Home » , » Usaha Es Jeruk Peras Segar, Untungnya Menyegarkan

Usaha Es Jeruk Peras Segar, Untungnya Menyegarkan

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Thursday, April 11, 2019

Usaha Es Jeruk Peras Segar di pinggir jalan
Usaha Es Jeruk Peras Segar
Pernah minum es jeruk peras segar kan? Gimana rasanya? Enak kan. Padahal jeruk Cuma diperas terus tambah es, kasih gula sedikit. Sederhana sekali, dibuat dirumah sendiri pun bisa. Tapi saat ini tidak sedikit yang menjajakan usaha es jeruk peras segar di pinggir jalan, ditempat hiburan dan mungkin ada yang keliling. Mungkin situasi yang panas dan tidak dirumah yang membuat orang lebih baik membeli daripada buat sendiri. Terus jika dibandingkan dengan minuman ras jeruk jemasan, lebih segar perasan jeruk langsung. Lebih murah pula.

Es jeruk sebelum banyak kita temukan di warung makan, resto dan aneka minuman. Belum semarak seperti saat ini, masih menjadi menu minuman pelengkap. Namun berkembangnya peluang usaha, es jeruk bisa dijadikan usaha secara terpisah karena peminatnya semakin banyak. Jadi bagi kalian yang sedang mencari usaha kecil kecilan di bidang minuman, kalian bisa mencoba usaha es jeruk perasan ini. Di artikel ini akan saya ceritakan tips memulai, rincian modal sampai pemasaran usaha es jeruk segar.

Analisa Usaha es Jeruk Peras Segar


Kalian tahu gak, awal mula usaha es jeruk peras segar ramai? Di usaha perkebunan jeruk, jeruk yang kualitas bagus dan amnis dijual di minimarket, mall dll. Sedangkan kualitas rendah yang rasanya masen dijual di pasaran dengan harga murah. Apalagi kalau panen raya tiba, harga bisa anjlok karena saking banyak stok jeruk. Nah karena daripada busuk dan tidak laku, maka banyak pelaku usaha yang memanfaatkan jeruk untuk dibuat es jeruk peras dengan jeruk jeruk harga murah tersebut.

Sekalipin jeruk jeruk kualitas rendah kalau sudah dibuat es jeruk perasan rasanya enggak kalah enak dan segar dari kualitas baik. Sebab kata beberapa penjual yang sudah saya temui, jeruk jeruk yang dibuat es jeruk peras dalah jeruk yang rasanya asam. Bukan yang manis. Sebab lebih terasa segarnya jika dikasih es. Hal ini tentu lebih ekonomis, karena menggunakan jeruk jeruk yang asam. Dan marginnya lebih besar.

Rincian modal usaha es jeruk peras


Bagi yang berkeinginan memulai usaha es jeruk pera segar baik dirumah, pameran, dipinggir jalan kalian bisa melihat rincian usahanya dulu, sehingga mendapatkan gambar berapa modal awal yang dikeluarkan.

Biaya Tetap :

  • Alat serut                                       = 100.000,-
  • Tempat berjualan (stand/gerobak kecil) = 1.500.000,-
  • Tempat es = 150.000
  • Banner = 50.000
  • Rak jeruk d = 100.000,-
  • Alat peras = 50.000
  • Saringan =  20.000
Jumlah == 1.970.000

Biaya Variabel perbulan

  • Jeruk segar pada awal berjualan = 200.000,- harga jeruk 20rb/kg
  • Sedotan                                                                   = 10.000,-
  • Kantong plastic bening/Cup = 25.000,-
  • Gula pasir                                  = 75.000,-
  • Es batu = 50.000
  • Jumlah = 360.000
TOTAL AWAL MODAL SAMPAI OPERASI = 2.430.000

Asumsi keuntungan

Namanya dagang, kadang untung kadang rugi, namun bisa kita asumsi keuntungan dari penjualan es jeruk peras dengan harga 3000 per bungkus dan terjual kisaran 30 bungkus

Penjaualn per hari : 3000 x 30 = 90.000
Penjualan perbulan = 90.000 x 30 = 2.700.000

Keuntungan bersih = 2.700.000-360.000 = 2.340.000

NOTE : INI HANYA PERKIRAAN SAJA. Keuntungan bisa lebih dan bisa kurang.

Resep Membuat es jeruk peras segar untuk dijual


Peras jeruk 2-3 buah dengan alat pemeras, kemudian kasih gula dan air panas secukupnya. Aduk rata untuk melunturkan gulanya. Baru kemduian diberi es batu.Cara membuat sangat mudah,karena memang es jeruk sangat sederhana.

Tips usaha es jeruk peras segar paling strategis adalah daerah ramai yang agak jauh dari pemukiman, seperti pinggir jalan, mall, pasar, alun alun dan tempat ramai lainnya. Carilah supplier jeruk dari petani langsung atau dmencari jeruk dengan harga murah di pasar tradisional. Kemudian buat banner atau spanduk yang jelas dan mewakili bahwa kamu lagi jualan es jeruk peras segar, sehingga pembeli mudah menemukannya. Sisanya ketika usaha sudah maksimal, lengkapi dengan doa doa agar diberi kemudahan rezeki. Sekain dan terima kasih.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget