Home » » Peluang Usaha Dagang di desa berkembang Paling LARIS

Peluang Usaha Dagang di desa berkembang Paling LARIS

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Wednesday, October 31, 2018

Beberapa peluang usaha dagang di desa berkembang maupun terpencil paling laris, bisa sukses jadi juragan.
Ada apa di kota? Kok mecari peluang usaha dagang di desa? Padahal di kota kan ramai, peluang usaha lebih besar daripada didesa yang mungkin sepi. Tapi saya rasa itu dulu. Ada masanya kota itu mati bagi pelaku usaha dan ada masanya desa terpencil berkembang menjadi ramai, terutama bagi pemodal kecil. Sebab trend bisnis online membuat pelaku dagang konvensioal sedikit tergusur, apalagi bagi mereka yang tidak segera beralih dengan melayani penjualan online. Sudah banyak buktinya kios dan mart sepi dan banyak yang ditutup. Apakah kalian satu satunya? Sehingga mencari peluang usaha di desa berkembang atau terpencil untuk mencari penghasilan.

Kehadiran teknologi memang membuat perilaku masyarakat berubah, hampir orang kota gemar belanja online dari barang sampai makanan. Berbeda didesa, teknolog yang datang terlambat, wrga desa masih banyak yang suka belanja di warung toko, karena lebih terpecaya. Sebagian masih takut dengan penipuan onlin barang tidak nyampai atau barang kw. Masalah teknisnya belanja online harus punya alat transaksi rekening bank seperti m bangking internet banking yang mempermudah ransaksi dan orang didesa masing sedikit mengunakannnya. Dan tentu tidak semua barang bisa di online kan.

Mengenal Kebutuhan Pokok Di desa


Untuk mencari contoh usaha didesa paling sukses memang sudah banyak, banyak juragan kaya raya. Namun karakter setiap daerah berbeda. Jadi tetap harus melakukan riset sederhana untuk menemukan peluang usaha dagang didesa berkembang maupun yang masih terpencil yang tepat. Kalau bisa disesuaikan dengan kompetensi atau pengalaman dagang sebelumnya sehingga tidka perlu banyak persiapan. Lalu bagaimana hendaknya kita meriset kebutuhan masyrakat desa yang notabene umumnya adalah beragam?

Melihat kebutuhan pokok


Masyarakt punya kebutuhan pokok berupa sandang, pangan dan papan. Kita telaah bersama dari sandang pangan dan papan mana yang paling menguntungkan? Iya jelas pangan yang paling menguntungkan, keduanya adalah kebutuhan papan. Untuk sandang, umumnya masyarakat desa masih cenderung belinya dikota smbil jalan jalan atau liburan, benr enggak? Soal penulis juga orang desa. Biasnaya begitu. Soalnya sangat sedikit toko pakaian didesa, sekalipun ada harganya mahal. Jadi sudah jelas ya, peluang usaha dagang didesa dari segi kebuthan pokok adalah pangan, terutama bahan mentah. Bukan siap saji. Kemudian kebutuhan papan adalah kebuthan bahan bangunan, terutama desa penggir kota yang sedang berkembang.

Contoh :

USAHA WARUNG SEMBAKO

Kebutuhan pokok utama mnusia adalah pangan. Jadi pengenusahanya awet adalah berkutat pada bisnis tersebut,sekalipun di desa yang kadang makanan bisa didapat dari alam. Namun kebutuhan tetap kebutuhan dan tidak selamanya bisa mengandalkan alam. Hal yang perlu kalian ingat adalah usaha pangan mentah, seperti sembako. Sebb jika pangan saji, orng desa masih memilih memasak sendiri. Tidak seperti dikota. Usahakan warung sembako yang lengkap dari kebutuhan sehari hari sampai bulanan.

Baca : cara jaulan sembako laris

Contoh kedua

Bahan bangunan dialam semakin menipis, tidak semoa orang desa bisa mendapatkanya. Jadi mereka tetap beli di toko bangunan, namun sering kali sulit mendapatkannya karena jauhh dari desa. Hal ini bisa menjdi peluang usaha dagang didesa dengan membuka toko bangunan. Meski setiap desa kadang sudah ada, namun usaha toko bangunan kuncinya adalah mendapatkan bahan bangunan yang lebih murha sehingga mampu bersaing dari toko bangunan yang sudah ada. Kalian bisa menyediakan berbagai bahan bangunan seperti pasir, batu bata, gendeng, keramik, alat listrik cat dll.

Melihat kebutuhan berdasarkan latar belakang pekerjaan


Umumnya didesa memiliki pekerjaan yang tidak jauh berbeda, misal umumnya mereka memiliki pekerjaan sebagai petani, nelayan, pekebun dna peternak. Bahkan ada sebagian desa yang hampir semua pekerjaan adalah satu bidang pekerjaan, misal desa ternak di daerah jawa timur. Kampung nelayan dipingir pantai. Tentu sudah jelas kebutuhannya apa. Misal didesa ternak kebutuhannya pasti tidak jauh dari peternakan seperti pakan ternak, obat ternak, bibit dll. Begitu juga yang umumnya petani pasti kebutuhannya adalah bibit tanaman, pupuk dan alatalat pertanian.

Contoh usaha didesa:

Kalau secara umum contoh usaha desa berdasarkan diatas mengarah ke toko pertanian yang menyediakan berbagai sarana dan prasarana pertanian termasuk peternakan dna perkebuanan. Bahan kalau bisa perikanan. Sebab rata rata usaha bebrbasis seperti ini itu awet, walau penghasilan tidak semenguntungkan kalau kita usaha dibidang pangan.

Melihat kebutuhan berdasarkan potensi alam


Potensi alam bisa menjadi salah satu peluang usaha dagang desa, sebab desa masih menjadi andalan negeri buat produksi bahan bahan mentah. Jika kalian pemodal bisa saja kalian mengambil alih potensi alam tersebut sebagai pengepul atau sebagai produksen makanan jadi. Misal di daerah tersebut penghasil kopi maka kita bisa memproduksinya kopi siap saji, kopi bubuk dll untuk menambah nilai ekonomi. Begitu juga engan produk alam lainnya yang bisa kita manfaatkan. Beberapa contoh lainnya adalah seperti kerajinan rotan, usaha cengkeh dan rempah rempah lainnya.

Itulah beberapa peluang usaha dagang di desa berkembang maupun terpencil yang bisa kita aplikasikan sesuai dengan modal dan model bisnis plan kalian. Tidak melulu didesa itu berbau kemiskinan, sejatinya kemiskinan akan semakin banyak di perkotaan karena ketat persaingan. KEMBALILAH KE DESA, MAJUKAN DESA KALIAN MASING MASING.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget