Home » , » Lovebird Mabung atau Nyulam? Ini 5 Cara Sehat Perawatannya

Lovebird Mabung atau Nyulam? Ini 5 Cara Sehat Perawatannya

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Saturday, February 24, 2018

Burung lovebird mabung atau nyulam? Tenang, mabung atau nyulam adalah gejala burung yang wajar. Semua jenis unggas mengalaminya dari ayam, bebek, merpati hingga burung lovebird mengalaminya. Mabung dalam bahasa ilmiah adalah molting. Mouting adalah proses bergantinya bulu tua secara periodik diganti dengan bulu baru atau muda. Frekuensi mabung secara alami terjadi setahun sekali atau lebih dan dalam setahun bisa dua kali untuk jenis burung tertentu. Jadi kalian sebagai peternak pemula tidak susah bingung bagaimana cara perawatan lovebird yang bulunya rontok. Sebab hal tersebut adalah gejala alami. Kalian hanya perlu mengkondisikan burung lovebird istriahat sampai bulunya tumbuh kembali sampas tuntas.

Pengkondisian lovebird mabung ini sangat penting. Walau dibilang sepele namun kadang peternak mengabaikannya sehingga proses mabung menjadi lebih lama. Umumnya peternak tidak memperdulikan mau mabung apa tidak karena sudah menganggapnya sudah biasa, begitu juga ada peternak yang sangat khawatir. Sebenarnya cukup diistirihatakan saja di dalam ruangan, dalam jangka waktu 2 bulan proses mabung sudah selesai. Namun hal tersebut sangat menyita waktu apabila lovebird lagi pada masa kejayaannya (sering ikut kontes dan menang). Untukmempercepatnya, maka perlu perawatan lovebird mabung secara khusus agar cepat selesai. 
Lovebird Mabung atau Nyulam, molting
Lovebird Mabung atau Nyulam

Pertama kali lovebird mabung atau nyulam adalah umur 5-7 bulan, dan lama lovebird mabung selama 2-3 bulan tergantung dari penanganan. Dalam dunai breeder atau penangkaran modern, molting sering digunakan untuk mempercepat lovebird masuk dalam bertelur. Gampangannya agar lovebird cepat bertelur salah satu caranya adalah melakukan force molting atau molting buatan. Maksud force molting sendiri adalah merontokkan bulu unggas sebelum masa waktunya. Tujuannya untuk mendapatkan masa peneluran kedua yang serasi. Tapi proses force molting tidak rekomendasikan untuk lovebird karena tujuan pemeliharanloevbird umumnya hobi bukan produksi telur atau anakan.


Perawatan Lovebird Mabung


Seperti saya singgung diawal, bahwa perawatan lovebird mabung memang sederhana, namun alangkah baiknya diperhatikan, sebab bisa jadi salah tindakan. Pengkondisian utama adalah loevbird harus instirahat dan fokus pad apertumbuhan bulu. Jangan diikutkan kontes atau segala tindakan yang menguras tenaga. Selama pengkondisian tersebut juga ada berikut beberapa tips merawat loevbird yang bulunya rontok.

  1. Beri makanan yang nutrisinya lengkap dan tinggi. Lovebird butuh nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan bulunya. Jika diberi makanan seperti biasanya kemungkinan akan lambat. Makanan lovebird mabung sebagai extra feeding adalah telur rebus. 
  2. Hindarkan peletakan loevbird didaerah yang terkena sinar matahari secara langsung. Mudahnya, ya Jangandi jemur dulu, karena saat lovebird mabung atau nyulam tidak membutuhkan asupan sinar. Justru tempat tempat yang agak lembab. 
  3. Selain tidak drekomendaskan dijemur, jika tidak boleh sering dimandikan. Cukup mandikan satu minggu sekali ketika sudah terlihat pertumbuhan bulu. Tidak direkomendasikan untuk dimandikan saat mabung belum selesai.
  4. Tidak boleh dilatih atau disuruh untuk berbunyi dulu. Berbunyi membutuhkan energi sedangkan saat mabung lovebird lebih fokus pada pertumbuhan bulu. 
  5. Jangan beri vitamin suplemen atau doping bunyi bunyian. Namun lebih suplemen untuk pertumbuhan bulu atau recovery tubuh agar mabung cepat selesai. 


Apakah jantan dan betina perlakuan sama?


Perawatan lovebird mabung atau nyulam baik jantan dan betina sama saja perawatannya. Tips tips merawat lovebird yang bulunya rontok diatas sudah cukup. Namun tips diaatas tidak multak bisa mempercepat proses mabung sebab genetik lovebird juga mempengaruhinya. Hal sering gagal dilakukan adalah sering menuntut loevbird berbunyi, sebab itu kebiasan kicau mania yang memang sulit dihilangkan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget