Home » » Ini Dia! Usaha yang Menguntungkan di Desa. Cek Yuk!

Ini Dia! Usaha yang Menguntungkan di Desa. Cek Yuk!

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Saturday, September 15, 2018

Usaha yang Menguntungkan di Desa
Banyak yang beranggapan, berwirausaha di sebuah desa tidak menguntungkan. Padahal, jika Anda cermat potensi usaha yang mengungtungkan di desa bisa Anda dapatkan. Apalgi jika desa Anda memiliki sumber daya yang melimpah, dan mendukung usaha yang dijalankan. Maka tidak mustahil Anda dapat mendulang modal yang menggiurkan.

Tapi, untuk memulai sebuah usaha di desa, juga tidak bisa sembarangan. Sebaiknya perhatikan beberapa hal sebelum memulai wirausaha. Apa saja?

· Tentukan jenis usaha.

Sebelum memulai, ada baiknya Anda tentukan jenis usaha apa yang akan dijalankan. Apakah dari bidang perkebunan, sembako, ternak atau sejenisnya. Menentukan jenis usaha ini diharapkan agar Anda tidak kebingungan nantinya.

· Tujuan.

Memiliki tujuan yang jelas, menentukan planning kedepan. Sehingga Anda dapat melakukan berbagai persiapan serta evaluasi terhadap bisnis Anda. Jangan jadikan bisnis Anda hanya sebatas main-main, jika ingin memiliki keuntungan.

Promosi, Inovasi dan Investasi.

Promosi tentunya hal yang tidak bisa dipisahkan. Lakukanlah promisi secara kontinyu.

Agar tidak terasa bosan, Anda bisa melakukan inovasi. Misalnya jika dibidang kuliner, menambahkan varian rasa. Atau melakukan inovasi pada tempat/kios yang dimiliki.

Dan jangan lupakan investasi, agar keuntungan tidak tebuang begitu saja. Invesatasi bisa dengan cara menabung atau membeli barang yang bernila jangka panjang, seperti emas.

· Terima Kegagalan.

Ada banyak pengusaha, memiliki niat yang kuat saat di awal-awal karir. Tapi saat mendapatkan kegagalan, mereka memilih untuk gulung tikar. Padahal kegagalan adalah hal yang pasti akan didapatkan siapa pun. Termasuk seorang pembisnis.

Terimalah kegagalan sebagai evaluasi diri. Sehingga tahu apa yang harus dilakukan. Memiliki mental yang kuat, adalah keharusan bagi seorang pembisnis.

Nah, setelah mengetahui langkah awal sebelum memulai bisnis. Maka saatnya untuk memulai. Tapi bingung, usaha apa yang harus dipilih?

Dibawah ini, sedikit jenis usaha yang menguntungkan di desa, bisa Anda jadikan acuan.



v Usaha di Bidang Perkebunan

Dengan potensi sumber daya alam yang melimpah, memulai usaha dibidang perkebunan adalah hal yang tepat. Apalagi jika Anda memiliki lahan yang cukup. Perkebunan sendiri, bisa ditentukan baik dibindang sayuran atau buah-buahan.

Umumnya, untuk bidang perkebunan banyak menggunakan metode Hidroponik.

Yaitu budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah, dengan menekankan pada pemenuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada Hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya tanah. (Wikipedia)

Keuntungan dari sistem Hidroponik adalah kemampuannya menampung air. Siklus tanah pun tidak mudah berubah. Selain itu, kandungan garamnya juga rendah serta meminimalisir kerusakan akibat hama.



v Pom Bensin Mini

Kendaraan sudah masuk hingga ke pendesaan. Itu sebabnya memulai usaha bisnis pom bensin mini cukup menguntungkan. Tempatnya sendiri bisa dibuka di pinggir-pinggir jalan, dekat dengan lokasi rumah Anda.

Harga untuk satu unitnya berkisar Rp.5.000.000. Bisa Anda temukan penjualannya di olshop-olshop resmi.



v Usaha Kuliner

Kuliner merupakan bisnis yang tidak akan mati. Artinya, bisnis kuliner akan tetap diminati. Karena makanan adalah kebutuhan primer bagi mahluk hidup.

Untuk modalnya sendiri bisa dari ratusan ribu hingga jutaan. Tergantung usaha kuliner apa yang Anda ambil. Untuk memilih jenis usaha kuliner apa yang menguntungkan, ada baiknya lakukan survei atau amati minat pasar.



v Berternak Ayam Kampung

Dengan pertumbuhan minat terhadap daging sangat besar, tidak heran berternak ayam kampung adalah salah satu keunggulan. Sistem yang digunakan umumnya sistem yang digunakan (bagi pemula) adalah sistem Umbaran dan Semi Intensif.

Umbaran hanya bermodalkan tempat berteduh untuk si ayam. Selebihnya membiarkan ayam dilepas untuk pakan sendiri

Semi intensif yaitu menggunakan dengan sedikit modal untuk membuat kandang. Tipenya bisa berupa postal, pekarangan atau baterai.



v Membuat Jasa Jual Pulsa

Jasa jual pulsa bahkan tidak harus memiliki kios. Cukup bermodalkan handphone dan modal Rp.300.000-Rp.500.000 saja sudah bisa memulai.

Bagaimana dengan keuntungan? Bisa Anda hitung sendiri, semisal Anda berjualan pulsa senilai Rp.5000 dan dijual seharga Rp.7.000, laba bersih yang didapatkan adalah Rp.2.000. Untuk hasilnya bisa di akumulasikan sesuai modal pertama. Laba bersih yang Anda dapatkan bahkan bahkan bisa mencapai hingga 100%. Wah, lumayan bukan?



v Budidaya Ternak Lele/Ikan Mas/Ikan Nila

Modal untuk satu ekor bibit berkisar Rp.100-Rp.300. Tergantung dengan ukuran bibit yang Anda beli. Setelahnya, Anda hanya tinggal menyediakan lahan untuk tambak ikan. Selebihnya untuk proses bisa Anda searching di Google.



v Membuka Gerai Potong Rambut

Potong rambut adalah salah satu bisnis yang bisa dibuka di pendesaan. Modalnya sendiri dipersiapkan untuk membeli alat-alat cukur. Gerai cukur rambut bahkan bisa dimulai di rumah Anda sendiri.



v Menjahit

Hanya bermodalkan mesin jahit, Anda bisa memulai usaha. Tapi sebelumnya, Anda pun harus memiliki dasar-dasar ilmu menjahit. Bisnis ini cukup menjanjikan, melihat perbaikan baju saja sekarang sudah diserahkan pada para penjahit.



Selain hal-hal di atas, masih banyak pontensi yang bisa dikembangkan. Karena bisnis tidak hanya di kota, tapi juga masuk hingga ranah pendesaan. Apalagi Jika Anda memiliki kreativitas yang tinggi.

Untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan. Anda bisa melakukan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Dijamin, usaha yang menguntungkan di desa sudah bisa Anda genggam.



Sekian. Semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget