Home » , , » Ide Usaha Kreatif Inovatif, Unik dan Masih Jarang

Ide Usaha Kreatif Inovatif, Unik dan Masih Jarang

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Tuesday, July 31, 2018

Mencari ide usaha kreatif inovatif saat ini memang mudah, tapi sayang kalian tidak sendirian. Banyak pengusaha lain yang akan meniru setelahnya, yang akan menjadi pesaing, bahkan mengalahkanmu secara telak. Walau sudah diberi label dan brand, namun konsumen ditawari harga murah saja berpaling. Di sisi lain kadang, sudah banyak ide dan peluang, tetapi tidak eksesekusi.. lalu jadi khayalan. Semua mungkin wajar, karena untuk melakukannya butuh waktu dan proses yang mungkin panjang. Tapi apakah sebagai pengusaha mau seperti itu terus? Tentu tidak, sebagai pengusaha harus berani mengambil resiko. Sebab semakin besar resikonya, semakin besar pula keuntungannya. Bukankah begitu, ndroo?

Ada beberapa alasan mengapa harus membangun bisnis yang kreatif. Pertama, teknologi informasi sangat mudah tersebar atau viral lewat sosial media. Jadi ada dunia baru di dunia nyata, yakni dunia maya. Hampir semua aktifitas dari mulai bercerita, mengeluh, belanja, mencari jodoh pun lewat online. Milyaran orang berkumpul, tidak ada batasan ruang dan waktu. Itu adalah kesempatan untuk bersosial disitu, termasuk menjalankan usaha. Kalau tidak memanfaatkan dunia baru ini, kalian tidak update informasi. Atau kudet. Karena dunia maya juga, berarti ada peralihan dari konvensional fisik menjadi digital. Transaksi uang, pakai uang digital bukan kertas. Jualan pake gambar saja dan digitalisasi lainnya. 
Ide Usaha Kreatif Inovatif, Unik dan Masih Jarang
coffe truck

Sisi lainnya manusia sendiri terutama kemampuan skill. Jika skillnya biasa saja, dalam beberapa tahun akan digantikan oleh mesin. Sebab semua pekerjaan yang berulang ulang akan diganti mesin otomatis. Tidak kenal lelah, ga protes dan ga minta gaji. Sebelum tergeser, terjunlah dalam menciptakan ide usaha kreatif inovatif untuk persiapannya. Kalian bisa mengambil di berbagai bidang sesuai dengan passion kalian. Jika suka di bidang makanan, maka buat makanan unik dan masih jarang ada.

Beberapa Contoh Ide Usaha Kreatif Inovatif


Bagi yang sedang seirus membangun usaha dari awal atau nol tentu butuh contoh ide usaha kreatif dan inovatif, sebagai bahan inspirasi, pandangan atau bahkan meniru lalu memodifikasinya. Berikut siapa tahu tertarik gerobak.

1. Abon dari duri ikan bandeng


Tak cuma bandengnya yang bisa kita manfaatkan, tulangnya juga bisa kita makan dan bisa dijadikan salah satu ide usaha kreatif inovatif di bidang kuliner. EMM... Manusia memang rakus ya? Ikan bandeng termasuk ikan yang mengandung banyak duri. Duri ikan bandeng ini ternyata dijadikan suatu peluang bisnis bagi beberapa orang yang kreatif. Duri ikan bandeng yang biasanya dibuang, diolah menjadi abon yang enak. Selain rasanya yang lumayan enak, abon duri ikan bandeng ini juga tinggi akan kalsium. Kalsium dibutuhkan untuk menjaga tulang manusia tetap baik. Jadi tidak perlu takut mengkonsumsi abon dari duri ikan bandeng ini, karena makanan ini juga sehat untuk tubuh anda.

2.Telur Asap Aneka Rasa


Telur kok diasapin? aneh aneh juga ternyata. ini salah satu makanan favorit saya ketika saya berkunjung ke brebes dan tegal, karena selain enak makanan ini murah meriah dan banyak pilihan rasanya. Telur asap adalah telur asin yang sudah dikasih bukbe yang diasapin, bedanya telur asin direbus kalau asap yang diasapin. Cocok nih untuk usaha makan modal kecil.


3. Beras kemasan


Sulitnya mendapatkan beras dari petani, masyarakat, terutama daerah kota lebih membeli beras di si supermarket. Selain lebih praktis dan aman. Masyarakaat memilih beras kemasan dengan merek jelas. Alasannya masuk akal. Produsen yang baik tidak akan mempertaruhkan puluhan tahun keringat dan darah saat merintis brand produknya untuk keuntungan sesaat. Itu akan menghancurkan reputasinya. Ini menjadi pilihan rasa aman sendiri terhadap kesehatan. Dengan kemasan kita lebih mudah menjual ke ritel modern maupun toko kelontong biasa.

Pilihan ukuran kemasan juga variatif dari mulai 1 kilogram (kg), 2 kg dan 5 kg, ukuran tersebut dinilai praktis untuk memenuhi kebutuhan rumahtangga. Dengan ukuran kecil, memungkinkan mendapatkan stok baru, konsumen tidak perlu menyimpan beras terlalu lama yang justru akan menurunkan kualitas beras sendiri. Permintaan beras kemasan terus meningkat seiring pendapatan masyarakat yang lebih baik dan tuntutan hidup sehat juga naik termasuk dalam memilah bahan makanan yang dikonsumsi seperti beras. Walau sudah bermunculan, coba dijadikan ide usaha kreatif inovatif dengan membuat beras sachetan. hehe

4.Coffe Truk


Apa itu Coffee Truck? Coffee truk atau gerobak kopi adalah berjualan minuman kopi menggunakan gerobak ditempat ramai. Coffe truck mudah ditemukan dinegara negara Eropa, amerika dan australia dengan desain gerobak yang unik dan mencolok. Di Indonesia, coffe truck masih jarang gerobak kopi yang menjajakan kopi dengan berkeliling dan nongkrong di pinggir jalan. Peluang besar bagi anda yang konsen didunia bisnis minuman untuk mempertimbangkan usaha gerobak kopi ini, kita tahu bahwa kopi minuman yang dimana mana disukai, mendunia.

Itulah beberapa contoh ide usaha kreatif inovatif yang masih jarang. Mungkin bisa menjadi inspiratif bagi kalian yang butuh ide ide cemerlang. Mumpung masih muda, jangan biarkan hidup untuk mengumpulkan ide, tapi eksekusilah ide yang ada dengan matang.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget