Home » » Jangan Bingung! Aneka Oalahan Tahu untuk Usaha Ini Dijamin Laris

Jangan Bingung! Aneka Oalahan Tahu untuk Usaha Ini Dijamin Laris

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Saturday, September 1, 2018

Tahu merupakan salah satu makanan pokok. Teksturnya yang lembut dan gurih banyak digemari semua kalangan. Tak heran, banyak sekali aneka olahan tahu untuk usaha yang ditawarkan. Mulai dari yang sederhana hingga rumit proses pembuatannya.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha, dengan dasar bahan Tahu tidak perlu khawatir. Disini akan sedikit saya rekomendasikan beberapa aneka olahan Tahu untuk usaha. Tapi sebelum membahas agak jauh, kenali dulu yuk jenis-jenis Tahu yang biasa dikonsumsi. Apa saja? 




1. Tahu Kuning

Tahu jenis ini memiliki warna kulit kuning. Warna tersebut didapati dari kunyit saat proses pembuatan. Tekstur luarnya agak kasar, tetapi dalamnya tidak. Tahu jenis ini cukup terkenal didaerah Bandung.


2. Tahu Cina

Tahu jenis ini teksturnya sangat lembut, hampir menyerupai Tahu sutra. Aromanya pun khas kedelai segar. Banyak dimasak menjadi sup.


3. Tahu Putih

Perbandingan antar air dan kedelai dalam Tahu ini adalah 5:1. Teksturnya lembut dan agak padat.

4. Tahu Takwa

Tahu jenis ini agak lain. Warna kulitnya agak oranye, bentuknya sedikit pipih, dan agak padat. Dalam prosesnya Tahu Cina sudah direbus sebelum dipasarkan.

5. Tahu Pong

Tahu ini khas dari kota Semarang. Dibagian tengah Tahu Pong tidak berisi dan teksturnya agak kasar. Dalam prosesnya menggunakan cuka sebagai bahan pengumpal.

6. Tahu Sutra

Kadar airnya dengan kedelai hingga perbandingan 10:1. Teksturnya lebih lembut dibandung Tahu yang lainnya.

7. Tahu Sumedang

Tahu jenis ini hampir digemari semua orang. Tekstur luarnya kasar, tapi sangat cocok dikonsumsi dibarengi dengan rawit. Apalagi dengan keadaan masih hangat. Tahu Sumedang merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan, cocok dijajakan didaerah berhawa agak dingin.

Tahu kayak akan protein, kalsium dan asam amino. Harganya pun terbilang terjangkau. Jika ingin berniaga dengan bahan dasar Tahu, modal yang dikeluarkan sepertinya tidak banyak. Tapi masih bingung bagaimana mengolahnya agar tidak itu-itu saja?

Dibawah ini, beberapa aneka olahan Tahu untuk usaha yang bisa Anda coba di rumah.


· Wedang Tahu

Olahan berbahan dasar Tahu ini khas dari kota Semarang. Hanya saja, bahan yang digunakan merupakan susu kedelai. Caranya yaitu dengan mendidihkan susu kedelai dicampur agar-agar, gula dan garam. Kemudian dinginkan.

Lalu rebus terpisah campuran gula merah, gula pasir, jahe, kayu manis, cengkih dan garam, kemudian saring. Sajikan Tahu yang sudah mengental (adonan pertama) untuk disiram dengan kuah jahe. Wedang Tahu siap untuk dihidangkan.

· Tahu Bakso

Siapa yang meragukan jenis yang satu ini. Perpaduan dari makanan yang memiliki cita rasa khas dan banyak diburu orang. Isiannya merupakan adonan baso yang sudah dilumatkan. Biasanya diproses dengan cara direbus. Selain itu, Bisa Anda bekukan sebelum diorder agar lebih awet. 
Aneka Oalahan Tahu untuk Usaha


· Hiyayako

Makanan ini sebenarnya khas dari daerah Jepang. Masih terdengar asing bagi sebagian kalangan. Tapi bagi pecinta kuliner jepang, pastinya tidak asing lagi.

Hiyayako berbahan dasar Tofu Sutra yang didinginkan dalam kulkas dan dihidangkan secara mentah. Biasanya ditambah toping kecap asin, parutan jahe dan potongan daun bawang. Cocok disantap saat terik.

· Keripik Tahu

Keripik tidak hanya dari singkong atau ubi saja. Cobalah berinovasi dari Tahu. Tambahkan juga varian rasa agar menarik dan mempunyai rasa khas tersendiri.

· Nugget Tahu

Pembuatannya sebagaimana proses nugget ayam. Rasanya yang crispy sangat cocok dan dijamin laris dipasaran.

· Mayonaise

Selain menjadi olahan makanan, Tahu juga ternyata bisa dibuat sebagai mayonaise. Sangat cocok bagi para vegetarian dan tentunya menyehatkan. Mayonaise ini bisa menjadi toping dari nugget Tahu diatas.

Selain membuat olahan yang tidak biasa. Lakukan inovasi setiap tahapnya. Sehingga produk yang akan Anda tawarkan memiliki khas dan branding. Hal ini sangat mempengaruhi juga pada bisnis yang Anda jalankan.

Bagaimana melakukan pemasaran agar usaha Tahu Anda laris?


I. Buatlah nama produk yang unik dan mudah diingat

II. Memiliki kemasan yang menarik, elegan dan menjamin kualitas produk

III. Buatlah logo Anda sendiri

IV. Sebelum memasarkan produk, ada baiknya melakukan sample sebagai tes pertama

V. Bangun komunikasi dan jangkauan lebih luas untuk promosi

VI. Buka orderan dengan sistem antar pesanan

VII. Lakukan perbandingan dengan produk lain. Tujuannya agar paham dimana kekurangan yang produk kita miliiki.


Sekian penjelasan mengenai aneka olahan Tahu untuk usaha. Kembangkanlah kreatifitas tanpa batas. Selamat mencoba.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget