Home » , » Membuat Blog Atau Website Profesional Dengan Niagahoster

Membuat Blog Atau Website Profesional Dengan Niagahoster

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Wednesday, November 7, 2018

Di zaman serba modern, adanya kemudahan internet tentu menguntungkan bagi sebagian orang. Apalagi bagi mereka yang berkecimpung dengan dunia maya. Adanya blog dan website membantu memudahkan dalam menjangkau lebih luas konsumen. Tak heran, banyak mereka yang mencoba mempelajari bagaimana cara membuat sebuah blog atau website, mungkin termasuk Anda salah satunya.

Nah, sebelum membahas bagaimana cara membuat blog atau website, kenali dahulu yuk pengertian kedua istilah tersebut, dikutip dari Wikipedia;

  • Website adalah suatu halaman yang saling berhubungan, yang umumnya berada pada paladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. 
  • Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Merupakan sebuah layanan yang dibuat Pyar Labs dan di akuisisi oleh Google pada tahun 2003. 

Persaman antara blog dan website adalah sama-sama memiliki alamat URL untuk akses, kepemilikan bisa merupakan hak seseorang atau kelompok dan merupakan sarana informasi bagi khalayak.

Untuk perbedaannya sendiri banyak spekulasi serta pendapat berbeda. Hanya saja dalam blog artikel tersusun, biasanya artikel terbaru menempati urutan teratas dan turun ke bawah menurut kategori paling lama.

Ada website yang memiliki fitur blog di dalamnya, karena memang disediakan pemilik. Tapi blog belum tentu memiliki fitur website di dalamnya.

Blog merupakan bagian dari website, tapi website belum pasti termasuk dari bagian blog.

Mengenal Komponen Blog atau Website

Sebelum Anda mengetahui cara membuat blog atau web, ada baiknya Anda mengetahui apa-apa saja komponen yang terdapat pada sebuah blog atau website, yaitu:

  • Title atau judul. Biasanya terletak dibagian atas atau di Title bar. 
  • Domain atau nama website. Domain bawaan berupa IP Idress yang tersusun dari angka-angka acak. Hanya saja, Anda bisa mengubah atu memesan nama domain sesuai keinginan. Karena ini merupakan keyword ketika pengunjung melakukan pencarian. 
  • URL (Uniform Resource Locator). URL bisa disebut juga sebagai “alamat rumah” website yang Anda miliki. 
  • Tautan/Link. Tautan atau link ini biasanya diatur oleh kode Html. Dan merupakan “jalan tercepat” menuju sebuah website. 
  • Header. Biasanya berisi situs, logo, data diri dan identitas. Terletak di bagian paling atas. 
  • Isi. Terletak di tengah, diisi dengan jasa atau usaha yang ditawarkan. 
  • Widget. Biasanya berisi informasi tertentu, letaknya bisa di bagian atas, sisi atau header. 
  • Footer. Terletak di bagian paling bawah. Footer berisi tentang hak cipta, link, sponsor dan lainnya. 
  • Navbar (Navigasi Bar). Terletak di bagian atas, kadang tidak hilang meski sudah di scroll ke bawah. Biasanya berisi link penting yang masih berkaitan dengan website. 
  • Menu. Biasanya terletak di header. 
  • Breadcrumb 
  • Formulir 
  • Sharing Button Bar 
  • PopUp 

Setelah mengetahui beberapa komponen di atas, selanjutnya adalah membuat blog atau web. Keduanya memiliki cara yang mudah dan tidak jauh berbeda.

Membuat Blog Atau Website


Membuat blog atau website memiliki cara tersendiri yang tidak jauh berbeda.

Untuk langkah pembuatan website:

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kenali dahulu tipe atau jenis web yang akan digunakan. Apakah untuk keperluan pribadi, perusahaan, intansi atau lainnya.

Setelah itu tentukan topik apa yang akan Anda bahas. Sudah diketahui, banyak orang yang mencari penghasilan melalui sebuah konten web yang mereka buat. Namun hanya beberapa yang bertahan dan banyak yang sudah tumbang. Kenapa? Hal ini bisa dikarenakan pemilihan topik yang salah.

Salah satu suksesnya sebuah situs adalah memiliki konten yang menarik. Sehingga meningkatkan grafik kujungan, jika bukan dipergunakan sebagai toko online. Ada baiknya, hindari topik atau isi situs yang mengundang masalah nantinya. Seperti konten dewasa, pembajakan musik, penyedia mp3 dan sejenisnya.

Setelah memilih dan menentukan topik selanjutnya adalah pembuatan Platform. Atau bisa disebut alamat website Anda.

Platform memiliki banyak jenis, baik yang berbayar maupun gratis. Dan setidaknya ada tiga Platform yang paling populer: blogspot.com, wodpress.com dan wodpress.org.

Serta memiliki dua jenis Self Hosted yang merupakan platform berbayar, tapi website yang Anda punya murni milik sendiri. Tarif yang dikenakan kurang lebih Rp300.000/tahun. Dan Anda bebas mengatur tampilan website sesuai keinginan tanpa adanya aturan.

Kedua, adalah jenis Hosted. Platform ini tidak mengeluarkan banyak biaya bahkan gratis. Biasanya hosting berupa .blogspot.com. Jika Anda menggunakan Platform jenis ini, maka web yang Anda miliki tidak sepenuhnya milik Anda. Atau istilahnya “menumpang” dengan web milik orang lain.

Anda dapat memilih jenis Platform mana saja sesuai dengan kebutuhan. Hanya saja jika memiliki budget lebih, tidak ada salahnya Anda pilih jenis Self-Hosted, sehingga kinerja serta hasilnya dapat maksimal.

Setelah memilih Platform, langkah selanjutnya adalah memiliki nama Domain. Apa itu Domain?

Domain merupakan alamat yang menunjukan web yang kita punya. Domain bisa berupa nama atau angka yang memiliki keterkaitan dengan jenis Platform. Memiliki nama Domain yang unik, menjadi keuntungan tersendiri bagi pemilik. Karena memudakan pencarian dan menjadi ciri khas sehingga mudah diingat oleh setiap pengunjung.

Buatlah dengan nama Domain yang berkesan, singkat, tepat (.com, .net, .org, .edu dan sebagainya). Usahakan pula tidak menggunakan simbol yang rumit dan cocok dengan usaha yang dijalani.

Untuk sewa Domain bisanya berlaku 1 tahun, dan Hosting 1 bulan.

Untuk langkah pembuatan Blog:

Membuat blog sebenarnya sangat mudah. Sebelumnya pastikan dahulu Anda memiliki akun gmail sebagai akses utama. Kemudian kunjungi situs Blogger.com, klik Create Your Blog, lalu masukan akun gmail Anda, jika belum punya Anda dapat membuatnya dahulu pada situs Google. Langkah selanjutnya masukan password akun gmail, isi formulir sesuai data diri kemudian klik Create Profile, lalu klik save.

Lakukan verifikasi pada akun gmail Anda dan lanjutkan ke Blogger. Setelah Anda berada di Dashboard klik tombol ‘buat blog baru’ kemudian masukan data (urutannya berupa nama blog-URL-template). Dan Pastika ada keterangan Blog ini tersedia sebelum mengklik ‘buat blog’ dan selesai. Anda memiliki blog yang siap untuk dikembangkan.

Malas Membuat Blog atau Web Sendiri? Niagahoster Jawabannya!


Nah, jika Anda rasa membuat sebuah blog atau web adalah hal gampang-gampang susah, Anda dapat memilih alternatif lain. Yaitu menyewa sebuah jasa pembuatan blog atau web. Salah satu penyedia jasa pembuatan blog atau website adalah Niagahoster.

Kenapa harus Niagahoster? 

Membuat Blog Atau Website Profesional Dengan Niagahoster yang menyedikaan web hosting unlimited cepat dan terpercaya


Niagahoster merupakan salah satu penyedia hosting unlimited terpercaya, cepat, memiliki ribuan developer yang sudah ditangani. Memiliki tenaga yang sudah berpengalaman di bidang nya.

Di Niagahoster, Anda dapat memilih paket sesuai kebutuhan website loh. Apa saja?
  • Paket Bayi. Cocok bagi para pemula yang baru belajar website. 
  • Pelajar. Seperti untuk blog pribadi atau landing page. 
  • Personal. Untuk jenis website bisnis, UKM, Organisasi dan lain-lain. 
  • Bisnis. 
Pelayanan yang diberikan terbilang cepat, 24 jam non-stop dan tersedia layanan untuk berbagai pertanyaan Anda.

Klien yang sudah ditangani pun terbilang perusahaan besar loh, contohnya Hydrococo, Richeese, Rabbani, Puyo dan masih banyak lagi. Pun Niagahoster menyediakan garansi serta gratis Domain dan SSL selamanya, wow! Dan masih banyak keuntungan lain yang bisa Anda dapat. Jangan ragu dan tinggal tunggu selesai saja blog atau website yang Anda inginkan, 

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget