Home » » Trik dan Modal Usaha Cuci Motor Sederhana Biar Untung

Trik dan Modal Usaha Cuci Motor Sederhana Biar Untung

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Sunday, September 23, 2018

rik dan Modal Usaha Cuci Motor Sederhana
Trik dan Modal Usaha Cuci Motor - Ada dua hal yang memungkinkan kalian akan sukses dalam bisnis saat ini, strategi atau trik dan modal usaha. Ketika banyak orang berbondong bondong pindah ke bisnis online seperti youtuber, jualan di toko online marketplace dll karena mudah dna modal sedikit. Disisi lain ada sisi kemudahan dalam menjalankan bisnis secara offline, sebab saingan berkurang dan cenderung pesaing memikirkan bagaimana bisnis online. Tidak fokus pada bisnis offline atau justru meninggalkan bisnis yang sudah di offlinennya. Seperti halnya beberapa tahun lalu ketika ramai usaha cuci motor dri sederhana sampai hidrolik, kini sepi. Bahkan tutup. Namun ada seorang teman saya yang dapat berkah tersebut karena bertahan dalam bisnis ini. Nah kan... jadi saya teringat kata Nadin Karim, CEO Gojek yang mengatakan, bisnis itu siapa yang bertahan, bukan siapa yang menang.

Terkait peluang usaha cuci motor dan motor memang tidak seperti bisnis online yang cepat menguntungkan dn untungnya berlipat lipat. Tapi bisnis online kn itu trend. Sedangkan usaha cuci motor bukanlah tend, usaha jasa penyucina motor atu mobil semkin sini dibutuhkan karena tingkat kemalasan era modern juga meningkat dalam hal ini. Apalagi diperkotaan, seorang karyawan atau pegawai dengan membawa mobil belepotan tentu gengsi dan malu. Demi memenuhinya tentu dia tidak lupa membersihkan motornya ke tempat cuci motor. Iya kan? Jika tertarik peluang usaha jasa cuci ini, mungkin ada sedikit trik dan modal usaha cuci motor dibawah ini.

Memulai usaha dengan modal sedikit (Seadanya)


Mulailah modal usaha cuci motor sederhana dulu, jangan memikirkan dengan macam hidrolik atau mesin salju. Sebab modalnya juga besar, fokus pada pengembangan layanan. Jika berkembang sedikit demi sedikit bisa melengkapnyai dengan tipe hidrolik maupun mesin salju. Kalian bisa mengadakan peralatan mesin cuci motor ke penyedia franchise saja. Jadi kalian beli paket perlatan cuci motor sesuai kebutuhan. Jika masih bingung mungkin bisa melihat daftar peralatan cuci motor dibawah ini yang saya kutip dari penyedia franchise raja motor

Daftar Peralatan cuci motor paket Tanpa hidrolik seharga 5 juta

  • Kompresor Listrik Portable 1 unit (merek Multipro/Shark/Swan) 
  • Mesin Steam 1 unit 
  • Tabung Salju 15 liter 1 unit 
  • Shampo Salju 30 liter 
  • Semir Ban 10 liter 
  • Selang Angin Spiral 1 buah 
  • Air Gun 1 buah 
  • Selang Air 5 meter 1 buah 
  • Water Gun 1 buah 

Daftar Peralatan cuci motor paket dengan hidrolik 12 juta

  • Hidrolik Motor + Oli 1 unit 
  • Kompresor Listrik Belt 1/4 PK 1 unit (merek Multipro/Shark/Swan) 
  • Mesin Steam 1 unit 
  • Tabung Salju 15 liter 1 unit 
  • Shampo Salju 30 liter 
  • Semir Ban 10 liter 
  • Selang Angin Spiral 6 meter 1 buah 
  • Air Gun 1 buah 
  • Selang Air 5 meter 1 buah 
  • Water Gun 1 buah 
  • Termasuk INSTALASI UNTUK NAIK TURUN HIDROLIK, PEMASANGAN + BIMBINGAN PENGOPERASIAN (Cara pemasangan, Cara Pengoperasian alat, Cara Perawatan alat dan Proses Pencucian, dll) 

Dengan tersedianya pket paket peralatan usaha yang sudah lengkap, kalian tinggal ,menyiapkan lahan atau tempat usaha cuci motor.

Mencari lahan strategis untuk tempat usaha

Modal usaha cuci motor sederhana, maupun modern selain peralatan yang digunakan adalah tempat yang strategis. Lalu kriteria tempat strategis itu seperti apa?

Lokasi ramai (lalu lalang kendaraan) pinggir jalan agar mudah menjangkau konsumen dan mudah ditemukan oleh calon konsumen.

Lahannya cukup luas buat antrian, mengantipasi pelanggan tidak pindah ke tempat lain

Sumber air mudah. Usahakan airnya gratis, sehingga Cuma bayar listrik saja. Kalau air PAM tentu biaya operasionalnya bengkak.

Lahannya milik sendiri sehingga ga nambah biaya lagi, kalau bukan milik sendiri hrus nyari tempat yang murah.

Teknik Promosi


Modal usaha cuci motor juga melibatkan biaya promosi, cara konvensionalnya adalah dengan membuat papan nama banner dll. Kalau cara modernnya lewat online bisa melalui sosial media seperti Facebook, youtube, instagram, bahkan kalau ada modal bisa menganggarkan untuk biaya periklanan iklan seperti facebook ads, google ads dll agar lebih cepat viral. Untuk modal promosi usaha cuci motor tidka terlalu banyak dan ini juga sifat opsional (pilihan) kalau belum ada biaya.


Pelayanan menarik dan memuaskan konsumen


Kira kira harapan apa yang memuaskan? Tentu adalah kualitas pelayanan yang baik. Dalam cuci motor dan mobil hasilnya bersih mengkilap dan kalau bisa cepat. Saya kira bukan masalah, karena tugas mencuci motor gampang. Hanya saja yang memakai mesin salju dan hidrolik butuh pelatihan agar lancar. Kemudian hal hal lain yang mengenakan konsumen adalah adanya hiburan sambil menunggu kendaraan dicuci seperti tv, koran dan plaing penting itu wifi. Bakal betah tuh si konsumen.

Masalah lain yang kalian hadapi adalah perizinan usaha, kalau masih tergolong ukm tentu cukup izin pemereinth desa setempat, tapi kalau sudah besar harus ada izin pemerintah kota untuk menghindari masalah di kemudian hari. Untuk modal usaha cuci motor sederhana maupun hidrolik saya rasa sudah cukup seperti yang saya sampaikan, tinggal kalian menyesuiakan modal dengan skala usaha yangingin kalian bangun. Masalah trik, setiap pelaku usah punya karakter sendiri sendiri. Kunci suksesnya ya kalian sendiri. Sekian, semoga bermanfaat guys..

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget