Home » , , » Cara Ternak Lovebird Koloni Untuk Pemula, Gampang Dipahami!

Cara Ternak Lovebird Koloni Untuk Pemula, Gampang Dipahami!

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Tuesday, April 3, 2018

Trend terbaru dalam ternak loverbird selalu berganti dari mulai jenis jenis lovebird favorit untuk diternakan sampai pada cara penangkaraannya. Lovebird sebagai burung kicau yang banyak digemari menarik banyak orang untuk mencoba untuk menangkarnya dalam jumlah banyak, artinya lovebird tidak hanya dijadikan burung yang dinikmati suarannya, melainkan dijadikan lahan bisnis yang menguntungkan. Dalam penangkaran jumlah besar, cara yang digunakan adalah cara ternak lovebird koloni. Lalu apa itu apa keuntungannya daan bagamana caranya?

Cara ternak love bird sistem koloni adalah cara ternak love bird dimana lovebird dikandangkan dalam satu kandang yang cukup besar berisi lovebird dengan perbandingan 1  jantan : 5 betina. Artinya lovebird tidak dikandangkan secara berpasang pasangan/ sendiri sendiri. Dalam satu kandang koloni hanya disi oleh satu jantan agar tidak berkelahi sesama loverbird jantan. Cara sistem koloni sebagai salah satu bentuk beternak lovebird untuk pembibitan yang baik atau dalam bahasa umumnya untuk menghasilkan anakan lovebird dengan perkawinan yang efektif. Oleh karena itu, jika anda memiliki lovebird dan ingin sukses ternak lovebird  cepat banyak sebaiknya anda menggunakan cara ini.

Keuntungan Cara Ternak Lovebird Koloni yang perlu kalian ketahui


Secara umum cara ternak lovebird koloni ini sama seperti ternak lovebird pada umumnya, hanya saja ada sedikit perbedaan atau penenkanan khusus pada kandang koloni dan cara perkawinan lovebird. Anda bisa menikmati keuntungannya memilih cara ternak lovebird secara koloni sebagai berikut :
  1. Biaya lebih ringan
    Biaya pembuatan kandang lebih murah membeli/ membuat kandang satu persatu untuk indukan lovebird. Para penangkar lebih baik membuat kandang koloni daripada harus membuat kandang satu per satu yang akan sangat memakan tempat dan biaya.
  2. Burung tidak mudah stress
    Burung leoverbid yang ditangkar dalam kandang koloni memiliki ruang gerak yang lebih luas sehingga tidak mudah stress. Selain itu memiliki rekan dalam satu kandang yang bisa menstimulasi pertumbuhan yang baik, terutama dalam suara.
  3. Kemudahan dalam perawatan lovebird
    Karena satu kandang terdapat beberapa ekor sehingga kita akan menghemat waktu ketika memberikan pakan dan minum kepada burung. Dalam satu waktu sekaligus kita bisa memberikan pakan dan minum serta membersihkan kandangnya juga.
  4. Jumlah telur yang menetas pada kandang koloni lebih banyak
    Tingkat kenyamanan dalam kandang akan sangat berpengaruh ppada kondisi induk yang mengerami telurnya. Jika mengalami stress otomatis suhu induk tidak stabil akhirnya telur menetas sedikit. Berbeda dengan sisitemkoloni jumlah telur yang menetas pada pada kandang koloni memang lebih banyak dibandingkan dengan tiap kandang satu pasang. Alasannya adalah pada kandang koloni burung tidak mudah stres dan memiliki ruang gerak yang luas.

Kekurangan cara ternak lovebird koloni


Ada keuntungannya, begitu juga ada kekurangan cara ternak lovebird koloni yang perlu dikhaawatirkan adalah mengenai kondisi penyakit yang mnenular. jika ada burung yang terkena suatu penyakit akan gampanng menyerang burung lainnya yang ada dalam kandang. 

Cara membuat Kandang ternak lovebird koloni


Arti kandang koloni adalah kandang kumpulan dari beberapa pasang/ekor burung. Kandang lovebird koloni jika kita bayangkan saja bentuknya lebih besar dan luas karena diisi lebih dari satu pasang lovebird. Kelebihan kandang koloni tidak memerlukan kandang banyak, pemberian pakan dan air minum jadi satu tempat dan menghemat biaya tentunya. Kandang ini cocok dan efektif untuk kandang pembibitan lovebird dengan biaya kecil karena memerlukan jantan lebih sedikit.

Dipasaran juga tersedia kandang kandang koloni, namun lebih enaknya buat sendiri, karena tidak terlalu sulit.

Bahan bahan yang digunakan :

kayu reng, paku, dan kawat galvanis/ kawat ram dan papan kayu/triplek

Pilihan ukuran kandang.

Ukuran kandang bisa dibuat sendiri, namun umumnya menggunakan ukuran ukuran yang ideal seperti contoh dibawah ini :

1. panjang 3 m, lebar 1,5 m, dan tinggi 1,5 meter
2. panjang 2 m, lebar 1,5 m, dan tinggi 2 meter
3. panjang 1,5 m, lebar 1,5 m, dan tinggi 1,5 meter
4. panjang 3 m, lebar 1,5 m, dan tinggi 2 meter
5. panjang 4 m, lebar 1,5 m, dan tinggi 2 meter

Anda bisa melihat model model kandang koloni dibawah ini sebagai contoh

cara ternak lovebird koloni, kandang lovebird koloni
kandang ternak lovebird koloni


Perlengkapan kandang yang harus tersedia berupa sarang, tempat bertengger, tempat pakan dan air minum.

Pemilhan Indukan Lovebird

Pemilihan induk jantan dan betina dalam ternak lovebidr koloni adalah langkah awal memilih lovebird yang menghasilkkan induk kualitas Indukan. Untuk hal ini, anda harus benar-benar teliti dan akurat.  Untuk seleksi indukan LB jantan dan betina antara lain :
  1. LB jantan dan betina berusia minimal 1 tahun.
  2. Kondisi keduanya sehat dan fir/tidak sakit.
  3. LB jantan sudha berkicau/gacor.
  4. Tidak cacat fisik

Perawatan rutin Ternak Lovebird Koloni


Berikut Perawatan rutin harian dalam proses cara ternak lovebird koloni yang meliputi pemberian pakan dan air minum, serta pembersihan kandang jika diperlukan. 

Pemberian pakan 

Pakan yang diberikan untuk lovebird adalah milet, jewawut, kenari seed, biji sawi, jagung muda, kangkung, sawi, tauge, kroto, jangkrik kecil. Kunci agar menghasilkan kualitas lovebird yang bagus adalah adalah pakan yang bervariasi dan tidak monoton untuk mencukupi kebutuhan nutrisi lovebird selama diternak. Dan jangan lupa memberikan multivitamin di dalam air minumnya. 

Cara pemberian pakan ada dua cara, yakni pakan kontiyu dan pakan tambahan. Pakan kontnyu adalah pemberian pakan yang selalu tersedia didalam kandang. Pakan tambahan adalah pakan yang diberikan secara berkala setiap hari. Pakan tambahan adalah pakan yang mengandung protein tinggi seperti kroto.

Cara perkawinan lovebird dalam kandang koloni

Cara mengawinkan lovebird dalam metode dan cara ternak lovebird koloni adalah dibiarkan kawin secara alami, jika pemeliharaan normal. Jika ada gejala bururng tidak  mau kawin atau tidak nampak birahi baru kita tanggap dengan mengawinkan pada sarang burung lovebird. Caranya dengan memasukan jantan terlebih dulu, kemudian betinanya. Agar burung cepat birahi anda perlu menambah pakan tambahan yang mengandung protein tinggi.

Masa Pengeraman Telur

Indukan betina lovebird membutuhkan kenyamanan dan ketenangan di kandang dan sekitar kandang pada masa mengerami telurnya dengan baik. Karena jika terganggu dan stres suhu tubuh akan tidak stabil dan sangat berpengaruh dengan daya tetas yang dihasilkan.  Pastikan tidak ada gangguan tikus, kucing, anjing, semut, kecoa atau parasit. Waktu pengeraman lovebird sekitar 18 hari, dan daya tetas telur tergantung dari kondisi lingkungan dan betina itu sendiri. Jika sampai hari ke-22 telur belum juga menetas, maka kemungkinannya adalah gagal menetas.

Penanganan lovebird setelah kawin berhasil

Kalau kawin berhasil berarti siap siap kita harus memberi pakan yang baik agar kualitas telur baik. Lovebird bertelur dalam 18 hari, sama seperti merpati. Jika sudah menetas biarkan indukan merawat sampai anakan keluar dari sarang. Setelah itu baru kita bantu sapih dengan makanan khsusus, makanan yang lebih lembut dari makanan burung indukan.

Pemisahan anak loverbird

Ketika anak anak burung lovebird sudah bisa terbang dan makan sendiri, anak anak tersebut harus dipisahkan agar tidak menggangu produksi induk berikutnya. Anak dikandangkan secara koloni sampai umur 7 bulan, karena pada umur tersebut LB mulai dewasa kelamin artinya sudah mulai mengenal pasangan. Jadi harus dipisah membentuk koloni baru untuk pendewasaan dan dijadikan indukan baru.

Bagaimana? Jadi letak bedanya hanya pada kandangnya ya. Jadi tidak usah bingung bingung ketika mau membuka usaha burung dengan cara ternak lovebird koloni. Demikian ulasannya yang mungkin bisa anda terapkan dirumah. Semoga bermanfaat, terima  kasih.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget