Home » , » Lovebird Mengeram Sering Keluar Glodok? Begini Cara Mengatasinya!

Lovebird Mengeram Sering Keluar Glodok? Begini Cara Mengatasinya!

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Saturday, February 24, 2018

Kenapa sih Lovebird Mengeram Sering Keluar Glodok? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Lovebird yang sedang mengeram keluar glodok adalah hal wajar, karena lovebird juga butuh makanan atau energi untuk mengeram. Atau memang karena memang temperatur didalam glodok tinggi sehingga lovebird sesekali keluar. Namun jika frekuensi keluar glodok sering, tentu ada hal hal tidak beres baik pada lovebird sendiri maupun kondisi kandang dan lingkungannya, terutama glodoknya. Jika terus terus lovebird keluar tentu akan berakibat fatal pada kondisi telur yang sedang dierami. Bisa bisa telur tidak menetas semua. 
 Lovebird Mengeram Sering Keluar Glodok
 Lovebird Mengeram Sering Keluar Glodok

Hal yang penulias amanti faktor penyebab kenapa lovebird sering keluar saat mengeram adalah karena terganggu oleh suara keras atau ramai. Berdasarkan pengalaman saat lovebird penulis mengeram juga sering keluar glodok karena adik dan teman adik bermain di sekitar kandang sehingga agak berisik. Namun setelah saya pindahkan ke belakang rumah, lovebird kembali mengeram dengan tenang. Tapi penyebabnya bukan itu saja. Masih banyak faktor lain yang kemungkinan bisa mengganggu saat mengeram.

Mengenali Faktor Lovebird mengeram sering keluar glodok dan mengatasinya


Ada beberapa faktor yang memang menjadi hal umum dalam permasalahan Lovebird Mengeram Sering Keluar Glodok. Tidak hanya pemula, master pun kadang mengalaminya. Jika memang tergangu karena ramai mungkin mengatasinya sangat mudah, tinggal memindahkan ditempat yang sepi. Tapi jika sudah dipindahkan tidak ada perubahan perlu analisa lebih dalam lagi. Bisa jadi faktor dibawah ini:

Diganggu Lovebird jantan yang sedang birahi


Hal yang sering terjadi pada kandang koloni adalah saat betina mengerami telurnya jantan yang birahi akan menganggu dan mengejar betina yang sedang mengeram. Akhirnya betina yang sedang mengeram keluar. Mengatasinya cukup memindahkan sementara lovebird jantan yang sedang birahi atau lebih efektinyanya dikawinkan dengan betina lainnya. Tidak mungkin memindahkan betinanya bersama telur telur yang sedang dierami. Sebab bisa mengakibatkan guncangan dan telur tidak menetas. Tidak hanya jantan, betinapun kadang mengganggu.


Temperatur glodok terlalu panas atau sempit


Seperti yang sudah saya singgung diawal paragraf, lovebird mengeram keluar glodok sesekali ketika suhu terlampau tinggi. Jika terus dierami akan mempengaruhi daya tetas telur. Hal ini terjadi saat musim kemarau dengan suhu siang yang sangat tinggi dan malam yang sangat dingin. Kemudian pastikan juga sirkulasi glodok lancar dan ukuran tidak terlalu sempit. Perhatikan juga bahan bahan untuk mengeram agar kelembaban juga terjaga sehingga lovebird tidak perlu keluar. Kalau memang faktor temperatur adalah kewajaran, namun jika soal teknik coba baca : Ukuran glodok lovebird yang ideal.


Lovebird stress


Karena lovebird stress maka tidak terlalu memikirkan telur telurnya. Stress diakibatkan karena faktor faktor seperti temperatur dan gangguan gangguan saat mengeram tidak segera diatas tidak diatasi secepatnya. Kalau sudah begini memang akan sulit untuk mengatasinya. Butuh waktu lovebird betina untuk tenang dan memberikan asupan nutrisi yang cukup. Cara mengatasi pada kandang koloni hanya cukup diberi skat atau glodog ditutup dan sesekali dibuka untuk lovebidr keluar untuk makan. Kalau sangkar gantung cukup diletakan pada tempat yang nyaman.


Apa ada pengaruh genetik atau keturunan?


Sebenarnya secara alamiah lovebid akan mengeram dengan sendrinya. Masalah lovebird mengeram sering keluar glodok adalah faktor ekternal dan teknis pemeliharaan. Justru jika ada kaitannya dengan kedewasaan lovebird. Lovebid yang pertama mengeram biasanya belum terbiasa atau belum berpengalaman sehingga masih sering untuk keluar. Atau juga sering keluar karena memang jumlah telur belum genap untuk ditetaskan. Silakan dicoba tips tipsnya, semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget