Home » , » Usaha Ternak Ayam Petelur rumahan Dengan Modal Kecil

Usaha Ternak Ayam Petelur rumahan Dengan Modal Kecil

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Friday, November 9, 2018

Apakah kita bisa usaha ternak ayam petelur rumahan dengan modal kecil? Selama ini bisnis ayam petelur negri dijalankan oleh pemodal besar dengan skala besar pula. Mungkinkah kita bisa menghadapi mereka. Jawabannya bisa, optimis saja, karena tidak ada yang tidak mungkin. Mereka yang sudha besar juga berawal dri yang kecil. Sayangnya nih teman teman jikalau beternak ayam petelur skala rumahan dan letaknya ditengah pemukiman itu akan menimbulkan polusi udara. Bisa saja kandang ayam petelur yang menimbulkan bau amoniak tersebut di protes warga. Jadi bagaiman solusinya?

Jika berdasarkan undang undang no 41 2014 mengenai peternakna dan kesehatan hewan, syarat lokasi suatu peternakan harus jauh dari lokasi pemukiman. Minimal 200 meter dari batas luar peternakan. Selain itu harus ada akses jalan dan sumber air bersih. Lalu bagaimana dengan letak kandang ayam petelur skala rumahan yang ingin kalian bangun, apakah memenuhi syarat tersebut? Sekalipun itu berlaku untuk peternak yang memiliki ayam 12rb ekor, namun pada intinya adalah bau yang ditimbulkan, karena peternakan tidak mungkin terlepas dari bau kotorannya. Jika memang kalian punya solusi meminimalisir bau kotoran itu tidak masalah. Warga akan memakluminya.

Mengenai Usaha Ternak ayam petelur rumahan


Jika kalian berniat memang mencoba ternak ayam petelur rumahan skala 100 ekor misalnya, mungkin bisa diminimalisir dengan cara dibersihkan setiap pagi atau dimanfaatkan dna dikeringkan menjadi pupuk agar bau tidak terlalu menyengat. Atau ada juga yang memadukan usaha ternak ayam perelur dengan ternak lele. Jadi atasnya untuk ternak ayam peterlu bawahnya adalah kolam lele, dengan begitu kotorannya dimakan lele karena kandungan ktoran ayam masih mengandung protein dan zat lainnya dri pakan yang kurnag tercerna sempurna. Ini mungkin solusi menghilangkan baunya.

Kendala lain yang dihadapi berupa pengadaan kandang dan sarana produkski peternakannya.Kita tahu bahwa kandang adalah tempat produksi bagi ayam, sudah seharusnya kandang dibuat sedmikian rupa agar ayam nyama berproduksi (bertelur). Kandang sendiri bisa dibuat menyesuaiakn tempat dan menyesuaikan jumlah ayam petetelur yang akan kita pelihara. Yang aak susah itu adalah pengadaan sarana produksi peternkan seperti pakan, vitamin, obat obatan dll, terutama pakan. Sebab pakan yang dibutuhkan setiap hari.


Memulai usaha ayam petelur skala rumahan


Lokasi dan desian kandang


Pemilihan lokasi kandang untuk ternak ayam peterlu rumahan sebaiknya jauh dari pemukiman, sebab kedepannya tidk bingung ketika ada masalah dengan polusi baunya. Pilihlah tempat di arepa persawahan atau pekarangan yang kurang produktif. Kemudian mengenai desain kandang,pilihlah kandang sistem baterey. Kandang baterey adalah kandang ayam yang setiap kota isinya disi satu-dua ekor ayam petelur. Hal ini mempermudah kontrol secara individu jika ada suaty penyakit atau performancenya. Cara membuat kandang ayam petelur sistem baterry dari bambu, ada juga yang besi, namun pertimbangkan juga biayanya. Jika kurang paham kandang sistem battery, bisa lihat gambar dibawah ini. 
Ternak Ayam Petelur rumahan


Menentukan bibit ayam petelur


Sebagai awalan baik memelihara ayam petelur yang sudah siap telur. Sebab perawatannya lebih mudah dan tidak terlalu lma untuk menunggu ayam berproduksi. Jika muli dari anak ayam atau DOC harus belajar manajemen pemeliharaan doc sampai pullet (ayam siap telur). Memang sih harga doc ayam petelur lebih murah dari harga ayam petelur siap telur, namun resiko kematian doc lebih tinggi dari DOC. Jika tidak tahu sama sekali dasarnya, kemungkinan tingkat deplesinya(kematian) tinggi. Harga ayam petelur siap telur kisaran 60-70 tergntung strainnya.

Manajemen pemeliharaan


Ini adalah inti dari kegitan usaha ternak ayam petelur rumahan, yakni manajemennya.Mulai dari managemen kandang, pakan, penyakit sampai managemen telur sendiri. Mungkin tentang managemen akan saya jelskn lebih detail di artikel berbeda. Sementra akan saya bahas secara umum saja ya.

Managemen kandang open house:


Peralatan dan perlengkapan kandang:

Tempat pakan dan tempat air minum (bisa menggunakan sistem manual maupun otomatis)

Lampu penerangan : Lampu penerangan berfungsi menstimulasi ayam petelur supaya tetap doyan makan dn membantu mengontrol saat malam dna pagi hari.

Rak telur atau egg try : Mengumpulkan sementara telur ayam

Selain peralatan dan perlengkapan, kalian juga harus membersihkan kandang, sebab kandang kotor bisa menjadi media sementra bibit penyakit sebelum ke ayam. Begitu juga dengan kotoran yang dibawah, harus dibersihkan secara berkala agar tidak menimbulkan bau amoniak berlebih.


Managemen pakan


Pakan adalah yang utama dan paling penting dalam usaha ternak ayam petelur skala rumahan maupun skala besar. Sebab pakan yang berhubungan langsung dengan produksi telur. Pakan bagus dan seimbang maka produksi telurnya pun bagus. Begitu sebaiknya. Pakan diberikan pagi jam 09.00 dan sore hari 15.00 bersamaan dengan pengambilaan telur agar mengurangi lalu lalang manusia. Sebab ayam petelur termasuk hewan yang gampang stress. Klau sampai strees tentuakan mempengaruhi produktivitas telur.

Pakan didapatkan dari pultryshop terdekat atau jika bingung dengan sarananya pakan dan bibitnya kalian bisa kerjasama dengan marketing atau TS sebuah perusahaan kemitraan ayam. Tapi syaratnya kalian harus memiliki ayam 3rb. Kalau skala rumahan tidak bisa.

Managemen kesehatan


Ada progam dalam ternak ayam petelur rumahan baik skala besar yakni vaksinasi. Vaksinasi adalah proses pemasukan vaksin ke tubuh ayam agar kekebalan ayam baik. Vaksin adalah bibit penykit yang dimatikan atau dilemahkan. Vaksin yang digunakan adalah vaksin penykit yang sering menyerang ayam petelur seperti ND dan AI. Maksudnya dari proses vaksinasi ini, jika ada penyakit tersebut menyerang, ayam sudh kebal dengan penyakit tersebut.

Untuk pemberian obat disesukan dengan penyakit penykit yang menyerang (kondisional) pemberian obat efektif melalui minum atau dicampurkan pakan. Untuk pemberian vitamin usahakan vitamin yang berhubungan dengan peningkatan produksi telur. Seban vitamin dari pakan kadang kurang, perlu ditambah.

Managemen telur


Di sub bab managemen pakan sudah saya singgung bahwa pengambilan telur dilakukan bersamaan dengan jam pemberian pakan. Pengmbilan telur secara manusal menggunakan egg try. Selain itu telur harus melewati sortir telur, memisahakan telur normal, tidak normal dan rusak. Telur normal dijual dipasar. Telur rusak atau tidak normla biasanya ke pabrik roti atau ke warga sekitar.

Mungkin penjelasan mengenai usaha ternak ayam rumahan segeini dulu ya teman. Kalian bisa membaca lebih lengkapnya di artikel yang saya buat mengenai managemen pemeliharan ayam petelur untuk pemula. Sekian semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget