Home » , » Makanan Lovebird Saat Bertelur atau Mengeram Sampai Menetas

Makanan Lovebird Saat Bertelur atau Mengeram Sampai Menetas

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Saturday, February 24, 2018

Apa saja si makanan lovebird saat bertelur atau mengeram? Apakah berbeda ketika seperti biasanya? Pada umumnya pemberian pakan burung lovebird waktu bertelur adalah sama saja. Hanya saja karena kebutuhan asupan nutrisi saat bertelur, mengeram sampai melolohi anaknya maka bisa jadi jenis pakan yang diberikan berbeda. Pakan menjadi faktor penting saat bertelur karena telur yang dihasilkan sebagain besar adalah dari nutrisi pakan. Selain itu faktor perkawinan, genetik dan lingkungam. Namun pakan memberikan sumbangsih besar dalam kualitas telur yang dihasilkan. Jadi sebagai peternak perlu memilih makanan yang tepat saat lovebird bertelur sampai melolohi anakan.


Makanan Lovebird Saat Bertelur dan mengeram
Makanan Lovebird Saat Bertelur
Indikator makanan yang baik untuk lovebird yang sedang bertelur adalah makanan yang seimbang, terutama protein. Sebab 60% telur adalah susunan dari protein. Berbeda setelah lovebird betina sudah mulai mengeram, makan kebutuhan asupan nutrisinya berbeda. Betina hanya fokus pada mengeram, sedangkan mengeram membutuhkan energi yang tinggi. Jadi kebutuhannya sudah berbeda saat bertelur walau hanya berbeda beberapa hari saja. Saat mengeram harus lebih banyak makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Kemudian sampai pada melolohi anaknya juga berbeda, dimana peternak harus lebih memberikan extra feedding agar pakan seimbangmemenuhi kebutuhan induk sekaligus anakannya.

Daftar Makanan Lovebird saat bertelur dan mengeram


Jenis makanan lovebird saat bertelur mengeram sampaimenetas sudah diberikan inidkatornya diatas. Bahwasannya saat bertelur kebutuhannya berbeda ketika sudah mulai mengeram. Kerika saat bertelur lebih dibtuhakn protein, sedangkan saat mengeram membutuhkan karbohidrat. Namun selian hal tersebut tetap harus mempertimbangakan asupan lain agar seimbang. Jadi tidak harus jenis pakan yang diganti namun porsinya yang diganti. Misal begini. Kalian biasa memberikan canary seet dan milet 1:1. Saat bertelur porsinya berubah menjadi canary seet 2, miletnya 1 jadi 2:1. Namun ketika mengeram berbeda lagi bisa jadi ke porsi semula atau 2:3. Seperti itu, kalau mengganti makanan belum tentu mau, bisa malah strees.

Selain porsi ada juga jenis makanan yang bisa kalian gunakan untuk menambah variasi makanan. Dengan catatan tidak meneurunkan nafsu makan lovebird. Masa bertelur lovebird adalah sesuai jumlah telur yang dihasilkan. Jarak waktu bertelur dari pertama dan ke duanya adalah 26 jam, bisa dikatakan 1 hari lebih (itupun jika lancar) biasanya ada jeda 1 hari karena fungsi reproduksi relur maupun karen asupan nutrisi yang kurang. Sedangkan masa mengeram lovebird sampai menetas selama 21 hari(tergantung jumlah telur yang ditetaskan dan temperatur lingkungan). Jadi selama masa masa tersebut kalian harus memperlakukan lovebird seperti porsi makan diatas atau penambahan pakan lainnya yang sesuai.

Berikut daftar makanan lovebird saat berelur:

· Jagung muda: sumber energi

· Sayuran : vitamin

· Telur, kacang kacangan : sumber protein

· Garam : mineral

Makanan yang harus dihindari saat mengeram adalah makanan yang mengandung protein tinggi. Sebab kelebihan protein bisa memacu birahi baik si induk betina maupun jantan. Kalau jantan lovebird birahi tentu akan menganggu betina saat mengeram. Hal tersebut menimbulkan masalah loverbird mengeram sering keluar glodok. Ini menjadi masalah klasik bagi para breeder yang patut untuk diperhatikan supaya jangan memberikan suplemen tambahan atau apapun ketika mengeram. Apalagi diberiakn vitamin bbunyi bunyian. Bisa bisa tidak mau mengeram dan telur tidak menetas.

Jadi menggunakan ubah porsi atau jenis pakan


Dari uraiandiatas ada dua cara memberikan makanan lovebird saat bertelur dan mengeram, yakni mengubah porsi makanan yang sudah ada, dan meambah jenis makanan lain untuk memenuhi kebutuhan yang kurang. Keduanya baik dilakukan, namun harus menyesuaikan kondisi lovebird. Ketika dalam pergantian makanan , lovebird doyan dan tidak ada pengaruh perilaku. Kalian bsia menambahkan jenis makanan lain. Namun jika belum berani silakan ubah porsinya saja. Begitu.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget