Home » , » Ukuran Glodok Lovebird Yang Ideal, Tepat dan 30% Lebih Produktif

Ukuran Glodok Lovebird Yang Ideal, Tepat dan 30% Lebih Produktif

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Tuesday, February 20, 2018

Tidak jarang peternak atau kicaumania menanyakan berapa ukuran glodok lovebird yang ideal untuk digunakan dalam kandangnya. Padahal besar kecil ukuran box atau kotak sarang burung lovebird sangat tergantung dengan ukuran dan jenis kadang yang digunakan. Walau tidak terlalu penting dalam penghobi burung, namun glodok yang ideal dan tepat sangat penting untuk para penangkar pemula. Sebab glodok yang ideal dan nyaman akan mempengaruhi produksi lovebird sampai 20-30%. Jadi usahakan membuat kotak sarang bisa membuat loevbird nyaman, terutama ketika bertelur sampai merawat anak anaknya. Ukuran hanya salah satu faktornya saja, masih banyak faktor lain yang perlu diperhatikan.

Glodok umumnya dibuat dari kayu yang dibentuk sedemikian rupa agar nyaman untuk rumah burung lovebird. Di alam, lovebird membuat sarang dilubang pohon atau ranting pohon dengan bahan ranting kering dan dedaunan. Jadi sebisa mungkin ketika membuat glodok menyerupai sarrang aslinya. Dari segi ukuran, posisi, bentuk dan bahan bahan yang serupa. Tidak fokus saja pada ukurannya. Sebab ukuran apapun kalau memang lovebird nyaman pasti produksi nya tinggi. Selain itu juga mengacu pada fungsi glodok itu sendiri, yakni untuk mengeram, menetaskan, merawat anakan sampai tempat untuk pertumbuhan anakan lovebird.

Cara menentukan ukuran glodok lovebird, kenari, murai yang ideal agar produksi tinggi dan telur menetas semua
ukuran glodok lovebird

Tips Tips Acuan Untuk Membuat Glodok Yang Ideal dan nyaman.


Bagaimana cara membuat glodok yang nyaman dan betah ditinggali lovebird itulah yang kadang sulit. Sebab itu butuh beberapa indikator yang kadang sulit untuk ditemukan. Selain ukuran glodok lovebird Antara lain :


Ukuran glodok


Ada beberapa master atau suhu lovebird mengatakan bahwa Ukuran glodok lovebird yang tepat dapat meningkatkan produktivitas penangkaran antara 10 hingga 30%. Itu tidak selalu benar, karena da faktor genetik dan pakan juga. Ukuran terlalu kecil tidak membuat betah dan begitu juga besar. Jadi menyesuaikan pada loevbird sendiri. Jadi begini jumlah lovebird dalam satu kandang terdiri 2 induk dan calon anakan umumnya 4-5 anak. Jadi sebisa mungkin harus memuat loevbird sampai jumlah tersebut dengan sisa ruang untuk bergerak. Kemudian mengacu kebiasaan loevbird yang kadang cepat bertelur sebelum anakan sebelumnya keluar dari glodog. Artinya dibutuhkan ukuran yang lebih luas, sebab belum tentu indukan mau bila disediakan glodog baru. Ukuran lazim digunakan yakni 20x20x30 cm.

Bahan bahan yang digunakan


Bahan pembuatannya memang harus kayu, kalau bisa yang kering. Kemudian bahan pengisi sarang adalah ranting ranting kering, dedaunan, kertas, serutan kayu atau lainnya. Bahan bahan yang digunakan pengisi tersebut akan sangat menentukan kelembaban glodok. Sedang tingkat kelembaban glodok juga mempengaruhi daya tetas telur. Umumnya peternak mengatur kelembaban dengan menyemprot glodok luar. Namun itu tidak terlalu direkomendasikan.Justu akan mengganggu lovebird mengeram.

Rekomendasi pengatur kelembaban adalah menyediakan daun segar atau daun masih hijau (bukan basah) untuk pengisi sarang. Daun segar/ yang masih hijau masih mengandung air sehingga mampu memberi pengaruh pada kelembaban glodog. Lazin digunakan adalah kangkung.Bahan bahan yang digunakan usahakan bukan dari benang atau rerumput yang alot. Sebab bisa menjerat kaki anakan lovebird yang cenderung aktif. 

Buatlah Ukuran glodok Love bird yang tepat dan nyaman


Itulah alasan dan acuan mengapa ukuran glodok lovebird harus ideal tepat agar produksi tinggi. Dan bagaimana menciptakan glodog yang nyaman untuk aktifitas produksi lovebird. Jadi jangan salah fokus ke ukurannya saja, sebab masih banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi produksi lovebird. Sekian, semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget