird saling ada ketertarikan. Seperti halnya cinta yang tidak mengenal apapun kecuali rasa cinta sendiri. Paarahnya, sebagian besar lovebird mania tak peduli pada hal ini, akibatnya burung lovebirdnya tak kawin dan tidak menghasilkan keturunan. Walau sudah dijodohkan secara paksa namun tidak ada perubahan. Oleh sebab itu peternak itu rugi sendiri. Padahal kita bisa melihat ciri ciri lovebird berjodoh dengan tingkal lakunya yang saling tertarik. Jika memang tidak ada baru kita menjodohkan paksa lovebird tersebut aatau mengganti pasangannya.

2 Cara Menjodohkan Lovebird Yang Umum dilakukan


Ada dua cara menjodohkan lovebird baik beda umur, beda warna maupun beda jenis. Semua sama saja, jika ada ketertarika pasti kita akan mudah menjodohkannya dalam satu kandang. Dua cara tersebut yakni cara menjodohkan ternak lovebird di kandang koloni dan kandang gantung/pasangan. Sebelum mengjodohkan pastikan lovebird kalian sudah dewasa, atau minimal 8 bulan, sehat dan tidak cacat.


1. Cara Menjdodohkan Lovebird di Kandang Koloni

Tips Perjodohan lovebird di kandang koloni adalah cara menjodohkan loevbird secara alami. Cara ini adalah cara paling ampuh dan mudah, sebab tanpa paksaan apapun burung lovebird akan mencari pasangannya sendiri di kandang dengan beberapa lovebird betina yang telah disediakan. Bisa dikatakan tidak ada campur tangan penangkar. Hanya saja perlu diperhatikan jika melakukan cara ini, yakni harus menyediakan beberapa betina yang unggul yang berbeda beda (secara kualitas masing masing), perbandingan jantan dan betina dan menyediakan kandang koloni yang besar sehingga bisa menampung beberapa pasang lovebird. Berikut langkah langkah dalam perjodohan loevbird alami :

Langkah menjodohkan :

  1. Siapkan beberapa jenis lovebird betina. Misal lovebird lutino, albino, blorok ataupun lainnya. Sebelumnya sudah diseleksi secara kualitasnya dulu. Usahakan dalam satu kandang hanya ada satu pejantan. Sebab bisa saja bertengkar rebutan kandang.
  2. Perbandingan antara pejantan dan betina seimbang 1:3 maksimal 1:5. Intinya jangan terlalu banyak agar tidak bingung milih yang mana.
  3. Biarkan selama beberapa hari atau cukup satu malam jika sudah menunjukana tanda tanda tanda berjodoh. Tanda berjodoh itu seperti manusia, selalu berdekatan, pisah dengan loevbird lainnya (pasangan), kemudian ihik ihik (kawin).
  4. jika anda sudah memlihat ada sepasang lovebird yang telah berjodoh, maka pisahkan dalam kadang berbeda saat malam hari ke kandang ternak soliter (kandang khusus sepasang).

2. Menjodohkan lovebird dalam kandang soliter

Kalau memang kalian hanya ternak sepasang,kalian cukup dengan cara menjodohkan lovebird satu kandang atau dalam beda kandag yang berbeda. Siapkanlah lovebird jantang betina yang  kalian punya. Usahakan pisahkan dalam kadang berbeda namun tetap berdekatan. Lakukan beberapa hari atau sampai ada tanda tanda berjodoh. Jika sudah berjodoh tinggal masukan dalam satu kadang. Jika memang jodoh tidak lama akan ihikihik. Kemudian tidak lama akan bertelur. Pokoknya mudah jika memang berjdoh. Lalu bagaimana jika langkahini tidak atau belum jodoh?

3. Cara Menjodohkan Lovebird secara paksa

Cara menjodohkan lovebird secara paksa hanya bisa dilakukan ketika cara alami tidak bisa dilakukan atau belum ada tanda tanda berjodoh. Cara pemaksaan ini berbeda beda, tergantung situasi dan kondisi peternak. Perlu kalian ketahui jika ingin menjodohkan secara paksa harus paham filososfi 'senasib sepenanggungan' . Ambil contoh ketika menjodohkan merpati dalam besek? atau wadah tertutup? Terus apakah sama ketika menjodohan lovebird secara paksa? tidak mesti. Jika burung galak tidak direkomendasikan. Sebab bisa bertarung. Lalu bagaimana? masukan pasangan tersebut dalam satu kadang, namun disekat dalam ruang berbeda. Kemudian diletakan dalam ruang gelap atau ditutup kain yang tidak mencolok. Ketika sudah ada tanda jodoh, lepaskan sekat kandang.

Pilih Cara Menjodohkan Lovebird Sesuai Kandang

Begitulah cara menjodohkan lovebird sesuai dengan kadang atau situasi dan kondisi. Lakukan secara alami dulu baru lakukan secara paksa jika memang belum berjodoh sehingga tidak ada stress pada salah satu lovebird. Sekian, semoga bermanfaat

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget