Home » » Usaha Ternak Bebek Petelur Kering, Tanpa Air?

Usaha Ternak Bebek Petelur Kering, Tanpa Air?

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Friday, August 3, 2018

Apakah bisa sih ternak bebek petelur kering tanpa air? Tentu bisa sob. Cara ternak bebek petelur tanpa kubangan air atau sistem kering adalah metode ternak bebek modern yang terus dikembangkan oleh masyarakat. Sebab budidaya bebek atau itik menggunakan lantai basah sering menimbulkan banyak masalah seperti bau amoniak, mencemari lingkungan sekitar dan kelembaban yang berlebih bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab penyakit. Tidak hanya itu, dengan air tentu pengeluaran biaya untuk air lebih banyak, apalagi jika beternak didaerah yang airnya agak sulit. Boros.

Sebenarnya dalam budidaya bebek petelur air tetap dibutuhkan untuk minum dan aktivitas lainnya. Sebab bebek adalah unggas air yang hidup dilingkungan berair seperti rawa, pinggir sungai, danau, empang dll. Sudah semestinya air harus ada, agar tidak stress. Kalau stress produksi telur menurun. Bebek termasuk unggas yang gampang stress, tapi tidak separah burung puyuh. Hanya saja, kita sebagai peternak harus bisa memanajemen kandang supaya lantai kandang tetap kering, begitu. Bukan benar benar tanpa air. Itu yang mungkin peternak bebek pemula tekankan.

Tidak sedikit peternak pemula yang terkecoh dengan informasi cara ternak bebek petelur tanpa air, hingga pada pemeliharaannya Cuma dikasih air untuk minum, bahkan hanya pada saat pemberian pakan. Itu sangat fatal. Air minum untuk bebek itu harus selalu tersedia, atau dalam bahasa ilmiahnya ad libitum. Tak heran banyak yang peternak bebek petelur kering mengatakan tidak efektif. Tapi sebetulnya mereka yang belum mengerti apa itu usaha ternak bebek petelur kering.

Mengenal Kandang Ternak bebek petelur Kering


Pada cara ternak itik petelur modern sistem atau ternak bebek bebek petelur kering yang membedakan adalah managemen kandangnya. Itu saja. Yang lain seperti managemen pakan, kesehatan itu sama saja. Lalu bagaimana kandang bebek petelur yang baik untuk bisa dikatakan sistem kering? 
ternak bebek petelur tanpa air, sistem kandang modern


Ada beberapa jenis kandang bebek yang bisa digunakan untuk sistem kering, yakni

Kandang kering total sistem postal (lantai tanah)


Sebagian besar peternak pemula mengira sistem kering adalah menggunakan kandang kering tanpa air kecuali air minum. Tapi sebagian besar kurang berhasil karena ada kesalahan teknis yang mungkin belum dikektahui. Seringnya peternak membeli bibit itu yang siap betelur dari pasar atau mengumpulkan dari pengepul ternak. Kemudian langsung dikandangkan pada kandang kering tanpa kubangan air. Hal ini tentu menjadi stress dan lamban bertelur yang akan mempengaruhi tingkat produksi telur kedepannya. Padahal bibit beli dipasarkan sebelumnya belum tahu managemen kandangnya seperti apa, sumbernya dari mana pakannnya seperti apa. Kecuali kalau beli bibit dari kecil umur sehari atau DOD itu gak masalah. Cuma kalau memelihara dari kecil butuh anggaran lagi dan resiko kematian anak bebek lebih tinggi.

Kandang bebek petelur ini Cuma dipetak petak kemudian hanya diberi ember atau tempat air minum. Sangat simpel. Jadi untuk penggunakan kandang ini dalam usaha ternak bebek petelur kering harus tahu asal usulnya dulu, apakah sumber bebek siap telur itu managemen sama. Kalau terpaksa berbeda ada treatment atau masa karantina untuk adaptasi didaerah kering. Apalagi jika sudah bertelur, pindah tempat saja kandang produksinya turun. Harus hati hati.

Manajamen kandang semi kering


Lho katanya kering? Iya kering, tapi namanya unggas air pasti suka air. Jadi kita memberikan tempat air minum selalu tersedia dengan cara membuat tempat yang bawah air kemudian diisi dengan batu batu kecil. Jadi mirip disungai. Tujuannya agar bebek tetap mendapat minum, main tanpa basah basahan kemana mana. Nah ini yang namanya kandang sismtem semi kering. Pada ternak bebek petelur kering modern banyak yang menggunakan sistem ini, karena sangat efektif.

Bagaimana dengan manajemen pakan dan kesehatan? Kalian bisa membaca ulasan lain pada artikel cara ternak bebek petelur kering tanpa air selengkapnya di : Budidaya Itik Petelur Modern

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget