Home » » 30 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli Ekonomi Beserta Tahunnya

30 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli Ekonomi Beserta Tahunnya

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Sunday, November 25, 2018

Pengertian bisnis menurut para ahli ekonomi atau pakar di Indonesia maupun dunia beserta tahun terbitnya dan sumber bukunya.
Kita sering bicara bisnis, bahkan sudah ada yang menjalankan bisnis sekian bisnis, tapi tidak begitu paham mengenai pengertian bisnis itu sendiri. Sebab di lapangan teori semacam itu bukan untuk dihafalkan, tetapi diterapkan. Secara harfiah, “bisnis” berasal dari bahasa Inggris yakni “busy”, yang dalam bahasa Indonesia artinya “sibuk”. Jadi jika ada teman 'sok' sibuk mungkin lagi bisnis (anggap saja begitu), sedangkan “business” artinya kesibukan. Pengertian bisnis secara umum atau dalam arti luasnya merupakan rangkaian kegiatan yang direncanakan, dijalankan oleh individu atau kelompok secara teratur baik berbadan hukum atau tidak dengan cara menciptakan, memasarkan barang maupun jasa untuk mencari keuntungan. Lalu bagaimana pengertian bisnis menurut para ahli ekonomi Indonesia dan Dunia?

Bisnis bisa diartikan dalam arti sempit,  yakni suatu sistem menyeluruh yang menggabungkan subsistem yang lebih kecil yang kemudian kita kenal sebagai industri. Masing masing industri dibentuk dari beberapa perusahaan yang terdiri dari berbagai skala dan volume perusahaan dengan berbagai produk yang, termasuk pelaksanaan pemasaran, pengembangan mutu SDM, manajemen keuangan dan manajemen lainnya. Definisi atau pengertian bisnis sangat beragam, sangat bergantung pada ahli ekonomi masing masing berkiblat pada teori buku maupun bidang bisnis yang dijalaninya.

Kalau menurut saya pribadi sebagai ahli sok sibuk (anggap saja lagi bisnis), bisnis adalah apa saja yang bisa mendatangkan keuntungan dengan baik. Lain lagi dengan teman saya yang berprofesi sebagai jurgan tahu, dia mengatakan bisnis adalah 'sing penting untung dan berkah'. Mungkin pengertin bisnis juga berpengaruh pda tingkat pendidikan, Mungkin. Tetapi pda intinya sama ya, punya tujuan berupa keuntungan. Nah daripada dengerin saya ngomong unfaefah, lebih baik baca para ahli ekonomi atau pakar yang saya rangkum dari berbagai sumber jurnal dan buku. Gak nanggung-nanggung, 30 loh.

30 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli Ekonomi Indonesia dan Dunia

Pertama, saya akan bagi pengertian bisnis menurut para ahli ekonomi dalam dua kelompok, yakni kelompok ahli Indonesia dan ahli global atau dunia. Saya hanya menyertakan tahunnya, kalau bukunya kemungkinan tidak, kalau mau tahu bukunya dipersilahkan mencaari sendiri.

Ahli Ekonomi Indonesia

Bisnis merupakan seluruh kegiatan yang di organisasikan oleh orang – orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standar kualitas kehidupan mereka. (Husein Umar, 2003: 3).

Bisnis adalah semua aktivitas dan intuisi yang memproduksi barang danvjasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis itu sendiri dapat dipandang sebagaivsebuah sistem menyeluruh yang menggabungkan sub sistem yang lebih kecil yangvdisebut industri. (Paulus dan Evi, 2007: 1).

Bisnis merupakan proses sosial yang dilakukan setiap individu atau kelompok melalui proses penciptaan dan pertukaran kebutuhan dan keinginan akan suatu produk tertentu yang memiliki nilai atau memperoleh manfaat atau keuntungan. (Gugup Kismono 2001: 4).

Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create of value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of goods and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi. Amirullah dan Imam Hardjanto (2005).

Bisnis adalah suatu istilah umum yang menggambarkan suatu aktivitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari (Amirullah, 2005:2).

Bisnis didefenisikan sebagai keseluruhan kegiatan yang direncanakan dan dijalankan oleh perorangan atau kelompok secara sistematis yang bertujuan mencari keuntungan. (Suliyanto, 2010: 1) 

Erni Ernawan 2007 : 11. Memberikan pengertian bisnis sebagai kegiatan manusia dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menghasilkan dan mendistribusikan barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat.  

Prof. Drs. S. Wojowasito dan W.J.S Poerwadarminta, business diterjemahkan menjadi pekerjaan; perusahaan; perdagangan; atau urusan.

Jeff Madura (Pengantar Bisnis) Bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan satu orang atau lebih individu atau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan atau laba.

Itulah beberapa pengertian bisnis menurut ahli ekonomi di Indonesia beserta tahunnya yang bisa kalian gunakn sebagain referesi tugas, atau sekadar menambah wawasan saja.

Pengertin bisnis menurut Ahli ekonomi Dunia


Bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentranformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen. Allan Affuah (2004).

Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat. Huat, T Chwee (1990).

Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Definisi ini menitik beratkan pada kemampuan menghasilkan (produce) dan pencapaian tingkat keuntungan atau laba. Griffin dan Ebert (1996).

Menurut Bukhori Alma (1993:2) bisnis adalah sejumlah total usaha yang meliputi pertanian, produksi, konstruksi, distribusi, transportasi, komunikasi, usaha jasa dan pemerintah, yang bergerak dalam bidang membuat dan memasarkan barang dan jasa kepada konsumen. 

Louis E. Boone (2007:5), bisnis (bussines) merupakan terdiri dari seluruh aktivitas dan usaha untuk mencari keuntungan dengan menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan bagi sistem perekonomian, beberapa bisnis memproduksi barang berwujud sedangkan yang lain memberikan jasa.

Kasmir dan Jakfar (2012,p7), bisnis adalah usaha yang dijalankan yang tujuan utamanya adalah keuntungan.

Raymond E Glos dalam bukunya yang berjudul “Business : its nature and environment : An Introduction” , bisnis adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orangorang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka. 

Glos, Steade dan Lowry (1996) Bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sember daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen.

Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka. Musselman dan Jackson (1992).

Bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba. Brown dan Petrello (1976)

Urwick dan Hun(1979) Bisnis ialah setiap perusahan yang memproduksi dan mendistribusikan serta menyediakan barang atau jasa yang diperlukan masyarakat dan atas dasar kesediaannya dalam membeli atau membayar.

Naughton Bisnis merupakan suatu pertukaran barang , jasa ataupun uang dengan tujuan memperoleh keuntungan .

Prof . L. R . Dicksee . Bisnis ialah suatu bentuk kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi yang berkepentingan atau mengusahakan kegiatan tersebut .

William Spregal. bisnis ialah suatu kegiatan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang atau jasa yang bisa diklasifikasikan dalam kegiatan -kegiatan bisnis .

Boone dan kurtz (2002;8)Bisnis adalah semua aktivitas aktivitas yang bertujuan memcari laba dan perusahyaan yag meghasilkan barag serta jasa yang dibutuhkan oleh sebuah sistem ekonomi

Hooper. bisnis merupakan keseluruhan yang kompleks pada bidang-bidang industri dan penjualan, industri dasar , prosesnya , industri manufaktur dan jaringan , insuransi , perbankan , distribusi , transportasi dan lainnya yang kemudian masuk secara menyeluruh dalam dunia bisnis. Tujuannya memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakannya .

Merriam Webster. Bisnis merupakan segala aktifitas pembuatan dan jual beli barang jasa kemudian ditukar dengan uang , kegiatan atau keja merupakan suatu pekerjaan dan jumlah kegiatan tersebut terselesaikan oleh sebuah perusahaan , pabrik ataupun toko .

Pengertian menurut kalian sendiri, jika kalian seorang bisnis, maka wajib hukumnya memiliki pengertian bisnis sesuai pendapat kalian sendiri. Mereka para ahli juga seperti itu. namun saat ini jika belum punya, silakn saja ikuti para pakar dalam mendefinisikannya. Mohon maaf sekali jika ada beberapa pengertian bisnis menurut para ahli ekonomi dunia yang belum menyertkan tahunnya, karena keterbatasan Informasi. Silakan cari sendiri di buku buku perpustakaan atau jurnal jurnal online yang mungkin lebih lengkap. Sekian terima kasih.

Paperblog

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget