Home » , » Rincian Modal Toko Sembako, 5 juta cukup?

Rincian Modal Toko Sembako, 5 juta cukup?

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Wednesday, September 12, 2018

rincian modal toko sembako kecil kecilan sederhana
warung sembako sederhana
Membuka toko sembako tidak bisa sembarangan. Apalagi dengan perhitungan yang main-main. Rincian modal toko sembako sebenarnya tidak harus keluar hingga meronggoh kocek terlalu dalam. Apabila Anda tahu perhitungan apa saja yang harus dipersiapkan.

Tapi, jika Anda sebelumnya sudah memiliki kios. Modal toko sembako hanya sebatas pembelian barang-barang saja. Bagaimana jika modalnya dari nol? Maka Anda harus menghitung modal dari menyewa kios hingga pembelian barang.

Sebelum membahas tentang modal. Apa sih keuntungan berbisnis toko sembako?


Toko sembako memiliki target hingga mencakup semua kalangan. Apalagi untuk para ibu rumah tangga yang memang bergelut dengan segala kebutuhan sehari-hari. Sembako bisa dibilang kebutuhan utama, dimana pun Anda membuka gerai, bahkan sampai pendesaan akan tetap dicari.

Lahannya pun bisa dimulai dari rumah sendiri. Hanya tinggal menambahkan etalase dan sedikit tempat untuk menaruh barang dagangan.

Seputar Modal Toko Sembako


Untuk modal bisa Anda sesuaikan dengan budget. Apalagi jika Anda sudah memiliki lahan sejak awal, hanya tinggal menghitung pengeluaran untuk membuat sekat atau ruang dari Triplek. Setidaknya persiapkan dana 1-2 juta rupiah sehingga anggaran atau rincian modal toko sembako tidak terlalu banyak.

Bagaimana jika memulai dari nol?

Untuk menyewa sebuah kios misalnya, sebagai modal awal berkisar Rp.15 hingga Rp.20 juta atau lebih. Besar kecilnya harga sewa tergantung besar bangunan. Biasanya juga apabila kios berada tepat di pinggir jalan, harga sewanya lebih mahal.



Setelah bangunan sudah siap. Maka selanjutnya adalah membeli Etalase, Rak serta Showcase. tujuannya agar barang dagangan Anda lebih tersusun rapih. Etalase berkisar Rp.500.000, untuk rak kurang lebih Rp.800.000 dan Showcase sekitar Rp.2.500.000

Jika dijumlah sekitar Rp.3.800.000 untuk ketiga barang tersebut.



Setelah itu, pembelian barang. Misalnya untuk barang-barang pokok seperti 5 buah tabung gas 3kg seharga Rp.135.000

ð 5 × 135.000 = 675.000

ð 2 Kw beras = 1.300.000

ð 10kg telur = 110.000

ð Sejumlah gula = 250.000

ð Barang-barang pokok lainya sejumlah 1.300.000

Lalu jummlahkan dengan harga ketiga barang di atas serta harga sewa kios (paling kecil)

maka => Rp.3.635.000 + 3.800.000 + 15.000.000 = 22.435.000 rupiah.

Modal toko sembako jika dimulai dari Nol memang terbilang cukup besar. Maka tidak heran memulai toko sembako tidaklah sembarangan.


Memulai Usaha Toko Sembako

Agar tidak mengalami kerugian yang signifikan. Ada sedikit tips yang mungkin bisa Anda terapkan sebelum memulai usaha.


· Carilah lokasi yang strategis dan nyaman untuk Anda berjualan. Tidak harus di tepi jalan. Asalkan dilalui lalu lalang orang-orang sudah menguntungkan bisnis Anda.

· Sediakan peralatan-peralatan untuk toko Anda. Untuk menunjang berbagai keperluan lainnya.

· Menyediakan barang dari grosir. Sehingga memudahkan Anda untuk menyetok barang. Usahakan barang yang disediakan memiliki jangka expired yang panjang.

· Rapihkan tempat agar konsumen nyaman berbelanja. Tempat yang bersih dan nyaman merupakan daya tarik tersendiri. Sehingga konsumen Anda menjadi pelanggan tetap.

· Terakhir lakukan evaluasi barang. Jangan sampai kewalahan apabila barang yang dipesan ternyata habis persediaan. Sortir yang sekiranya barang-barang yang cepat terjual dan tidak, sehingga meminimalisir kerugian dari barang yang tidak terjual.


Usaha toko sembako tidak bisa diremehkan begitu saja. Apabila laba bersih saja perharinya Anda dapatkan sekitar Rp.250.000 bisa Anda hitung, dalam sebulan berapa laba yang didapatkan.

Harga-harga di atas bisa berubah kapan saja. Tergantung seberapa budget yang ingin Anda keluarkan.

Sekian penjelasan mengenai rincian modal toko sembako. Bijaklah dalam memilih dan selamat sukses.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget