Home » , » 5 Tips Memilih Aplikasi POS Terbaik untuk Transaksi Bisnis

5 Tips Memilih Aplikasi POS Terbaik untuk Transaksi Bisnis

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Sunday, April 7, 2019

Aplikasi POS membantu meningkatkan penjualan Anda secara efektif dan efisien. Bagaimana cara memilih aplikasi terbaik? Simak tips-tips berikut ini.

Apakah selama ini Anda merasa kesulitan dalam mengatur penjualan? Berarti, sudah waktunya beralih ke aplikasi POS (Point of Sale). Sistem ini memastikan pebisnis bisa melakukan transaksi, memasukkan produk, dan menghitung biaya dalam satu aplikasi.
 Aplikasi Kasir Terbaik Untuk Restoran, cafe


Meski begitu, tidak semua aplikasi POS mampu menjalankan fungsinya secara baik. Anda harus memilih yang tepat dengan menerapkan tips-tips di bawah ini.

1. Cek Kelengkapan Fitur


Tips pertama; periksa fitur-fitur pada software kasir yang Anda pilih. Pasalnya, setiap perangkat lunak memiliki fitur berbeda. Bahkan, jumlah fitur bisa memengaruhi harga programnya.

Jika tak ingin repot memilih fitur, Anda bisa menggunakan sistem paket. Semisal, memakai aplikasi kasir khusus untuk bisnis kafe. Nah, fitur-fitur di dalamnya pasti sudah disesuaikan dengan kebutuhan kafe. Semisal, POS system untuk pemesanan menu, manajemen meja, manajemen pelanggan, dan staf.
2. Pastikan Aplikasi POS Mudah Mengontrol Semua Transaksi

Saat ini, berapa banyak cabang bisnis yang Anda miliki? Jika lebih dari satu, tentu Anda butuh sistem pengontrolan efektif dan efisien. Di samping itu, setiap transaksi di cabang bisnis harus menyerahkan bukti internal dan eksternal. Khususnya bukti transaksi yang bersifat cicilan dan jatuh tempo.

Bayangkan Anda harus mengontrol satu demi satu cabang bisnis di lokasi berbeda; merepotkan, bukan? Karena itu, perangkat lunak POS yang Anda pilih harus mampu mengendalikan semua transaksi secara efektif. Jadi, dalam satu waktu, kegiatan penjualan, pembayaran, serta laporan keuangan dapat terlihat.

Jika semua kegiatan transaksi terkontrol oleh sistem POS, otomatis Anda bisa meningkatkan pelayanan. Tentu saja, hal ini menambah citra positif bisnis di mata konsumen. 

3. Mudah dalam Pembayaran


Di masa sekarang, sistem pembayaran makin beragam. Uang tunai pun bukan satu-satunya alat pembayaran bagi konsumen. Karena itu, Anda harus memilih software POS yang terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran.

Beberapa metode pembayaran yang kerap dilakukan konsumen, antara lain menggunakan kartu kredit, debit card, dan mobile payment. Pastikan, program POS menyediakan pengaturan otomatis yang terkoneksi pada akun bank milik konsumen dengan sistem financial tracking. 

4. Memiliki Garansi


Tahukah Anda, ada tiga jenis garansi yang ditawarkan ketika Anda membeli produk? Pertama adalah garansi resmi; ini biasanya dikeluarkan vendor. Jika ada kerusakan dalam kurun waktu tertentu, vendor akan bertanggung jawab melalu service center.

Jenis kedua, yakni garansi distributor. Asal garansi ini juga dari vendor. Namun, perbaikan—kalau ada kerusakan—menjadi tanggung jawab toko. Sementara itu, garansi toko diberlakukan dalam waktu cukup singkat. Jika toko tersebut tutup, konsumen tidak bisa mengajukan garansi ke service center ataupun distributor.

Mengingat banyaknya jenis garansi, pastikan Anda menanyakan terlebih dahulu soal ini kepada penyedia software POS. Minimal, penyedia memberikan garansi setahun atau jaminan perbaikan jika ada kendala teknik. 

5. Direkomendasikan oleh Pebisnis Lainnya


Tips kelima; cari tahu seberapa banyak retail atau pemilik usaha yang menggunakan software POS pilihan Anda. Jumlah pengguna biasanya menentukan kualitas perangkat lunak tersebut. Di samping itu, cek juga respons dari pengguna software—positif atau negatif.

Sebagai referensi, Anda bisa menggunakan aplikasi Moka. Menurut riset yang diterbitkan oleh Moka, lebih dari 8.000 merchant sudah beralih ke software ini. Mereka memercayakan seluruh aktivitas bisnisnya kepada Moka. Dari mulai promo, inventaris, payment, loyalty program, serta point of sale.

Untuk fitur point of sale atau POS, Moka menyediakan tampilan menarik dan simpel. Siapa pun yang menggunakan MokaPOS bisa cepat memahami pengoperasiannya. Dari mulai mengoperasikan halaman favorit, pemilihan variasi produk, dan kinerja responsif.

Kerennya, Anda juga bisa menerima order dari pelanggan jarak jauh dengan cepat. Bahkan, nota pembelian dapat dikirimkan lewat Email, SMS, atau cetak langsung. Data pelanggan pun otomatis masuk ke daftar Anda secara real time.

Itulah tips-tips memilih aplikasi POS yang bisa Anda terapkan. Penggunaan aplikasi kekinian menjadikan pekerjaan bisnis lebih mudah dan praktis. Jadi, tak perlu ragu untuk berlangganan MokaPOS. Harganya terjangkau; hanya dengan Rp8.000-an per hari, software keren tersebut sudah bisa dipakai. Tertarik?

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget